Penuaan tidak bisa dicegah. Tapi satu yang pasti: kemunculan tanda penuaan seperti keriput dan garis halus bisa diperlambat. Caranya? Pakai serum anti-aging. Untuk memaksimalkan hasilnya, sangat disarankan pakai serum anti-aging bersama moisturizer, krim malam, dan masker. Lakukan rutinitas skincare secara berkelanjutan dan lihat beberapa tahun ke depan, you will be feeling 10 years younger!

 

Bagaimana Keriput Dapat Terbentuk?

Keriput dan garis halus merupakan proses alami penuaan dimana kulit menjadi lebih tipis, kering, dan kendur. Di usia pertengahan dan akhir 20-an, produksi kolagen dan elastin (protein yang menjaga kekenyalan kulit) melambat. Tidak dari dalam tubuh saja, efek lingkungan juga berpengaruh. Polusi, sinar UV, dan gaya hidup tidak sehat (merokok dan minum alkohol) dapat merusak kulit. Karena dua faktor tersebut, tidak heran jika kulit mudah kusam, kendur, dan berkerut.

 

Cara Kerja Serum untuk Lawan Keriput

Dibanding produk skincare lainnya, serum anti-aging dapat lebih menyerap ke lapisan terdalam kulit, membuatnya jadi produk yang efektif melawan tanda penuaan. Selain itu, formulanya ringan sehingga lebih cepat menunjukkan hasil. Keep in mind, serum anti-aging dapat menjaga kulit dari dampak buruk lingkungan dan mencegah pembentukan keriput. We definitely need this holy grail product!

Kandungan Skin Care untuk Anti-Aging

Serum anti-aging hadir dalam berbagai bahan kandungan yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan dan kondisi kulit. Berikut kandungan serum anti-aging yang perlu kita cari.

Vitamin C

Bermanfaat meningkatkan produksi kolagen dan mencerahkan kulit. Kemampuannya melawan radikal bebas membuatnya mampu mengurangi penampakan keriput.

Baca juga: Manfaat Serum Vitamin C dan Cara Terbaik Menggunakannya

Hyaluronic Acid

Berfungsi sebagai humectant untuk beri kelembapan ekstra sehingga kulit menjadi lebih kenyal dan kencang.

Baca juga: Rekomendasi Cream Pelembap Hyaluronic Acid

Peptida

Konsentrasi peptide yang tinggi pada serum anti-aging dapat meningkatkan produksi kolagen dan elastis, membuat kulit menjadi lebih halus dengan cara mengurangi garis halus.

Epidermal Growth Factor

Merupakan rantai molekul amino acid yang berkerja dalam penyembuhan luka. EGF memperbaiki sel dan jaringan kulit yang rusak sekaligus membantu produksi kolagen dan elastin.

Stem Cell

Meskipun stem cell tidak dapat membantu regenerasi sel, kandungan ini sangat efektif bekerja sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Sehingga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas lainnya yang menyebabkan kulit keriput.

Retinol/Vitamin A

Adalah kandungan superstar untuk anti-aging. Ini karena retinol secara efektif mengurangi penampakan keriput dan mempercepat regenerasi kulit. Plus, bagi yang bermasalah dengan hiperpigmentasi, retinol dapat mencerahkan dark spot akibat sinar matahari maupun bekas jerawat.

Baca juga: Bakuchiol, Alternatif Alami Pengganti Retinol

AHA

Alpha Hydroxy Acid (seperti glycolic acid dan lactic acid) bekerja sebagai eksfoliator untuk mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan kulit, sehingga sangat baik pula mengurangi penampakan keriput. AHA juga bisa dipakai sebagai perawatan untuk wajah berjerawat.

Baca juga: PHA, Kandungan Skincare untuk Eksfoliasi Kulit Sensitif

Vitamin E

Dikenal sebagai antioksidan paling potent, vitamin E dapat melawan radikal bebas, mencegah kulit rusak akibat paparan sinar matahari, memperbaiki kulit yang luka, dan mengenyalkan kulit berkat kemampuannya yang melembapkan. Bye wrinkles!

Baca juga: Manfaat Vitamin E Oil untuk Kulit dan Bulu Mata

Niacinamide/Vitamin B3

Kandungan skincare anti-aging ini dapat mengecilkan pori-pori, meratakan warna kulit, mencerahkan kulit, dan menyingkirkan garis halus.

