Tidak hanya berbagai tataan dan potongan rambut medium hingga pixie saja yang menghiasi tren gaya rambut 2019. Kunci utama tampil gaya di tahun ini terletak pada pewarnaan rambut yang kian fashionable.Tak dapat dipungkiri, kombinasi guntingan rambut dan hair coloring memang dapat membantu mempertegas tekstur rambutmu menjadi lebih on point! Tahun ini, ada banyak nuansa warna yang makin mendominasi. Sebut saja nuansa Ashy Silver, Mushroom Brown, Jet Black, Sun-Kissed Mahogany, Unicorn, Purple Candy, hingga Living Coral yang menjadi berbagai pilihan warna rambut yang makin digemari tahun ini. Meski demikian agar warna rambut dan tekstur rambut habis diwarnai tetap prima, kamu perlu memantapkan diri untuk berkomitmen dan mengubah cara merawat rambut berwarna.

Tujuannya agar kondisi dan warna rambut yang baru saja diwarnai dapat tetap sehat serta tidak mudah luntur. Agar warna rambut lebih tahan lama dan tidak mudah luntur, kamu perlu melakukan perawatan rambut yang tepat. Apa saja yang perlu dilakukan? Simak cara merawat rambut berwanrna berikut!

1. Lindungi rambut sebelum diwarnai

Sebelum mewarnai rambut, aplikasikan produk khusus bertekstur lotion Before Coloring Treatment. Produk ini dapat membantu warna rambut setelah diwarnai makin maksimal dan kondisi rambut tidak kering setelah diwarnai. Aplikasikan pada rambut kering sebelum diwarnai.

Try This: KEUNE, Defrizz Serum, Rp 395.000

serum merawat rambut berwarna

2. Jangan langsung keramas

Sebelum mewarnai rambut, kamu sebaiknya keramas sehari sebelumnya. Tak perlu menggunakan kondisioner. Cara ini akan membantu pori rambut terbuka untuk menyerap pigmen warna yang akan diaplikasikan pada rambutmu.

Setelah selesai mewarnai rambut di salon atau di rumah, jangan langsung cepat-cepat ingin keramas keesokan harinya. Cat rambut dapat membuat kutikula rambut lebih berpori. Hal ini menyebabkan helai rambut dapat menyerap dan melepaskan kelembapan lebih mudah. Akibatnya, molekul warna dapat mudah menguap setiap rambutmu basah. Itulah sebabnya, beri jeda 48 jam setelah mewarnai rambut. Jangan terlalu sering keramas. Keramaslah secara teratur setiap 3 hari sekali.

3. Gunakan shampo dan kondisioner khusus rambut berwarna

Sehabis mewarnai rambut, kamu perlu berkomitmen dan konsisten mengganti semua produk perawatan rambut mulai dari shampo, kondisioner, hingga cara perawatan rambut. Pilihlah produk perawatan rambut khusus bagi rambut diwarnai.

Formula di dalam produk perawatan khusus untuk rambut diwarnai membantu memberi nutrisi ekstra hingga ke dalam batang rambut sekaligus memberi perlindungan pada setiap batang rambut. Kandungan di dalam shampo dan kondisioner khusus bagi rambut diwarnai dapat membantu menjaga rambut dari kekeringan serta menjaga warnanya lebih tahan lama.

Setelah keramas, keringkan rambut dengan handuk lembut atau kaus. Jangan digosok kuat. Peras perlahan rambut kamu menggunakan handuk atau kaus tadi.

Try This: L’Oreal Professionnel Expert, Vitamino Color, Hair Shampoo Rp 299.000

kondisioner khusus rambut berwarna

4. Komitmen untuk re-touch

Agar penampilan rambut diwarnai tetap maksimal, kamu perlu teratur menjaga warnanya dengan selalu me-retouch warna rambut setiap warna pada pangkal rambut mulai ‘turun’.

Sebelum kamu melakukan retouch rambut, keramaslah dengan clarifying shampoo sehari sebelumnya. Shampo jenis ini akan membantu membersihkan kepala dari sisa-sisa zat kimia yang menumpuk di kulit kepala dan mempersiapkan akar rambut dalam kondisi prima sebelum diwarnai.

5. Rutin masker rambut

Setelah mewarnai rambut, batang rambutmu akan menjadi lebih sensitif. Untuk itu, kamu perlu lebih sering memanjakannya dengan perawatan rambut yang tepat. Jangan lakukan creambath. Perawatan yang melibatkan pijatan ini memang dapat membuat kulit kepala lebih relaks, namun tekanan berlebih pada batang rambut yang sedang dalam keadaan sensitif menjadi mudah patah.

Lebih baik, lakukan perawatan rambut menggunakan masker rambut. Tekstur yang lebih pekat dan formula khusus dan terkonsentrat di dalamnya membantu menjaga rambutmu tidak mudah kering dan sehat. Aplikasikan setiap dua minggu sekali.

Try This: Kerastase, Reflection, Chroma Riche Rp 450.000

masker rambut berwarna

6. Lindungi dari panas

Panas dapat memicu warna rambut mudah memudar. Panas pun dapat meluruhkan protein rambut yang menyebabkan rambut mudah kering, kasar, dan mengembang.

Saat ingin menata rambut dengan teknik blow dry atau ketika kamu ingin menata rambut menggunakan alat catok, aplikasikan serum rambut khusus rambut berwarna terlebih dahulu. Cara merawat rambut berwarna dengan serum akan membantu melindungi rambut dari paparan sinar matahari dan peralatan styling rambut yang mengandung panas seperti hair dryer serta catokan.

Try This: Shiseido Professionnel, Lumminogenic Hair Care, Essence Caviar Rp 480.000

7. Hindari olahraga berenang

Tahukah kamu? Klorin dalam air kolam renang dapat memengaruhi kondisi warna cat rambutmu. Demikian juga dengan air laut. Sebaiknya hindari olahraga berenang untuk sementara waktu.

Jika kamu ingin tetap berenang, gunakan topi berenang untuk mencegah kontak langsung rambut dan klorin. Setelah berenang, bilas rambut terlebih dahulu dengan kondisioner khusus rambut berwarna. Setelah itu lanjutkan dengan shampo khusus rambut berwarna. Oleskan kondisioner kembali jika diperlukan.

Cara di atas dapat membantu rambut menjadi lebih lembap, tidak mudah kusut, mudah diatur, dan tidak kaku setelah berenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *