Ferulic Acid, Kandungan Skincare Tinggi Antioksidan untuk Anti-Aging

820 Views 0 Comment

Percayalah, kandungan skincare dengan akhiran “acid” (asam) merupakan senjata efektif dapatkan kulit mulus bercahaya. Ada banyak jenis asam pada produk skincare. Beautified sudah pernah bahas beberapa, di antaranya hyaluronic acid, glycolic acid, lactic acid, dan azelaic acid. Kali ini mari bahas manfaat ferulic acid – mungkin tidak sepopuler acid lain, tapi sebenarnya sudah familiar digunakan pada sejumlah produk skincare. Sebelum melihat rekomendasi skincare ferulic acid, mari berkenalan dulu dengan powerful ingredient satu ini.

 

Apa Itu Ferulic Acid?

Dilansir dari berbagai sumber, menurut penjelasan para dermatolog, ferulic acid atau hydroxycinnamic acid adalah antioksidan yang secara natural bisa ditemukan pada dinding sel tumbuhan. Fungsi ferulic acid pada dasarnya membantu bahan aktif dan antioksidan lain pada sebuah produk skincare. Lebih tepatnya, ferulic acid bantu menstabilkan kandungan lain, seperti vitamin C, E, dan niacinamide, agar hasilnya lebih optimal.

Antioksidan pada skincare ferulic acid tergolong tinggi. Antioksidan sendiri berfungsi menangkal radikal bebas (sinar UV dan polusi) yang dapat merusak sel kulit dan menyebabkan penuaan. Tapi bukan berarti ferulic acid dapat memperbaiki kulit yang sudah rusak, ya! Ia hanya bertugas sebagai “penghalang” dari radikal bebas. Jadi, lebih ke arah melindungi kulit sekaligus “menghentikan” proses kerusakan sel. Sehingga bagus untuk anti-aging dan mencerahkan kulit kusam.

 

Manfaat Ferulic Acid untuk Kulit

Dilansir dari Byrdie, berdasarkan penjelasan para dermatolog, ferulic acid punya manfaat yang bagus untuk masalah penuaan dan kulit kendur karena fungsinya sebagai antioksidan. Ini manfaat kandungan skincare ferulic acid yang mungkin kita butuhkan saat ini:

  • Mengurangi kemunculan garis halus dan kerutan, karena antioksidan pada ferulic acid melawa radikal bebas penyebab munculnya keriput.
  • Mengurangi proses pengenduran kulit, karena radikal bebas juga menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya.
  • Mengurangi inflamasi sehingga dapat mencegah breakout, karena kerusakan kulit menyebabkan inflamasi yang mengakibatkan kulit mudah tersumbat dan berujung pada breakout. Antioksidan pada ferulic acid berfungsi sebagai anti-inflamasi.
  • Mengurangi munculnya dark spot, karena radikal bebas buat kulit jadi mudah hiperpigmentasi.
  • Meratakan warna kulit yang diakibatkan kemerahan.
  • Meminimalisir kemunculan noda hitam bekas jerawat.
  • Mengurangi pigmentasi yang diakibatkan melasma.
  • Meningkatkan fungsi vitamin C dan E.

 

Cara Pakai Ferulic Acid

Semua tipe kulit, termasuk kulit sensitif dan acne-prone skin, dapat menikmati manfaat kandungan skincare ferulic acid tanpa efek samping. Kandungan ini tidak akan menyebabkan kulit iritasi dan sensitif. Meski begitu, disarankan tes sedikit di bagian belakang telinga untuk pastikan ferulic acid tidak punya efek samping, terutama bagi kulit sensitif, eksim, dan rosacea.

Kalau ferulic acid dipakai pagi hari, dermatolog rekomendasikan dipakai bersama sunscreen. Boleh jenis mineral maupun chemical sunscreen, asalkan minimal SPF 30 untuk perlindungan optimal. Dan meski bisa dipakai pagi dan malam, dermatolog sarankan pakai sekali sehari saja di pagi hari. Ini karena antioksidan bekerja sebagai pelindung terhadap radikal bebas yang kita hadapi selama beraktivitas di siang hari.

Baca juga:

Cara Layering Serum yang Berbeda untuk Manfaat Optimal

Perlu perhatikan, lebih baik pemakaian ferulic acid tidak dibarengi bersama produk acid lain, seperti glycolic acid dan salicylic acid. Dua kandungan asam pada dasarnya merupakan exfoliator dan dapat mengubah pH kulit. Jika dipakai bersamaan dengan ferulic acid, dapat mengurangi efektivitas antioksidan yang notabene merupakan kandungan super delicate. Jadi, jangan menggabungkan acid lain dengan ferulic acid dalam satu kali pemakaian, seperti kata dermatolog pada Byrdie.

Nah, soal berapa dosis pemakaian ferulic acid, dermatolog pada InStyle sarankan 0,5% sampai 1%. Saat mencari serum atau moisturizer dengan kandungan ferulic acid, lihat daftar komposisinya. Pastikan ferulic acid ada di deretan atas. Juga, pilih botol dengan kaca gelap yang tidak mudah terekspos cahaya dan udara karena ferulic acid mudah oksidasi.

 

Rekomendasi Produk Skincare dengan Kandungan Ferulic Acid

SkinCeuticals C E Ferulic

Dalam satu botol serum favorit selebriti Hollywood ini terdapat 15% vitamin C (L-ascorbic acid), 2% phloretin, and 0.5% ferulic acid. Paduan vitamin C dan E pada serum ini bermanfaat mengurangi kerutan, memudarkan noda hitam, dan menjaga kulit dari stress.

 

The Ordinary Resveratrol 3% + Ferulic Acid 3%

Ini serum terbaik dengan harga paling terjangkau yang memiliki persentasi resveratrol dan ferulic acid tinggi. Pengawinan dua kandungan ini menghasilkan kekuatan antioksidan yang kuat untuk melindungi kulit dari berbagai ancaman: keriput, noda hitam, dan kulit kusam.

 

Kiehl’s Ferulic Brew Antioxidant Facial Treatment with Lactic Acid

Sebaiknya memang tidak gabungkan ferulic acid dengan acid jenis lain, tapi itu tidak termasuk lactic acid. Dengan formulasi yang tepat pada serum Kiehl’s ini, dipastikan kita bisa dapatkan manfaat exfoliating ringan dari lactic acid dan antioksidan dari ferulic acid. Win, win!

 

Dr. Dennis Gross Skincare Ferulic Acid + Retinol Brightening Solution

Untuk manfaat anti-aging ekstra, pilih serum ferulic acid dari Dr. Dennis Gross ini. Perpaduan ferulic acid dan retinol terbukti aman, memaksimalkan fungsi anti-penuaan dengan melawan kemunculan garis halus dan membuat kulit lebih cerah bercahaya.

 

Elsheskin Daily Boost Antioxidant Serum

Kandungan 0,5% ferulic acid pada serum Elsheskin ini diformulasi bersama 15% vitamin C untuk fungsi antioksidan yang lebih kuat berkali-kali lipat. Serum lokal ini memang baik digunakan bagi kita yang setiap hari banyak berada di ruang terbuka untuk lindungi kulit dari efek buruk polusi dan sinar UV.

 

Tertarik masukkan ferulic acid pada rutinitas skincare harianmu?

0 Comments

Leave a Comment

Close