Stop, Jangan Pakai Tisu Pembersih Makeup Lagi! Ini Alasannya

57 Views 0 Comment

Pulang beraktivitas, lelah, ingin segera berbaring. Eits, tapi harus hapus makeup dulu! Makeup cleansing wipes atau tisu pembersih makeup biasanya dijadikan langkah cepat hapus makeup. Tisu pembersih wajah memang praktis dan tidak makan banyak waktu. Namun, sebaiknya tinggalkan pemakaian pembersih wajah ini. Lho, mengapa? Ada bahaya tisu pembersih makeup.

Mungkin terasa sulit meninggalkan tisu penghapus makeup praktis ini dari rutinitas skincare sehari-hari. Bentuknya yang ringkas bahkan travel-friendly. Tapi percayalah, tisu pembersih wajah ternyata tidak baik untuk kulit maupun lingkungan. Baca lebih lanjut untuk alasan yang lebih meyakinkan (terlebih bila peduli pada bumi yang tengah kritis ini).

 

Bahaya Tisu Pembersih Makeup

Bahaya Tisu Pembersih Makeup: Membuat Kulit Iritasi

Pernah terpikir tidak, mengapa tisu pembersih makeup tetap wangi dan basah tanpa kontaminasi bakteri? Yup, itu karena terdapat kandungan pewangi dan pengawet. Seperti yang kita tahu, keduanya adalah bahan kimia yang berbahaya untuk kesehatan kulit dan tubuh. Bahan tersebut, termasuk surfaktan dan emulsifier, bisa meningkatkan risiko inflamasi dan masalah kulit lainnya (jika tidak dilanjuti proses dengan pembersih lainnya).

 

Bahaya Tisu Pembersih Makeup: Membuat Kulit Keriput

Bagian mana yang perlu digosok ekstra saat menghapus makeup? Maskara? Foundation? Ingat, mengusap wajah terlalu keras saat membersihkan dengan tisu makeup remover dapat menggores kulit. Lebih parah, dapat mempercepat munculnya keriput dan hiperpigmentasi, which we don’t want.

 

Bahaya Tisu Pembersih Makeup: Menimbulkan Breakout

Sebuah kesalahan besar jika mengangkat makeup hanya dengan tisu pembersih wajah. Tisu tidak secara keseluruhan menghapus makeup dan kotoran di wajah. Bahkan ia juga meninggalkan sisa bahan kimia di kulit. Sisa makeup dan kotoran yang tertinggal ini bisa menyumbat pori-pori. Sehingga berujung pada breakout dan munculnya jerawat.

 

Bahaya Tisu Pembersih Makeup: Mencemari Lingkungan

Tisu pembersih makeup adalah sekali pakai. Sudah kotor, langsung buang. Bahaya tisu pembersih makeup lainnya. Tisu biasanya terbuat dari poliester, polipropilen, kapas, pulp kayu, atau serat rayon yang mana tidak mudah terurai (butuh 100 tahun untuk menghancurkan satu lembar tisu) dan hanya jadi limbah pencemar lingkungan. Sudah berapa banyak tisu pembersih yang kita buang selama ini?

 

Alternatif Pengganti Tisu Pembersih Makeup

Tisu Pembersih Wajah Ramah Lingkungan

Oke, kita setuju pembersih wajah bentuk tisu memang praktis dan nyaman dibawa kemana saja. Jika urusannya untuk travel, bisa coba face wipes ramah lingkungan alias biodegradable (mudah terurai). Tisu wajah jenis ini terbuat dari bambu. Merk Nudestix punya bamboo face wipes yang eco-friendly. Bisa dijadikan alternatif tisu pembersih makeup biasa yang berbahaya.

 

Micellar Water dan Kapas Berulang Pakai

Pilihan rutinitas menghapus makeup yang cepat yang sama seperti tisu pembersih makeup adalah micellar water. Hanya saja, pakai dengan kapas berulang pakai atau kapas yang terbuat dari bambu. Sehingga lebih ramah lingkungan.

 

Kain Pembersih Makeup

Sekarang banyak produk inovatif untuk hapus makeup. Seperti handuk atau kain penghapus makeup. Ini juga bisa jadi alternatif pilihan yang aman untuk bersihkan wajah. Memang agak merepotkan karena harus rajin mencucinya. Tapi jika sudah terbiasa, bukankah sepadan dengan hasil usaha kita menjaga kulit dan lingkungan?

 

Cleansing Balm/Oil dan Milky Face Wash

Tidak perlu kapas, tisu, atau kain. Cukup cleanser berbentuk balm, oil, gel, atau milky wash untuk menghapus seluruh makeup dan kotoran di wajah. Cleanser seperti ini memang diformulasi untuk “melunturkan” makeup, jadi tak perlu ragu. But, don’t forget to double cleanse!

Next, Double Cleansing: Manfaat, Cara Terbaik, Rekomendasi Produk

Rekomendasi Cleansing Oil dan Micellar Water Terbaik

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Close