Resveratrol

Kandungan yang didapat dari anggur merah dan wine ini merupakan kandungan antioksidan yang membantu kulit hadapai stress dan iritasi. Pemakaian konsentrasi tinggi bantu meningkatkan elastisitas kulit.

 

Serum Anti-Aging Terbaik

Sunday Riley Good Genes All-in-One Lactic Acid Treatment

Serum Sunday Riley ini mengandung lima persen lactic acid yang bekerja mengangkat sel kulit mati dan mempercepat produksi kolagen. Serum ini juga diperkaya dengan licorice, lemongrass, dan aloe yang bermanfaat mengurangi hiperpigmentasi dan mencerahkan wajah. Bagus untuk yang bermasalah dengan wajah kusam, dan garis halus tentunya.

 

Estée Lauder Advanced Night Repair Synchronized Recovery Complex II

Diinfus dengan kafein, vitamin E, squalene oil, dan probiotic, serum ini akan memperbaiki tekstur kulit selama kita tidur. ChronoluxCB™ Technology pada serum Estée Lauder akan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Best used in night time.

 

L’Occitane Immortelle Overnight Reset Serum

Serum dari L’Occitane ini juga merupakan perawatan malam hari. Tekstur water-gel yang ringan akan memulihkan dan menyegarkan kulit selama kita tidur. Kandungan Marjoram dan Acmella oleacera membantu menyamarkan garis halus. Dipakai secara rutin, tekstur wajah jadi lebih halus dan muda.

 

Tata Harper Rejuvenating Serum

Seperti produk Tata Harper lainnya, collagen-boosing serum ini juga bekerja sebagai multitasker yang dapat mengatasi berbagai macam tanda penuaan. Kandungan hyaluronic acid, antioksidan, dan neuropeptide pada serum brand skincare organik ini akan mengubah kulit jadi kenyal. Di saat yang sama, kulit pun menjadi lebih halus.

 

Kiehl’s Midnight Recovery Concentrate

Baik digunakan sebelum tidur, serum Kiehl’s berupa oil ini sudah mendapat label cult favorite. Aroma lavender yang menenangkan bermanfaat pula untuk kesehatan kulit. Campuran beberapa minyak alami pada serum ini bantu meningkatkan kekenyalan kulit. Bangun di pagi hari, kulit menjadi lebih cerah dan halus.

 

Shiseido Ultimune Power Infusing Concentrate Serum

Jika suka layering serum, this one is for you. Serum Shiseido ini merupakan pre-treatment yang dipakai setelah treatment dan sebelum serum. Formulanya membantu produk yang dipakai setelahnya lebih menyerap ke dalam kulit. Selain itu, booster serum ini juga bermanfaat memperkuat kulit, mengembalikan kekenyalan kulit, dan melindungi kulit dari kerusakan. Best for skincare junkie.

 

La Prairie Anti-Aging Rapid Response Booster

Serum anti-aging La Prairie ini menjanjikan hasil terlihat setelah 2 minggu pemakaian. Jenis booster serum ini dipakai sebelum produk skincare lainnya. Harganya memang menjulang, namun setelah 2 minggu pemakaian rutin, hasilnya memang betulan terlihat. Garis halus mulai berkurang dan kulit semakin kencang.

 

Drunk Elephant T.L.C. Framboos Glycolic Night Serum

Semua pecinta skincare pasti sanga memuja produk-produk Drunk Elephant, salah satunya serum glycolic ini. Dengan campuran AHA yang terbilang kuat (kulit sensitif tidak disarankanpakai), serum ini mampu bekerja dengan efektif menghaluskan dan meratakan tekstur kulit yang berkerut. Jangan buru-buru takut dengan sensasi perih saat menggunakannya, karena itu berarti produknya sedang bekerja.

 

 

 

Fresh Black Tea Age-Delay Firming Serum

Black tea serum memiliki formula melembapkan yang mudah diserap kulit. Seperti serum anti-aging lainnya, serum ini juga memperlambat munculnya keriput. Namun, serum dengan bahan utama black tea ini membantu wajah jadi lebih tegas dan terdefinisi.

 

La Mer The Concentrate Serum

Best for aging skin. Harganya yang tinggi sangat sesuai dengan kualitas dan hasil yang diberikan. Kandungan Miracle Broth™ pada serum La Mer ini mampu meredakan kemerahan, iritasi, dan inflamasi. Kulit pun menjadi lebih kuat dan kenyal. Bisa dipakai untuk kulit sensitif juga.