Cara Memilih Alat Catok yang Bagus untuk Hasil Rambut Sehat Berkilau

41 Views 0 Comment

Alat catok rambut, catokan rambut, pelurus rambut, atau flat iron. Rasanya tidak ada wanita yang tidak punya. Harus diakui, catok rambut adalah styling tool wajib bagi hampir semua wanita. Boleh dibilang, satu alat, beragam fungsi. Dengan alat catok, kita bisa meluruskan, mengeriting, dan menciptakan beach waves atau S-waves. Selain itu, alat catok juga mengatasi rambut kusut dan memberi efek glossy yang sleek karena adanya ionisasi. Cukup dengan catok, rambut seketika rapi dan berkilau. Tidak ada alasan untuk tidak memilikinya, terutama cara memilih alat catok rambut yang bagus.

Memiliki alat catok yang bagus sangatlah penting. Ini bukan lagi sekadar soal fungsinya untuk styling rambut, tapi juga manfaatnya dalam menjaga kesehatan rambut. Dilansir dari NBC News, hairstylist New York Courtney Foster mengatakan pada dasarnya alat catok tidak merusak rambut. Namun, yang membuat alat ini meningkatkan risiko kerusakan rambut adalah suhunya yang terlalu panas untuk jenis rambut kita. Kutikula atau lapisan terluar rambut mudah rusak jika panas alat catok mencapai 180 derajat celcius. Jika rambut terlalu panas, maka rambut akan kehilangan kelembapannya, dan di saat itulah rambut jadi mudah kering dan rusak.

Meski alat pelurus rambut aman dipakai, disarankan untuk tidak pakai setiap hari (begitu pula dengan heat styling tool lainnya). Bahkan meski kita pakai produk heat protectant, rambut sebaiknya tidak terus-terusan terkena panas hot tool setiap hari. Kualitas alat catok pun ada baiknya dipertimbangkan. Lalu, bagaimana cara memilih alat catok yang bagus? Mulailah dengan memilih jenis pelat yang digunakan flat iron tersebut. Ada tiga jenis pelat, yaitu ceramic, tourmaline, dan titanium. Pilih yang mana? Mari bahas keunggulan dari masing-masing pelat tersebut.

 

Cara Memilih Alat Catok Rambut Berdasarkan Jenis Pelat

Alat Catok Ceramic

  • Harganya lebih terjangkau.
  • Tidak sepanas tourmaline dan titanium.
  • Cepat panas sehingga panasnya mudah merata dan meluncur dengan lembut di rambut sekaligus memberi tampilan glossy yang berkilau.
  • Alat catok ceramic yang mulai mengelupas, metal bagian dalamnya (biasanya aluminium) dapat merusak rambut.
  • Alat catok ceramic bagus untuk rambut kering, tipis, maupun rusak.

 

Alat Catok Tourmaline

  • Pelat tourmaline mengandung silicate dan dapat meluruskan rambut dengan panas yang tidak berlebihan.
  • Dapat melembutkan kutikula dan memberi ion yang mengunci kelembapan helai rambut, sehingga rambut terasa lembut seperti sutera dan lebih rapi.
  • Perhatikan pelat yang mulai mengelupas, karena dapat merusak rambut.
  • Distribusi panas tourmaline adalah yang terbaik dari dua jenis pelat lainnya sehingga pakai alat catok ini sangat memudahkan dalam proses styling.

 

Alat Catok Titanium

  • Titanium merupakan metal yang kuat dan tahan lama sehingga bagus dipakai oleh profesional di salon.
  • Titanium paling cepat panas.
  • Distribusi panasnya merata sehingga hasilnya pada rambut lebih baik dibanding alat catok ceramic.
  • Hati-hati jika rambut sedang rusak karena pemakaian styling tool atau pewarnaan (meski rusak sedikit), karena alat catok titanium bisa membuat kondisi rambut semakin rusak.

Nah, sudah tahu jenis catokan mana yang paling sesuai dengan kondisi dan kebutuhan rambut? Selanjutnya, mari simak merk alat catok rambut terbaik yang direkomendasikan oleh celebrity hair stylist Hollywood.

0 Comments

Leave a Comment

Close