Perbedaan Tinted Moisturizer dan Skin Tint, Produk untuk Makeup Natural

70 Views 0 Comment

Di era less-is-more sekarang ini (oh, hai masker!), makeup yang ringan di wajah melibatkan produk hybrid dengan fungsi gabungan skincare dan makeup. Enter: tinted moisturizer dan skin tint. Ada perbedaan antara tinted moisturizer dan skin tint. Dua produk ini sama-sama beri gaya no-makeup makeup look. Meski tampak serupa (kita yang belum tahu umumnya menyangka dua produk ini sama, hanya beda sebutan), tinted moisturizer dan skin tint ternyata produk yang sangat berbeda. Apa perbedaan keduanya? Mari simak penjelasannya menurut para ahli agar saat pilih produk alternatif pengganti foundation nanti kita tahu persis mana yang benar-benar kita perlukan sesuai kebutuhan dan kondisi kulit wajah.

 

Perbedaan Tinted Moisturizer dan Skin Tint

Apa Itu Tinted Moisturizer?

Dilansir dari InStyle, top celebrity makeup artist Joss Hoffman menjelaskan bahwa tinted moisturizer sesuai dengan namanya: moisturizer yang mempunyai tint. Tinted moisturizer meratakan warna wajah dengan coverage sheer hingga medium, juga sekaligus melembapkan dan menghidrasi kulit.

Formula tinted moisturizer juga dibuat sesuai jenis kulit. Sehingga jika kulit kita berminyak, ia sarankan pilih oil-free tinted moisturizer. Kulit berjerawat sebaiknya pakai formula non-comedogenic. Sedangkan kulit kering lebih baik dengan kandungan melembapkan, seperti squalane, hyaluronic acid, dan ceramide. Catatan tambahan: sebuah produk dikatakan tinted moisturizer jika fungsi melembapkannya sesuai dengan syarat FDA dan FTA.

Selain itu, tinted moisturizer hadir dengan ragam hasil akhir, seperti matte, natural, dan radiant. Kebanyakan tinted moisturizer juga sudah dilengkapi SPF sehingga base product ini jadi pilihan ideal untuk makeup sehari-hari di tengah cuaca panas.

 

Rekomendasi Tinted Moisturizer Terbaik

NARS Pure Radiant Tinted Moisturizer SPF 30

Tinted moisturizer dari NARS punya semua yang kita butuhkan. Mari check list satu per satu. Formula terbuat bahan yang melembapkan sekaligus mencerahkan kulit. Hello vitamin C and mineral-rich seawater. Dilengkapi pula dengan SPF 30. Pilihan shade-nya sempurna untuk semua orang. Tidak boleh lupa disebut juga, tekstur serupa gel cream membuatnya mudah diratakan di wajah. Check terakhir: coverage-nya tahan lama.

 

Apa Itu Skin Tint?

Pada dasarnya skin tint lebih ringan dari tinted moisturizer. Teksturnya lebih mengarah ke serum dibanding moisturizer. Coverage-nya lebih sheer dan tidak begitu melembapkan kulit. Joss Hoffman terangkan skin tint less oily sehingga sempurna untuk ciptakan riasan no-makeup. Meski tidak semua, tapi umumnya skin tint mempunyai kandungan yang baik bagi kulit, seperti hyaluronic acid, squalane, niacinamide, dan lain-lain. Umumnya semua jenis kulit bisa pakai skin tint, hanya saja Hoffman tegaskan bagi pemilik kulit berjerawat sebaiknya pilih formula non-comedogenic.

 

Rekomendasi Skin Tint Terbaik

Chanel Les Beiges Water Fresh Tint

Dengan formula yang mengandung 75% air dan tamarind seed extract, skin tint Chanel memberi hidrasi pada kulit dan membuatnya halus seketika. Hadir dalam tekstur gel yang mengandung encapsulated pigment microbeads. Saat diaplikasikan, produk akan langsung memberi warna yang sama dengan kulit. Coverage-nya ringan, bisa di-build hingga medium. Another best part? Produk ini dilengkapi dengan kuas aplikator. Meratakannya di wajah jadi semakin effortless. Dapatkan di butik Chanel Beauty Indonesia.

Baca juga: Lupakan Foundation, Ini Saatnya Pakai Skin Tint yang Ringan di Wajah

 

Pilih Tinted Moisturizer atau Skin Tint?

Hoffman sarankan untuk menyesuaikan dengan tipe kulit dan hasil akhir yang kita inginkan. Jika sedang berjerawat dan ingin menutupinya, pilih tinted moisturizer non-comedogenic. Kulit yang kering bisa pilih tinted moisturizer maupun skin tint dengan kandungan bahan seperti hyaluronic acid atau squalane. Sedangkan kulit berminyak, mau tinted moisturizer atau skin tint, bebas saja asalkan oil-free.

Kesimpulannya, jika ingin tingkat kelembapan ekstra sekaligus coverage yang cukup, pilih tinted moisturizer. Jika ingin tampilan no-makeup makeup dengan sedikit coverage, pilih skin tint tapi pastikan pakai pelembap sebelumnya untuk dapatkan tambahan skincare benefit. Setelah tahu perbedaan tinted moisturizer dan skin tint, mana yang kamu pilih?

0 Comments

Leave a Comment

Close