manfaat Squalane oil

Untuk perawatan wajah, sudah banyak perempuan yang sadar dan kembali pada manfaat natural face oil. Nah, ada satu face oil yang sedang naik daun dan banyak terdapat pada komposisi produk skincare adalah squalane oil. Apa manfaat squalane oil dan  untuk kulit? Mari bahas agar tahu mengapa pantas masuk dalam kabinet kita.

Apa itu Squalane Oil?

Jika familiar dengan squalene oil (dengan “e”), well, squalane oil (dengan “a”) masih berkaitan. Squalane oil adalah minyak alami turunan squalene oil. Namun, squalane lebih stabil dari squalene karena terhidrogenasi, yang artinya tidak terurai dengan cepat, dengan kata lain usia simpannya lebih lama.

Pada dasarnya squalane oil secara alami diproduksi dalam tubuh kita. Bicara soal sumber alami lainnya, ini banyak ditemukan pada hati hiu. Namun, sekarang para ahli mulai “menggalinya” secara aman melalui tanaman, seperti zaitun, beras, dan tebu. Say yes to cruelty-free products!

 

Manfaat Squalane Oil

Karena squalane oil serupa dengan sebum pada kulit, tidak heran jika minyak ini mudah diserap dan bersifat non-comedogenic. Karena inilah sangat baik untuk mengontrol produksi sebum (kelebihan minyak) pada wajah. Teksturnya serupa emollient sehingga bagus dipakai sebagai moisturizer, namun tidak terasa berminyak di wajah.

Squalane oil disarankan dipakai bagi yang sudah berusia 20-an karena di usia tersebut minyak squalane dalam tubuh berkurang. Kita membutuhkan tambahan ekstra dari luar untuk menjaga keseimbangan minyak kulit wajah agar tetap kencang, kenyal, dan cerah. Harus disebutkan juga, squalane adalah sumber antioksidan yang sangat baik menangkal radikal bebas (sinar matahari dan polusi) penyebab tanda penuaan. Boleh disimpulkan, squalane oil bekerja sebagai anti-aging.

 

Cara Pakai Squalane Oil

Selain bisa langsung diaplikasikan ke wajah, bisa pula dicampur dengan produk skincare lainnya. Direkomendasikan dicampur dengan moisturizer atau masker wajah untuk mengunci kelembapan kulit. Namun, sebaiknya hindari campur dengan serum karena serum seharusnya lebih cepat diserap kulit, sementara squalane oil bertekstur emollient.

Added point: karena teksturnya yang ringan, cocok dipakai kulit berminyak dan berjerawat. Pakai squalane oil pada skincare routine pagi dan malam hari untuk kulit lembap terawat.

Tips: squalane oil bisa dipakai pada rambut dan kutikula kuku agar tidak kering.

 

Rekomendasi Squalane Oil Terbaik

Indie Lee Squalane Facial Oil

Terkenal sebagai brand skincare natural, tidak perlu diragukan lagi kualitas minyak squalane di produk Indie Lee ini. Kemasannya yang kecil (1 oz) sangat travel-friendly. Pakai dengan cara tepuk-tepuk di wajah untuk kulit lembap maksimal.

Biossance 100% Squalane Oil

Biossance 100% Squalane Oil

Squalane di setiap botol Biossance diambil dari tebu. Harganya memang sedikit merogoh kocek, tapi sebanding dengan ukuran botolnya yang lumayan besar. Sempurna untuk kulit kering dan mampu mengurangi kemerahan juga iritasi.

 

The Ordinary 100% Plant Derived Squalane

 The Ordinary 100% Plant Derived Squalane

Pilihan squalane oil yang lebih ramah kantong, The Ordinary punya, bahkan kualitasnya pun sama baiknya. Squalane-nya bersertifikat Ecocert. Produk ini multifungsi. Pakai di wajah sebagai pelembap, bisa juga pakai di rambut sebagai heat-protector sebelum pakai alat catok.

 

Peter Thomas Roth Oilless Oil 100% Purified Squalane

Peter Thomas Roth Oilless Oil 100% Purified Squalane

Punya kemasan botol slim dan transparan, squalane oil Peter Thomas terlihat minimalis, tapi tentu tidak seminimalis manfaatnya. Teksturnya yang ringan, tidak berminyak, dan bahkan tidak beraroma ini akan membantu kulit tetap kenyal dan memperlambat munculnya tanda penuaan.

BACA JUGA: PRODUK SKINCARE UNTUK MENJAGA KELEMBABAN KULIT KAMU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *