Pakai moisturizer setiap hari, pagi dan malam, wajib hukumnya. Ini karena moisturizer berfungsi melembapkan kulit dan mengunci kelembapan tersebut untuk waktu lama. Dermatolog mengatakan moisturizer adalah langkah skincare paling fundamental dan cara pakai moisturizer harus benar. Perannya sangat penting dalam menjaga moisture barrier (kelembapan lapisan pelindung kulit). Karena moisture barrier inilah yang menjadi kunci kesehatan kulit.

Jadi, kalau kulit kering, dehidrasi, berminyak, atau berjerawat, bisa jadi moisture barrier kita rusak. Alasan kuat mengapa sebaiknya tidak pernah melewatkan moisturizer setiap hari. Eits, tapi ternyata pamakaian moisturizer pun tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kita tetap bisa mendapatkan manfaat optimalnya. Berikut cara pakai moisturizer yang benar.

 

Cara Pakai Moisturizer yang Benar

Pakai Setelah Serum

Urutan pemakaian skincare yang benar, yakni dimulai dari tekstur ringan ke tekstur yang lebih kental. Serum memiliki tekstur yang lebih ringan, sehingga sudah seharusnya moisturizer dipakai setelah serum.

Baca juga:

 

Pakai Setelah Face Oil

Moisturizer yang bersifat occlusive atau memberi lapisan untuk menjaga kelembapan kulit (biasanya mengandung petroleum, silikon, butter, atau wax) akan sulit ditembus oleh produk skincare lainnya. Itulah alasan face oil yang fungsinya memberi kelembapan sangat dianjurkan dipakai sebelum moisturizer.

Baca juga:

 

Pakai di Kulit Basah

Untuk hidrasi maksimal, dermatolog menyarankan pakai moisturizer saat wajah dalam keadaan basah. Cara ini efektif untuk mengoptimalkan moisturizer berjenis humectant seperti kandungan hyaluronic acid. Ini lantaran hyaluronic acid dapat mengikat air 1000 kali lebih kuat. Selain itu, pakai moisturizer di kulit basah juga memudahkan kita meratakan produk ke seluruh wajah.

Baca juga: Rekomendasi Cream Pelembab Hyaluronic Acid Terbaik

 

Pakai Dua Kali Sehari

skincare bakuchiol

Moisturizer ringan dapat dipakai setiap hari, di pagi dan malam hari. Pakai setelah cuci muka, atau setelah toner dan serum. Ini cara pakai moisturizer yang benar.

 

Pakai Secukupnya

Berapa banyak moisturizer yang sebaiknya kita pakai? Dermatolog sarankan 1-2 pump. Jumlah tersebut sudah cukup memberi kelembapan yang kita butuhkan. Jike terlalu banyak dapat menyumbat pori-pori, menghasilkan komedo dan bahkan jerawat. Less is more.

 

Pakai Juga di Kulit Berminyak

Siapa yang masih menganggap kulit berminyak tidak perlu moisturizer? Anggapan itu salah besar. Kulit kita membutuhkan minyak dan air agar kondisinya stabil. Itulah pentingnya pakai moisturizer meski kulit kita berminyak. Moisturizer bantu seimbangkan kadar air dan minyak di kulit.

Baca juga: 7 Gel Moisturizer yang Ringan untuk Kulit Berminyak dan Kombinasi

 

Itulah cara pakai moisturizer yang benar. Jika masih sering melewatkan pemakaian moisturizer, jangan lupa pakai di rutinitas skincare selanjutnya, ya.