Mengenal Azelaic Acid, Kandungan Skincare Populer 2021 untuk Jerawat

3483 Views 0 Comment

Pecinta kandungan acid pada skincare sebaiknya mengenal azelaic acid. Seperti yang kita tahu, acid berfungsi sebagai chemical exfoliant untuk mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit kusam. Acid yang umum kita kenal biasanya AHA dan BHA. Nah, di 2021 dikatakan jenis azelaic acid akan jadi kandungan skincare yang populer. Sebelum mencoba produk skincare azelaic acid, mari berkenalan lebih dulu dengan kandungan yang naik daun di 2021 ini.

 

Mengenal Kandungan Skincare Azelaic Acid

Apa Itu Azelaic Acid?

Azelaic acid adalah dicarboxylic acid yang berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit. Azelaic acid secara alami diproduksi kulit oleh jamur dalam tubuh. Namun, kandungan ini juga bisa diproduksi di laboratorium dengan gandum-ganduman sebagai sumbernya.

Bicara soal manfaat, azelaic acid adalah kandungan yang semua orang perlukan. Asam jenis ini mengeksfoliasi kulit dengan ringan, membersihkan pori-pori yang tersumbat, mencerahkan hiperpigmentasi, dan mengurangi kulit kemerahan.

Lebih baik lagi, azelaic acid bisa dipakai bersama bahan aktif lainnya, seperti AHA, BHA, retinoid, dan niacinamide. Juga, azelaic acid cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif dan wanita hamil menyusui. Jadikan produk skincare azelaic acid sebagai rutinitas harian sudah sepatutnya dicoba.

 

Manfaat Azelaic Acid untuk Kulit

  1. Anti-aging. Kandungan antioksidan yang tinggi membuat azelaic mampu menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini.
  2. Mengurangi kulit iritasi dan kemerahan karena memiliki fungsi anti-inflamasi.
  3. Mengangkat sel kulit mati karena bekerja dengan cara mengeksfoliasi kulit.
  4. Mengurangi komedo karena dapat membersihkan pori-pori tersumbat.
  5. Memudarkan noda hitam hiperpigmentasi dan mencerahkan wajah.
  6. Menyembuhkan jerawat berkat fungsi anti-bakteri.
  7. Merawat rosacea.

 

Cara Pakai Skincare Azelaic Acid

Dilansir dari Byrdie, dermatolog Gervaise Gerstner, MD, jelaskan cara pakai skincare azelaic acid yang benar. Ia menyarankan pakai produk skincare dengan kandungan ini dua kali sehari, pagi dan malam. Kecuali untuk kulit sensitif, boleh pakai sekali selang sehari.

Untuk penyerapan optimal, pakai azelaic acid setelah AHA, BHA, atau retinol agar kulit lebih terbuka dan siap menyerap lebih dalam. Setelah itu, ikuti dengan pemakaian moisturizer dan sunscreen di pagi hari.

 

Rekomendasi Produk Skincare dengan Kandungan Azelaic Acid

The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10%

Diformulasi dengan 10% azelaic acid, skincare bertekstur gel-cream ini dapat mengatasi jerawat sekaligus meratakan warna dan tekstur kulit. Dan karena ini The Ordinary, inilah produk skincare dengan harga super affordable.

 

First Aid Beauty Skin Rescue Oil-Free Mattifying Gel Moisturizer

Ini adalah moisturizer yang cocok untuk kulit berminyak. Teksturnya gel yang melembapkan namun memberi hasil matte. Kombinasi ceramide dan lecithin mengembalikan kelembapan kulit. Sementara azelaic acid bantu mengurangi kemerahan pada kulit berjerawat.

 

Paula’s Choice 10% Azelaic Acid Booster

Kalau suka rutinitas simple, produk gel-cream hybrid ini andalannya. Bisa digunakan sendiri maupun dikombinasikan bersama serum atau moisturizer. Formula 10% azelaic acid digabung dengan 0,5% salicylic acid sehingga dapat mengecilkan pori-pori dan mengatasi masalah jerawat.

 

Strivectin Daily Reveal Exfoliating Pads

Toner berupa pad diinfus dengan formula azelaic acid, salicylic acid, dan glycolic acid untuk membersihkan kulit hingga ke dalam pori-pori. Cukup usap-usapkan ke seluruh wajah untuk kulit bersih, dengan hasil kulit lebih cerah, lembut, dan lembap.

Next, Beauty 101: Glycolic Acid untuk Eksfoliasi Kulit

0 Comments

Leave a Comment

Close