Parfum tidak hanya soal wangi, tapi juga mencerminkan kepribadian dan selera. Tidak berhenti di situ saja, memilih parfum pun dilihat dari kekuatan wanginya. Apalagi bagi kita yang tinggal di cuaca panas Indonesia, lebih sering berkeringat. Memilih parfum yang tahan lama wanginya adalah sebuah keharusan.

Dilansir dari Well and Good, perfumer Stephen Nilsen yang meracik parfum-parfum ikonik seperti Calvin Klein Dark Obsession memberikan tips memilih parfum yang tahan lama. The basic thing yang harus kita tahu adalah the art of perfumery itu sendiri. Dengan begitu, kita bisa mudah memilih parfum yang awet sekaligus sesuai dengan kepribadian dan selera. Mari simak poin-poin berikut.

 

Perbedaan “Eau”

Parfum hadir dalam konsentrasi yang berbeda, dengan kata lain ketahanan wangi yang berbeda. Itulah alasan mengapa ada jenis eau de parfum dan eau de cologne. Konsentrasi yang dimaksud di sini adalah jumlah minyak pada sebotol parfum. Semakin tinggu konsentrasinya, semakin tahan lama wanginya, sekaligus semakin mahal pula harganya.

Dari semua jenis-jenis parfum, jenis Parfum (atau Perfume) adalah yang paling awet wanginya, diikuti Eau de Parfum, lalu Eau de Toilette. Sementara Body Splash masuk kategori parfum yang kurang tahan lama.

Beautified pernah membahas jenis-jenis parfum di sini.

 

Parfum Sintetis Lebih Tahan Lama Dibanding Parfum Alami

Jika mencari parfum yang tahan lama, carilah jenis parfum sintetis. Ini lantaran parfum alami menggunakan essential oil. Sementara essential oil merupakan minyak hasil distilasi tanaman, nah minyak seperti ini tidak stabil sehingga ketahanan wanginya tidak awet. Alasan juga mengapa banyak parfum alami hadir dalam bentuk rollerball, yakni agar mudah untuk aplikasi ulang karena wanginya yang cepat pudar.

 

Ketahanan Wangi Tergantung Pula dari Cara Pakai Parfum

FYI, dulu di era 80-an, aroma parfum sangatlah kuat. Namun, seperti yang dikatakan Nilsen, sekarang ini orang justru lebih suka wangi yang tidak terlalu kuat dan menyengat. Nah, agar aroma parfum yang tercium dari tubuh kita tidak menyengat namun masih memancarkan aroma wangi, perhatikan cara pakainya.

Perfumer Marie Salamagne berikan tips. Menyemprotkan parfum di tubuh tidak akan begitu menyengat seperti menyemprotkannya pada baju dan rambut. Jumlah semprotannya juga harus diperhatikan, ya. Jangan terlalu banyak.

 

Aturan Memakai Parfum

Ternyata ada kesalahan memakai parfum, begitu pula ada cara benar memakai parfum. Nilsen merekomendasikan lima semprotan untuk parfum dengan kekuatan wangi sedang. Cara menyemprotkan parfum bisa bermacam-macam. Baik itu di bahu, rambut, leher, atau pinggul, sebenarnya tidak ada yang salah.

Namun, satu ada satu cara yang salah menurut Nilsen, yaitu menyemprotkan parfum ke udara sembari kita berjalan di antara semprotannya. Bayangkan, parfum mahal dibiarkan disemprot di udara dan aromanya hilang terbawa angin? Lebih baik langsung semprot di tubuh, kan.

 

Rekomendasi Parfum yang Tahan Lama

Le Labo Santal 33

Le Labo Santal 33

Urusan parfum unisex, salah satu yang paling populer adalah Le Labo Santal 33. Meski wangi parfum bisa berubah pada setiap orang, aroma ikonik sandalwood, cardamom, leather accord, iris dan ambrox yang ditawarkan parfum mewah ini tetap sama dan menyenangkan di semua orang.

 

GUCCI Bloom

gucci bloom harga

Parfum yang diciptakan oleh Alberto Morillas (salah satu parfum terkenal ciptaannya adalah Calvin Klein CKOne, Giorgio Armani Acqua di Gio) ini terbuat dari jasmine sambac, tuberose, Rangoon creeperorange, orris root, dan vanila. Ketika disemprotkan ke tubuh, aroma tuberose yang powdery akan menempel lama di kulit.

 

CHANEL No 5

harga parfum chanel no.5

Inti dari N°5 adalah bunga ylang-ylang yang ditanam di Madagascar dan Mayotte, lalu May rose, yang hanya mekar selama tiga minggu dalam satu tahun, dan bunga melati dari Grasse. Untuk membuat 1,5 kilogram absolute, yakni aromatic oil yang menjadi dasar dari N°5, dibutuhkan sekitar satu ton berbagai bunga tersebut. Tidak salah parfum ini jadi jenis eau de parfum yang sangat terkenal di seluruh dunia sebagai parfum yang tahan lama.

Shop CHANEL No.5 here.

Baca juga: Parfum CHANEL Terbaik untuk Wanita

 

Yves Saint Laurent Libre

Aroma sophisticated untuk jiwa yang bebas. Aroma floral klasik yang berpadu dengan lavender essence Prancis dan orange blossom Moroko membuat parfum ini begitu menawan. Ditambah dengan desain botolnya yang sangat high-fashion, menaruhnya di meja rias atau makeup pouch akan jadi aksesori indah tersendiri.

 

Jo Malone London Lime Basil & Mandarin Cologne

Jo Malone London Lime Basil & Mandarin Cologne

Mungkin tidak banyak yang memperhatikan. Wewangian Jo Malone pada dasarnya memang dibuat unisex. Alasan mengapa merk parfum satu ini sangat terkenal. Our favorite? Lime Basil & Mandarin dengan aroma segarnya yang juga jadi favorit banyak orang.

 

BYREDO Slow Dance

Bisa dipakai pria dan wanita, inilah parfum unisex yang membawa kita kembali ke era bangku sekolah. Aromanya bersifat anak muda dengan top note sweet myrrh yang sensual dan amber yang adiktif. Parfum yang sempurna untuk nostalgia dan membangkitkan lagi semangat muda masa remaja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *