Vitamin C merupakan salah satu kandungan skin care populer yang paling banyak dicari. Terutama dalam bentuk serum. Alasannya, serum vitamin C bekerja sangat efektif. Warna kulit tidak rata, wajah kusam, tekstur kulit kasar, dan bekas jerawat adalah beberapa masalah kulit yang dapat diatasi serum vitamin C. Apalagi kandungan antioksidan yang tinggi membuat serum vitamin C jadi skin care anti-aging untuk kurangi keriput dan kerutan.

Well, ada banyak alasan mengapa kita sebaiknya memasukkan serum vitamin C (dan produk skin care dengan kandungan vitamin C pada umumnya) ke dalam rutinitas cantik sehari-hari. But first, mari berkenalan lebih dekat dulu dengan kandungan potensial ini untuk mengetahui manfaat serum vitamin C dan cara terbaik memakainya.

 

Manfaat Serum Vitamin C

  • Antioksidan tinggi membuat vitamin C mampu menangkal radikal bebas penyebab penuaan.
  • Melindungi kulit dari bahaya sinar UV.
  • Meningkatkan produksi kolagen dan elastin yang mampu menjaga kulit tetap kencang dan kenyal.
  • Mencerahkan kulit wajah.
  • Memudarkan noda hitam bekas jerawat akibat hiperpigmentasi.
  • Meratakan tekstur kulit yang tidak rata.
  • Mengurangi penampakan garis halus, keriput, dan kerutan.

Cara Pakai Serum Vitamin C

Vitamin C hadir dalam berbagai bentuk, namun lebih umum ditemukan dalam rupa serum karena konsentrasinya tinggi dan aktif. Selain itu, serum mudah diserap hingga ke lapisan terdalam kulit sehingga kinerja vitamin C jadi lebih maksimal. Dan ya, serum vitamin C aman dipakai untuk semua jenis kulit (kecuali jika kita alergi), termasuk kulit sensitif (pilih serum dengan konsentrasi rendah).

Karena merupakan bahan aktif, pemakaian serum vitamin C harus diikuti dengan beberapa perhatian, antara lain:

  • Jangan pakai bersamaan di waktu yang sama dengan retinoid, retinol, dan AHA/BHA karena dapat mengacaukan kinerja vitamin C sekaligus menyebabkan kulit iritasi. Kalaupun ingin pakai dengan kandungan lain, disarankan pakai vitamin C di pagi hari, lalu retinoid, retinol, atau AHA/BHA di malam hari. Tapi pada dasarnya serum vitamin C bisa dipakai di pagi dan malam hari.
  • Pemakaian serum vitamin C di pagi hari harus dibarengi dengan sunscreen atau produk ber-SPF. Bahkan, ketika pemakaiannya digabung dengan SPF, vitamin C justru semakin melindungi kulit dari bahaya UVA/UVB.
  • Agar manfaat vitamin C semakin optimal, pasangkan dengan vitamin E (misal pada moisturizer) untuk kombinasi antioksidan yang powerful mencegah munculnya tanda penuaan.

 

Rekomendasi Serum Vitamin C Terbaik

Votre Peau Vitamin C Serum

Votre Peau adalah skin care berbahan organik yang dikeluarkan oleh Maharis Clinic. Ethyl ascorbic acid merupakan jenis vitamin C yang dipakai pada Votre Peau Vitamin C Serum. Formula pada serum vitamin C ini terbilang ringan dan bahkan mampu mengontrol produksi sebum pada kulit berminyak, namun di saat yang sama tetap melembapkan kulit.

Harga: Rp 220.000,-

 

For Skin’s Sake Vitamin C Serum

Jenis vitamin C yang digunakan dalam serum brand lokal yang terbilang baru ini adalah sodium ascorbyl phosphate. Formulanya ringan dan melembapkan, cocok dipakai untuk kulit kering dan sensitif. For Skin’s Sake Vitamin C Serum dapat mencerahkan kulit kusam dan membuat kulit semakin kenyal. Baik dipakai setelah toner.

Harga: Rp 240.000,-

 

Skin Dewi Helichrysum Brightening Vitamin C Treatment

Serum vitamin C Skin Dewi ini adalah produk best-seller. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, serum ini mampu mengatasi hiperpigmentasi untuk wajah bersih, cerah, dan mulus. Tidak lupa, Skin Dewi Helichrysum Brightening Vitamin C Treatment juga bantu meremajakan kulit, cocok untuk wanita usia 30-an yang mulai fokus pada treatment anti-aging.

Harga: Rp 1.035.000,-

 

Elshéskin Vitamin C Serum

Mengandung ethyl ascorbic acid, Elshéskin Vitamin C Serum diperkaya juga dengan Excellent Skin Brightening dan retinol untuk mencerahkan kulit wajah dan mencegah munculnya tanda penuaan. Teksturnya sedikit rich, namun ketika diaplikasikan tidak meninggalkan sensasi lengket. Pantas jika serum vitamin C ini dapat review positif dari pengguna.

Harga: Rp 225.000,-

Baca juga:

Rekomendasi Serum Vitamin C Korea yang Aman untuk Kulit Sensitif

Perawatan Kecantikan Anti Aging Wajib Coba 2019