Cara Layering Serum yang Berbeda untuk Manfaat Optimal

623 Views 0 Comment

Apa permasalahan kulit wajahmu? Kusam, hiperpigmentasi, tekstur tidak halus, dan ada garis halus? Untuk mengatasinya, serum wajah sudah jadi solusi yang paling jitu karena serum memiliki active ingredient dan teksturnya yang ringan dapat menyerap sampai ke lapisan terdalam kulit. Serum wajah umumnya diformulasi untuk masalah kulit yang spesifik, namun tidak sedikit juga yang bersifat multitasker โ€“ dapat menargetkan 2-3 masalah sekaligus. Tapi bukankah kita ingin hasil yang lebih optimal?

 

Manfaat Layering Serum

Untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah, kita bisa melakukan layering serum alias memakai lebih dari satu serum dengan fungsi yang ditujukan untuk masing-masing permasalahan kulit. Letโ€™s say, kulit kita kusam, namun di saat yang sama mulai terlihat tanda-tanda penuaan dan kendur. Nah, kita bisa memakai serum pencerah dan anti-aging di saat yang sama. Dengan memakainya secara terpisah, kekuatan produknya jadi lebih powerful. Manfaat yang kita dapat pun lebih maksimal.

 

Cara Layering Serum

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan saat memakai serum yang berbeda secara berlapis, seperti yang diungkapkan dermatolog:

Mulai dari Tekstur yang Paling Ringan

Serum wajah memiliki tekstur yang ringan. Namun, konsistensi setiap serum berbeda. Ketika akan layering serum, mulailah dari serum bertekstur paling ringan ke tekstur yang paling kental. Dengan begini, penyerapan setiap serum jadi lebih efektif.

 

Jangan Ragu Memadukan Serum

Ada kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan, namun ada pula kandungan yang jika dipadukan justru semakin meningkatkan manfaatnya, seperti paduan vitamin C dan vitamin E atau retinol dan hyaluronic acid. Sebelum memakai serum secara berlapis, lebih baik bekali diri dengan informasi seputar kandungan skincare yang cocok dipakai bersama.

Baca juga:

 

Pakai Setidaknya 3 Serum yang Berbeda

Meskipun tidak ada batasan berapa banyak serum yang dapat dipakai, dermatolog sarankan pakai setidaknya tiga serum saja. Mengapa? Selain menghabiskan waktu, memakai lebih dari 3 serum juga dapat mengurangi kemampuan kulit untuk menyerap produk skincare selanjutnya. Lebih dari itu, terlalu banyak produk di wajah justru akan menimbulkan tumpukan berupa bola-bola kecil.

 

Optimalkan Manfaat Serum dengan Booster

Untuk memaksimalkan kinerja sederet serum yang ingin dipakai, tidak ada salahnya pakai booster serum. Jenis serum seperti ini akan menyiapkan kulit agar dapat menyerap serum inti dan produk skincare yang kita pakai setelahnya.

 

Pastikan Serum Terserap Sempurna

Saat mengaplikasikan setiap serum ke wajah, tunggulah setidaknya satu menit hingga serum terserap dengan sempurna ke dalam kulit. Aplikasikan dengan cara ditepuk-tepuk ringan dan iringi dengan gerakan pijat untuk penyerapan yang makin optimal.

 

Lakukan di Malam Hari

Beberapa kandungan skincare, seperti retinol dan AHA, sangat sensitif terhadap sinar matahari. Itulah alasan mengapa sebaiknya layering serum dilakukan di malam hari. Selain itu, serum bekerja lebih baik di malam hari saat kita tidur. Namun, tidak masalah juga jika ingin layering serum di pagi hari, but make sure your skin is well-protected with SPF.

