Squalene dan squalane. Dari tulisan dan pengucapan, dua jenis natural face oil ini tampak sama. Namun, ternyata squalene dan squalane oil memiliki perbedaan yang cukup mendasar when it comes to efficacy and stability. Beautified pernah membahas manfaat squalane oil. Nah, sekarang mari kita bahas perbedaan squalane (dengan “a”) dan squalene (dengan “e”) agar kita yang masih awam dengan minyak alami ini tidak bingung lagi.

 

Perbedaan Squalene dan Squalane Oil

Squalene (dengan “e”) adalah minyak yang secara alami diproduksi tubuh manusia, lebih tepatnya diproduksi oleh kelenjar minyak pada kulit. Minyak inilah yang menjaga kekuatan skin barrier dan membantu kulit tetap lembap, namun di saat yang sama bekerja sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Sayangnya, semakin bertambahnya usia, terutama setelah usia 30 tahun, produksi squalene oil di tubuh menurun. Itulah alasan mengapa kita perlu tambahan oil dari luar untuk menjaga kelembapan kulit. Meski begitu, squalene oil alami pada dasarnya bersifat tidak stabil. Agar lebih stabil dan efektif dijadikan kandungan skincare, squalene oil diproses menjadi squalane.

Proses konversi dari squalene menjadi squalane dinamakan hydrogenation. Proses ini sangat diperlukan mengingat squalene mudah teroksidasi jika terekspos udara, menyebabkan manfaatnya berkurang. Kesimpulannya, squalane oil lebih stabil dan tahan lama dibanding squalene, membuatnya jadi kandungan yang banyak dipakai pada produk skincare berupa oil, serum, dan cream.

Baca juga: Vitamin E Oil untuk Panjangkan Bulu Mata

 

Sumber Squalane Oil

Umumnya, squalene oil mudah ditemukan pada hati hiu. Namun, bayangkan berapa banyak hiu yang terbunuh demi mendapatkan squalene-nya? Beruntung, squalene bisa diekstrak dari tanaman, seperti zaitun, beras, dan tebu. Jadi, tak perlu mengancam keberlangsungan hidup hewan laut. Yang artinya, squalane oil adalah produk skincare cruelty-free.

 

Squalane Oil untuk Semua Jenis Kulit

Squalane oil bersifat emollient (menahan kadar air dalam kulit) sehingga baik untuk melembapkan semua jenis kulit, terutama kulit kering. Karena tidak berbau dan cenderung tidak menyebabkan alergi, squalane oil juga bagus untuk kulit sensitif. Bagi yang kulitnya bermasalah, seperti jerawat dan beruntusan, squalane oil dapat bantu mengembalikan kondisi skin barrier yang rusak. Dengan manfaatnya yang esensial, squalane oil sangat perlu dimiliki. A must-have!

 

Baca juga: Rekomendasi Produk Squalane Oil Wajib Coba

 

Jelas sudah perbedaan squalene dan squalane oil. Jadi, saat memilih face oil nanti, carilah squalane (dengan “a”) oil. Semoga membantu!