Percaya atau tidak, bukan hanya olahraga saja yang bisa membantu agar payudara sehat. Diet yang tepat dan konsumsi nutrisi terbaik juga punya peranan krusial untuk menjaga keindahan dan kesehatannya. Bertepatan di bulan Oktober ini yang merupakan bulannya Breast Cancer Awareness, maka sudah waktunya kamu untuk lebih peduli akan kesehatan payudara.

Trik mengubah gaya hidup atau pola makan memang terdengar nasihat yang sangat klasik. Namun apa yang kamu makan pasti akan tercermin pada setiap bagian tubuhmu, tak terkecuali payudara. Untuk itu, coba perhatikan beberapa poin penting mengenai asupan makanan untuk payudara sehat.

Kombinasi Makanan Seimbang untuk Payudara Sehat

Dr. A. Firmansah Wargahadibrata, Spesialis Gizi Klinis dan Pemerhati Antiaging dari RSIA Limijati Bandung dan Klinik Utama Perisai Husada Bandung mengatakan bahwa payudara sehat perlu didukung oleh konsumsi karbohidrat (seperti nasi atau umbi-umbian), protein yang banyak pada daging, ayam, ikan, telur, kacang-kacangan, tempe, hingga tahu. Dr. Firmansyah juga merekomendasikan asupan sayur, buah, serta rempah (bawang, cabai, jahe, kunyit, ataupun lengkuas) yang banyak mengandung vitamin dan mineral. “Kombinasi makanan yang seimbang ini bisa membantu menjaga kesehatan kulit, kolagen, otot dan lemak pada area payudaramu,” jelasnya.

Selain itu, jangan lupakan peran lemak (pada lauk pauk golongan hewani). Lemak baik, seperti omega fatty acids yang biasa mudah ditemukan pada salmon, kacang-kacangan, hingga biji-bijian juga baik dikonsumsi untuk menjaga elastisitas kulit.

Makanan Payudara Sehat

Perbanyak Sayuran Hijau

Ada baiknya kamu selalu mengonsumsi banyak sayuran hijau yang kaya akan serat sehingga membuat jaringan-jaringan di area payudaramu tetap terjaga kesehatannya. Sayuran hijau juga kaya akan antioksidan, sehingga bisa membantu melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker dan kandungannya yang dapat menunjang payudara sehat. Seperti misalnya, brokoli, pare, bunga kol, selada air, kubis, hingga kol ungu

Beralih ke Organik

Makanan, khususnya sayur dan buah-buahan yang ditanam secara organik tentunya terbebas dari racun-racun yang berbahaya untuk tubuh dan pestisida – yang menjadi pemicu kanker. Biasanya, akan terdapat peningkatan kandungan antioksidan dalam tubuh sebanyak 30% saat kamu mengonsumsi makanan yang organik. Untuk menguatkan pendapat ini, Dr. Firmansyah pun menyebutkan kalau di dalam makanan yang ditanam secara organik itu banyak mengandung vitamin mineral yang baik untuk tubuh. Vitamin mineral inilah yang berfungsi sebagai antioksidan yang memiliki kemampuan melindungi tubuh dari zat-zat yang merusak sel-sel tubuhmu.

Selain melalui sayur dan buah-buahan yang ditanam secara organik, kamu juga bisa menemukan susu, telur dan daging organik, lho. Umumnya, peternakan organik menggunakan metode treatment khusus pada ternak dengan memberikan pakan organik saja, tanpa diberikan suntikkan hormon ataupun antibiotik.

sayuran nutrisi payudara sehatPentingnya Vitamin untuk Payudara Sehat

Apabila kamu belum bisa mendapatkan asupan makanan yang ditanam secara organik, Dr. Firmansyah menyarankan untuk mengonsumsi kapsul vitamin A, vitamin E, vitamin D, vitamin C, vitamin B kompleks, CoQ10, Asam Lipoat, Omega-3 , Zinc, Magnesium, dan Selenium yang juga memiliki kandungan antioksidan tinggi untuk mempertahankan kesehatan tubuhmu, termasuk payudara.

Hindari Makanan yang Diproses

Process food biasanya mengandung terlalu banyak zat-zat yang kurang baik untuk tubuh. “Terlalu banyak tepung, gula, dairy products seperti susu sapi, keju, yogurt, cream sauce, hingga latte, tentunya bisa merusak keseimbangan tubuh. Akibatnya akan membuat kulit kamu terlihat kusam dan kurang elastis. Termasuk kulit di area payudaramu,” jelas Dr. Firmansyah.

Tambahkan Adas Saat Memasak

Selain itu coba mulai memasukan daun adas (fennel) saat kamu memasak makanan. Daun berkadar esterogen rendah ini akan membantu memicu hormon natural di dalam tubuh kamu, sehingga terciptalah keseimbangan hormon yang lebih baik untuk menjadikan payudara terlihat lebih penuh dan kencang. Beberapa masakan menarik yang bisa kamu kreasikan dengan daun ini contohnya sayur daun adas, sambal dabu adas, hingga yang tersimpel mencampur omelette kamu dengan daun ini.

Mulai Konsumsi Superfood

Celebrity nutritionist dan seorang fitness expert dari Los Angeles, Kathy Kaehler mengatakan bahwa superfood seperti raspberry, atau beragam jenis berry lainnya sangat kaya akan antioksidan. Ia bisa membantu menjaga kondisi kulit tubuh—dan kulit di area payudaramu—dengan cara meminimalisir kerusakan sel-sel di dalam tubuh.

Tina Sapra, senior clinical nutritionist & coordinator dari Fortis Memorial Research Institute dan Dr Vandana Mathur, consulting nutritionist di Metropolis Healthcare, Mumbai juga mengatakan bahwa bawang putih itu kaya akan allium yang baik untuk melawan sel kanker. Jadi, selain superfood yang mewah seperti aneka buah berry, kamu juga bisa mendapatkan manfaat serupa dengan mengonsumsi bawang putih. Konsumsi bawang juga disarankan oleh Dr. Firmansyah untuk mendapatkan payudara sehat.

jus superfood

Bagaimana dengan Kafein?

Nah, ini salah satu hal yang masih menjadi pro dan kontra, terutama jika yang dimaksud adalah kopi dalam bentuk biji kopi dan dikonsumsi sebagai kopi hitam (americanoespresso), tanpa dairy products dan tanpa gula. Menurut Dr. Firmansyah, kopi sebenarnya tinggi kandungan antioksidan, dan digunakan untuk pengobatan holistik. “Sebetulnya budaya minum kopi ini yang perlu diperjelas, apakah minum kopi dengan tambahan dairy dan gula seperti pada caffe lattecappuccinomocha latte dan lainnya atau sebatas minum kopi tanpa tambahan lainnya. Karena sebenarnya, kandungan dairy dan atau gula yang terlampau banyaklah yang justru mengganggu kesehatan tubuhmu.”

Dr. Firmansyah juga menambahkan bahwa nutrisi atau makanan yang baik untuk menjaga kesehatan payudara ternyata juga berlaku bagi breast cancer survivor. Yuk, mulai jaga asupan makananmu mulai dari sekarang!

Simak artikel berikut mengenai 5 Olahraga Seru yang Bisa Dilakukan Bersama Pasangan yang dapat menunjang dan membantu agar payudara sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *