Tips Mewarnai Pangkal Rambut Sendiri di Rumah dari Hair Colorist

71 Views 0 Comment

Urusan mewarnai rambut, terutama memperbaharui warna pangkal rambut (hair root), memang harus diserahkan kepada profesional di salon. Namun, situasi yang mengharuskan kita #stayhome dan social distancing membuat kita harus menahan keinginan pergi ke salon. Apakah bisa mewarni pangkal rambut sendiri di rumah? Bisa-bisa saja. Tapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mewarnai pangkal rambut di rumah.

Melalui Coveteur, hair colorist Guy Tang memberikan panduan apa saja yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan untuk memperbaharui warna pangkal rambut tanpa bantuan salon. Jadi, sebelum memutuskan pakai cat rambut sendiri, lebih baik baca dulu saran dari ahli ini. Supaya hasilnya tidak salah.

 

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah

Don’t: Pakai Cat Rambut (Box Dye) untuk Mewarnai Pangkal Rambut

Ketika rambut mulai memanjang, otomatis warna pangkal rambut yang baru tumbuh berbeda dari rambut yang sudah diwarnai. Ini membuat tampilan rambut jadi terlihat kurang rapi dan polished. Meski bisa saja menyamakan warna pangkal rambut dengan rambut kita yang berwarna dengan cat rambut rumahan (box dye), sayangnya Guy Tang tidak menyarankan hal tersebut.

Ia menjelaskan, cat rambut yang dipakai di salon dengan cat rambut rumahan (box dye) memiliki pigment yang berbeda. Ini artinya, proses pemudaran warnanya pun berbeda. Jika kita pakai cat rambut rumahan tersebut, nanti saat ke salon kita harus bayar 2-3 kali lebih besar karena salon harus memudarkan warnanya terlebih dahulu agar cat rambut yang dipakai nanti menunjukkan warna maksimal. Daripada pakai cat rambut sendiri di rumah, lebih baik sabar saja hingga next session yang aman ke salon.

Baca juga: 6 Rekomendasi Salon untuk Balayage Terbaik di Jakarta

 

Do: Styling Rambut dengan Gaya Kepang

Selama quarantine atau self-isolation artinya tidak perlu bertemu banyak orang. Tidak masalah warna rambut berantakan, toh tidak ada yang lihat. It’s not a big deal. Namun, lain halnya jika selama work from home kita aktif melakukan video meeting atau conference call. Penampilan, termasuk rambut, harus diperhatikan.

Untuk menyembunyikan warna pangkal rambut yang menghitam, Guy Tang menyarankan untuk styling rambut dengan gaya kepang. Ada banyak variasi kepang, seperti crown braid yang bagus untuk menutup pangkal rambut. Bisa juga diikat ke atas (high ponytail atau bun), lalu semprotkan colored dry shampoo di hairline agar warna hitamnya tersamarkan. Trik yang cerdas, juga mudah.

Baca juga: 3 Gaya Rambut Simple untuk Work From Home

 

Do: Hindari Terlalu Sering Keramas

Cara terbaik yang Guy Tang sarankan untuk menjaga warna rambut tahan lama adalah dengan tidak terlalu sering keramas. The less you shampoo, the longer your hair color will last. Untuk mengatasi rambut lepek, bisa terapkan gaya rambut yang menyamarkan kelepekan tersebut di hari kedua dan ketiga sebelum keramas. Sarannya adalah gaya rambut kepang. Di saat seperti ini pula, dry shampoo adalah senjata andalan untuk mengurangi sensasi berminyak pada rambut.

Baca juga: Cara Atasi Rambut Berminyak Jika Tak Ingin Keramas Tiap Hari

 

Do: Keramas dengan Air Dingin

Saat keramas, air dingin adalah yang terbaik menurut Guy Tang. Ini karena air dingin tidak akan memudarkan warna cat rambut. Shampoo juga harus mendukung. Pilih yang tidak mengandung sulfate dengan formula untuk mempertahankan warna rambut. Pastikan shampoo memiliki formula ringan yang tidak mudah melunturkan warna rambut. Begitulah tips mewarnai rambut di rumah.

Kesimpulannya, daripada mewarnai rambut sendiri di rumah untuk memperbaharui warna yang memudar, lebih baik kita siasati dengan menjaga ketahanan warna rambut itu sendiri. Pangkal rambut bisa kita warnai nanti saat kondisi sudah memungkinkan untuk pergi ke salon. Sementara itu, samarkan saja warna pangkal rambut dengan hairstyle seperti kepang atau high bun. Mudah.

Baca juga: Tren Warna Rambut 2020 Wajib Coba

0 Comments

Leave a Comment

Close