Suplemen Collagen Powder vs Protein Powder, Pilih Mana?

59 Views 0 Comment

Idealnya, kesehatan tubuh didapat dari luar dan dalam. Dari dalam, bisa dengan bantuan makanan sehat maupun suplemen. Nah, ada dua suplemen kesehatan yang dikatakan esensial, yaitu collagen powder dan protein powder. Dua-duanya baik untuk kesehatan tubuh. Kalau harus pilih salah satu, pilih yang mana?

Menurut ahli, tergantung dari tujuan yang ingin kita dapat. Karena pada dasarnya, collagen powder dan protein powder adalah produk yang berbeda. Kandungan amino acid yang membedakan keduanya. Kolagen memiliki kandungan amino acid yang berbeda dari protein yang mengandung amino acid berbasis nabati dan hewani. Pada dasarnya, kandungan, nutrisi, dan manfaat dari dua produk ini berbeda.

Untuk membantu menentukan apakah collagen powder atau protein powder yang terbaik untukmu, berikut penjelasan manfaat dari masing-masing suplemen ini.

 

Manfaat Collagen Powder

Bagus untuk Kulit, Rambut, dan Kuku

Kulit, rambut, dan kuku terbuat dari protein bernama keratin. Sementara itu, keratin terbuat dari amino acid alanine, leucine, arginine, dan cysteine yang ditemukan pada collagen powder. Beberapa collagen powder biasanya juga mengandung vitamin C yang bantu menguatkan kulit, rambut, dan kuku. Jika ingin kulit, rambut, dan kuku lebih sehat, collagen powder may be a better option for you.

Baca juga: Cara Merawat Kuku Agar Tetap Sehat

 

Menjaga Kesehatan Persendian

Jika gemar olahraga yang banyak menggunakan kekuatan persendian, collagen powder might be worth considering. Menurut sebuah studi, atlet yang mengonsumsi suplemen collagen powder lebih sedikit berisiko sakit di bagian persendiannya. Meski pernyataan ini belum sepenuhnya terbukti, setidaknya collagen powder dapat bantu jaga kekuatan persendian.

 

Menjaga Kesehatan Tulang

Studi menunjukkan wanita yang mengonsumsi collagen powder memiliki sedikit hormon penyebab kerapuhan tulang, juga memiliki kepadatan tulang yang lebih baik. Ya, collagen powder dapat bantu beri asupan amino acid yang berguna untuk memperbaiki tulang.

 

 

Manfaat Protein Powder

Membentuk Otot

Protein powder mengandung protein lengkap, termasuk amino acid berupa leucine, valine, dan isoleucine, yang membantu membentuk otot, bersamaan dengan latihan angkat beban. Ahli gizi mengatakan, konsumsi protein powder harus dibarengi juga dengan olahraga karena dapat meningkatkan kualitas olahraga aerobik dan anaerobik. Jika diminum tanpa olahraga, protein powder tidak dapat meningkatkan kekuatan.

 

Bagus untuk Diet Vegan

Tidak semua protein powder itu vegan, tapi banyak pilihan protein powder yang berbahan dasar nabati untuk para vegan atau vegetarian. Ahli gizi menyarankan lebih baik asupan protein didapat secara langsung dari bahan makanan kaya protein, seperti tahu, edamame, quinoa, dll. Namun, jika kondisi tubuh kekurangan protein, tidak ada salahnya minum protein powder untuk bantu kadar asupan amino acid.

 

Mengenyangkan Perut

Protein powder mengandung kalori dan dapat ditambahkan pada makanan kita untuk bantu penuhi kebutuhan tubuh. Yang perlu digarisbawahi, protein powder tidak boleh dikonsumsi sebagai pengganti makanan. Lebih baik ditambahkan saja pada makanan untuk menjaga perut kenyang lebih lama sehingga menghindarkan kita dari kebiasaan mengemil. Bagus untuk diet.

Baca juga: Ingin Payudara Sehat? Cukupi Dengan Nutrisi Ini!

 

Collagen Powder vs Protein Powder, Pilih Mana?

Pilihlah collagen powder jika ingin fokus pada kecantikan kulit, rambut, dan kuku, serta kesehatan tubuh secara menyeluruh. Sedangkan jika sedang diet vegan, menurunkan berat badan, atau membentuk otot, pilihlah protein powder. Tampaknya sudah cukup jelas suplemen mana yang lebih kamu butuhkan saat ini.

0 Comments

Leave a Comment

Close