 

Kunci Aplikasi Serum dengan Moisturizer

Untuk mengunci kelembapan dan efektivitas serum, pakailah moisturizer di langkah terakhir rutinitas skincare. Di samping itu, moisturizer juga memberi kelembapan ekstra pada kulit guna menjaga kesehatan skin barrier. Pastikan tidak pernah melewatkan pemakaian moisturizer (yang sesuai dengan jenis kulit).

Baca juga:

 

Rekomendasi Serum untuk Layering Serum

Berikut Beautified rekomendasikan serum yang bagus untuk layering serum dari rangkaian YSL Beauty Pure Shots. Serum-serum ini memang sudah diformulasi agar dapat dipakai secara berlapis, sehingga tidak akan ada efek penumpukan produk berupa bola-bola kecil.

Mulai dengan YSL Night Reboot Serum sebagai Booster

Serum bi-phase (memiliki lapisan air dan minyak) ini mengandung Moonlight Cactus dan glycolic acid 3,4% sehingga bagus untuk eksfoliasi guna menghaluskan dan mencerahkan kulit. Night Reboot Serum memang berfungsi sebagai booster yang mampu memaksimalkan manfaat serum-serum lain yang dipakai setelahnya. Teksturnya ringan, saat diaplikasikan ke wajah sama sekali tidak memberi sensasi berminyak dan langsung meresap ke dalam kulit.

 

Serum 1: YSL Y Shape Serum untuk Atasi Kulit Kendur

Bagi yang bermasalah dengan kulit kendur atau ingin dapatkan wajah yang lebih kencang dan V-shape (chubby cheeks, we hear you), YSL Pure Shots Y Shape Serum harus dimasukkan ke dalam rutinitas skincare. Kandungan Barbary Fig dan Peptide pada serum ini bantu mengencangkan kulit sehingga memberi tampilan wajah yang lebih tirus.

 

Serum 2: YSL Lines Away Serum untuk Atasi Keriput dan Garis Halus

Ya, sesuai namanya, serum anti-aging ini ditujukan untuk melawan keriput dan garis halus. Kandungan Iris dan Hyaluronic acid pada YSL Pure Shots Lines Away Serum sudah pasti membuat kulit lebih kenyal dan elastis, sehingga tampilan keriput dan garis halus lebih tersamarkan. Teksturnya yang lebih kental membuatnya baik dipakai setelah Y Shape Serum.

Baca juga: 10 Serum Anti-Aging Terbaik untuk Lawan Keriput dan Garis Halus

 

Serum 3: YSL Light Up Serum untuk Cerahkan Wajah

Masalah kulit kusam bisa dicerahkan dengan YSL Pure Shots Light Up Serum. Jika punya dark spot dan warna kulit tidak rata, kandungan Marshmallow dan Vitamin C di dalamnya dapat secara efektif mengatasinya untuk tampilan wajah lebih cerah dan bercahaya. Karena teksturnya lebih kental dibanding dua serum YSL sebelumnya, Light Up Serum sebaiknya dipakai terakhir.

Baca juga: Manfaat Serum Vitamin C dan Cara Terbaik Menggunakannya

 

Kunci dengan YSL Perfect Plumper Cream

Untuk menutup rutinitas skincare, moisturizer Perfect Plumper Cream dipakai di langkah terakhir. Orange Blossom dan Ribose pada cream ini membantu menyamarkan tanda penuaan dengan pemakaian rutin. Sesaat setelah dipakai pun kulit jadi lebih halus dan kenyal. Tidak ada efek lengket dan berminyak sama sekali. Cocok untuk semua jenis kulit.

Pro tips: aplikasikan Perfect Plumper Cream dengan gerakan pijat wajah. Ratakan cream-nya dengan pemijatan wajah ke arah atas untuk efek lifting. Lakukan hingga cream meresap ke dalam kulit.

Baca juga: Cara Benar Pemijatan Wajah di Rumah untuk Kulit Glowing

Tertarik lakukan layering serum? Cobalah nanti malam sebelum tidur.

0 Comments

Leave a Comment

Close