Kalau ditanya siapa artis cantik Indonesia yang sering sekali tampil dengan gaya rambut sanggul Jawa, salah satunya sudah pasti Dian Sastrowardoyo. Melihat foto-foto Instagramnya, aktris kelahiran 16 Maret 1982 ini memang rutin tampil tradisional dengan kebaya maupun batik, lengkap dengan rambut sanggul Jawa. Tidak sekadar untuk kepentingan photoshoot, tapi juga untuk datang ke acara-acara resmi. Ini membuatnya seperti puteri keraton.

 

Dian Sastrowardoyo dengan Sanggul Klasik Jawa

Jika sedang mencari inspirasi busana tradisional, berikut dengan rambut sanggulnya (and makeup, as well), bisa lihat pada tampilan Jawa Dian Sastrowardoyo. Ia kerap tampil dengan kebaya dan sanggul Jawa klasik. Sanggul Jawa yang dipakainya adalah jenis sanggul Ukel Konde dan sanggul Ukel Tekuk yang berasal dari Solo. Most of the time, sanggulnya dibiarkan polos. Namun, beberapa kali sanggulnya dipermanis dengan tusuk konde.

 

Sanggul Modern

Tidak sebatas sanggul klasik Jawa, pemeran Dewi Api di Jagad Sinema Bumilangit ini juga sering memodifikasi tampilan ayunya dengan sanggul modern. Tidak seperti sanggul Jawa yang harus menempelkan sanggul besar, sanggul modern lebih kepada rambut yang ditata menyerupai sanggul. Volumenya tidak sebesar sanggul Jawa dan bisa dipermanis dengan aksen lain, seperti kepang dan ikal. Sanggul modern ini Dian pakai bersama dengan outfit batik dan baju Kurung. Cantik!

 

Sanggul Jepang

Harus diakui, sebagai orang Jawa, Dian memiliki wajah dengan sarat kecantikan lokal. Tapi ternyata tidak berhenti di situ saja. Paras ayunya tidak hanya terlihat ketika pakai sanggul Jawa maupun sanggul modern, lengkap dengan busana adat, namun juga ketika ia tampil seperti puteri Jepang.

Saat berlibur di Jepang bersama keluarganya, aktris yang sekaligus pengusaha catering, jasa fotografi, dan perhiasan ini tampil dengan kimono. Rambutnya digelung dengan gaya sanggul Jepang modern. Poninya dibuat menyamping, kepang menjadi headband-nya, dan sanggulnya dipermanis dengan aksesori khas wanita Jepang.

 

Melihat gaya rambut sanggul Dian Sastrowardoyo di atas semakin menegaskan kecantikannya sangatlah versatile. Ketika tampil dengan sanggul klasik Jawa, ia tampak bak puteri keraton. Tampil dengan sanggul modern yang dipasangkan baju adat, ia seperti wanita lokal bersahaja. Tampil dengan sanggul Jepang, lengkap dengan kimono, ia terlihat seperti Puteri Kaguya. Cantiknya lintas negara, bisa berubah sesuai busana dan tatanan rambut. Setuju?

Jadikan tampilan Dian Sastrowardoyo dengan sanggul ini sebagai inspirasi gaya formal selanjutnya.

Baca juga: Tren Aksesori 2019 dari Runway Fashion Week

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *