cara benar membersihkan wajah

Bagi yang suka pakai makeup, membersihkan wajah dengan metode double cleansing sangatlah penting. Apalagi jika tidak mau muncul jerawat, sebaiknya tidak malas melakukan dua langkah membersihkan wajah ini. Apa itu double cleansing? Bagaimana cara melakukannya? Bagi yang belum familiar dengan metode ini, baca terus untuk mempelajarinya – dan ini sangat mudah.

 

Apa Itu Double Cleansing?

Sesuai namanya, double cleansing merupakan teknik membersihkan wajah dengan dua jenis cleanser yang berbeda. Teknik ini sendiri berasal dari rutinitas skincare Korea. Langkah pertama adalah mengangkat makeup, debu, minyak, dan sunscreen di wajah dengan cleanser berbahan dasar oil. Setelah itu, diikuti dengan langkah kedua, yaitu pakai cleanser berbahan dasar air untuk membersihkan sisa-sisa makeup dan kotoran di wajah. Rasanya hanya menambah 1 menit dari rutinitas membersihkan wajah yang biasanya hanya satu langkah, yang artinya tidak merepotkan.

 

Manfaat Double Cleansing

Menurut Charlotte Cho, founder Soko Glam dan brand skincare Then I Met You, double cleansing efektif mengangkat semua kotoran di wajah dengan cara yang sangat lembut. Selain itu, beberapa manfaat lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Dapat mencerahkan wajah, karena proses eksfoliasi saat membersihkan wajah dapat mengangkat sel kulit mati.
  2. Membantu penyerapan produk skincare (serum dan moisturizer) jadi lebih optimal, karena buat pori-pori kulit lebih bersih.
  3. Memperlambat munculnya kerutan dan keriput. Double cleansing sangat dianjurkan bagi yang setiap hari terpapar polusi dan debu – salah satu penyebab penuaan kulit.
  4. Mencegah munculnya komedo dan jerawat, karena dapat benar-benar mengangkat sebum, kotoran, dan makeup yang dapat menyumbat pori-pori.

 

Cara Benar

Step 1

Pertama, bersihkan wajah dengan cleanser berbasis oil atau micellar water untuk mengangkat makeup, sunscreen, dan kotoran. Pilih oil-based cleanser untuk efek melembapkan. Atau pilih micellar water untuk langkah mudah sekali usap.

Step 2

Setelah makeup dan sebum terangkat, lanjutkan dengan langkah kedua, yaitu cuci muka dengan cleanser dan air. Dengan kata lain, cuci muka dengan face wash untuk membersihkan sisa-sisa kotoran, minyak, dan makeup yang masih menempel di wajah. Bersih sempurna!

 

Waktu Terbaik

Meski tidak pakai makeup setiap hari, dianjurkan tetap melakukan double step cleansing di akhir hari. Tidak pakai makeup pun, ingatlah bahwa polusi dan debu menempel di wajah. Tumpukan polusi di kulit ini dapat memecah kolagen, mengakibatkan munculnya keriput dan sun spot.

Idealnya, cuci muka dilakukan dua kali sehari. Agar tidak over cleansing, double cleansing sebaiknya dilakukan di malam atau akhir hari saja. Jangan lakukan di pagi hari agar kulit tidak kering.

 

Sesuai Jenis Kulit

Pada dasarnya, double cleansing cocok untuk semua jenis kulit, baik itu kulit berminyak, berjerawat, maupun kering. Khusus untuk kulit sensitif, lakukan saja langkah pertama membersihkan wajah, lalu bilas dengan air saja. Meski begitu, yang perlu diperhatikan adalah jenis cleanser yang dipakai. Dermatolog Joshua Zeichner, M.D. menjelaskan jenis kulit menentukan jenis cleanser.

 

Rekomendasi Produk

Langkah Pertama

Bioderma Sensibio H2O – Semua Jenis Kulit
Erborian Black Cleansing Oil – Kulit Berminyak
Tatcha Pure One Step Camellia Oil Cleanser – Kulit Kering dan Sensitif
Clinique Take The Day Off Cleansing Balm – Kulit Kering
DHC Deep Cleansing Oil – Semua Jenis Kulit

Baca juga: Rekomendasi Micellar Water dan Cleansing Oil Terbaik

 

Langkah Kedua

Glossier Milky Jelly Cleanser – Semua Jenis Kulit
Kiehl’s Calendula Deep Clean Foaming Face Wash – Kulit Normal dan Berminyak
Fresh Soy Face Cleanser – Semua Jenis Kulit
Laneige Moist Cream Cleanser – Kulit Kering dan Normal. Shop here
Innisfree Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam – Kulit Berminyak. Shop here

 

Baca juga: Perawatan Kulit Wajah dari Pemilik Skin Dewi

 

Rekomendasi Produk Double Cleansing Lokal

Sensatia Botanicals Rejuvenating Pomegranate Cleansing Oil
Skin Dewi Bamboo Cleansing Oil
The Bath Box 40% Pure Honey Facial Wash
Avoskin Aloe Vera Facial Wash
Elsheskin Deep Cleansing For Oily Skin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *