Cara Atasi Rambut Berminyak Jika Tak Ingin Keramas Tiap Hari

1220 Views 0 Comment

Punya rambut super berminyak? Beautified paham betul struggle-nya hadapi rambut lepek at the end of the day. Meski sudah keramas setiap hari, berkeringat sedikit saja rambut sudah sangat berminyak. Memang ada dry shampoo, sih, tapi hanya bantu sebentar saja. Tetap saja, besoknya harus keramas lagi supaya rambut terlihat segar. Bukankah terlalu melelahkan (dan tidak ada waktu) kalau setiap hari harus keramas? Untuk atasi masalah rambut berminyak, ada cara dan tips yang dibagikan para pofesional. Mari simak dan praktekkan supaya tidak terus-menerus keramas every single day.

Tentukan Jadwal Keramas

Menurut hairstylist, ada dua hal yang perlu diperhatikan when it comes to washing your hair: tidak boleh over washing maupun under washing. Mengapa? Karena dua hal tersebut justru buat rambut semakin berminyak. Keramas berlebih akan mempercepat produksi sebum pada kulit kepala, sementara kurang keramas akan menyebabkan penumpukan kotoran dan minyak di kulit kepala.

Jadi, berapa kali sebaiknya kita keramas? Hairstylist sebutkan tergantung dari tipe dan ukuran rambut. Jika rambut kita tipis atau berwarna, maka lebih baik keramas lebih sering. Untuk rambut yang tebal, jarak keramas bisa sedikit diperlebar. Tapi ingat, tidak over washing maupun lack of washing. Cara atasi rambut berminyak yang sangat perlu dicatat.

Tidak Berlebihan Pakai Conditioner

Conditioner memang buat rambut super silky dan lembut. Namun, kebanyakan conditioner biasanya berbasis oil. Maka, pakailah seperlunya, jangan terlalu banyak. Berlebihan pakai justru buat rambut semakin berminyak. Tapi lain halnya dengan rambut rusak, sedikit lebih banyak pakai disarankan. Untuk rambut tipis yang tidak rusak, hairstylist sarankan pakai sedikit saja dan tambahkan sedikit demi sedikit jika diperlukan.

Baca juga: Hair Lamination, Perawatan Kosmetik untuk Rambut Super Lembut dan Shiny

Hanya Pakai Conditioner di Ujung Rambut

Seperti yang disebutkan di atas, terlalu banyak pakai conditioner sebabkan rambut makin berminyak. Itulah sebabnya, sebaiknya conditioner dipakai di ujung rambut saja. Ujung rambut cenderung lebih kering dan rusak, maka dibutuhkan perhatian lebih untuk merawat dan melembutkannya. Cara seperti ini juga cocok bagi yang setiap hari styling rambut, sekaligus rambutnya berminyak.

Baca juga: Cara Merawat Rambut Berwarna

Pakai Shampoo dengan Formula Tepat

Tidak semua formula shampoo cocok untuk setiap jenis rambut. Salah pilih formula, bisa saja buat rambut makin berminyak. Karena ada formula tertentu yang memiliki kandungan oil, sehingga saat dipakai justru menyebabkan rambut semakin berat dan berminyak. Lebih baik pilih shampoo khusus untuk rambut berminyak. Jadi, baca dulu kemasan di botolnya untuk tahu apakah shampoo tersebut bagus bagi jenis rambut kita.

Bersihkan Sisir Seminggu Sekali

Seperti kuas makeup, sisir rambut pun perlu rutin dibersihkan, setidaknya sekali seminggu. Mengapa harus dibersihkan? Well, kita tidak selalu menyisir rambut yang bersih. Saat belum keramas lalu kita menyisir rambut, di saat itulah kotoran dan minyak rambut menempel di sisir. Lalu, ketika sisir kotor itu kita pakai di rambut yang bersih? Rambut makin berminyak. Make sure to give it a wipe down with a wet washcloth a few times a week to prevent this from happening.

Pakai Clarifying Shampoo Seminggu Sekali

Jika masih belum tahu betapa pentingnya clarifying shampoo dalam hidup kita, then you must know. Produk styling rambut, seperti hairspray dan dry shampoo, juga faktor lingkungan, seperti debu dan polusi dapat meninggalkan sisa di kulit kepala dan itu bisa menumpuk. Tumpukan inilah yang membuat rambut sangat berminyak. Shampoo biasa mungkin tidak terlalu bisa meluruhkan kotoran tersebut. Inilah peran penting clarifying shampoo, mengangkat dan membilas semua kotoran yang menumpuk tersebut untuk hasil kulit kepala benar-benar bersih.

Itulah cara atasi rambut berminyak tanpa perlu keramas setiap hari. Lakukan dan lihat kita tak perlu lagi bermasalah dengan rambut lepek.

0 Comments

Leave a Comment

Close