Emulsion, Pelembap Ringan yang Bagus untuk Kulit Berjerawat

2305 Views 0 Comment

Bagi yang masih awam dengan dunia skincare, mungkin belum begitu paham (atau bahkan tidak tahu) dengan emulsion. Dikenal sebagai produk skincare yang sudah jadi satu “paket” pada langkah rutinitas skincare K-Beauty, emulsion adalah moisturizer ringan berbahan dasar air dengan tipikal tekstur yang milky. Pada dasarnya, emulsion berfungsi melembapkan kulit tanpa memberi sensasi berat, lengket, dan berminyak. Itulah salah satu alasan mengapa emulsion adalah pelembap yang sempurna untuk kulit berminyak dan berjerawat.

 

Apa Itu Emulsion?

Dilansir dari Byrdie, dermatolog Dr. David Bank menjelaskan bahwa sebenarnya secara kimia emulsion merupakan campuran produk yang tidak dapat berbaur (seperti minyak dan cuka, misalnya). Nah, untuk membuat emulsion, dibutuhkan emulsifier agar bahan-bahan yang bertolakbelakang dapat dicampur. Beberapa emulsifier yang paling umum kita temukan, antara lain polysorbate 60, cetearyl alcohol, dan glyceryl stearate.

Emulsion memiliki tekstur yang lebih kental dari serum, namun lebih ringan dari cream. Bahan dasarnya yang berupa air tidak menyumbat pori-pori (seperti yang kita tahu, pori yang tersumbat jadi penyebab komedo dan jerawat) dan tidak memberi sensasi berminyak, tapi di saat yang sama sangat melembapkan kulit. Dermatolog pun mengatakan emulsion adalah pilihan produk skincare yang tepat untuk merawat berbagai jenis kulit, terutama kulit berminyak dan berjerawat.

Baca juga: Rutinitas Skincare untuk Kecilkan Pori-pori Wajah, Buat Nyaris Tak Terlihat

 

Manfaat Emulsion

Secara umum, emulsion bermanfaat menghidrasi dan melembapkan kulit. Karena teksturnya yang ringan, emulsion mudah diserap kulit dan menjaga kelembapan kulit dengan memperkuat skin barrier.

Manfaat memakai emulsion antara lain:

  1. Menghidrasi
  2. Non-comedogenic (tidak menyumbat pori-pori)
  3. Mudah diserap kulit
  4. Memperkuat skin barrier
  5. Dapat diformulasi dengan salicylic acid untuk mengatasi jerawat dan hyaluronic acid untuk mengatasi kulit kering

 

Emulsion Dapat Dipakai Semua Jenis Kulit

Apapun jenis kulitnya, baik itu kulit berjerawat, berminyak, kering, dan mature, semua bisa pakai emulsion karena pada dasarnya emulsion berguna memberi hidrasi. Untuk kulit berjerawat dan berminyak, emulsion dapat dipakai sebagai moisturizer. Sementara kulit kering dan mature, emulsion dapat bantu beri hidrasi. Dan karena teksturnya yang ringan, pemakaian emulsion dapat digabung dengan cream untuk kelembapan ekstra.

 

Cara Pakai Emulsion

Ada urutan dalam rutinitas skincare, dan pastikan tidak salah urutan saat memakai emulsion. Umumnya, emulsion dipakai setelah serum untuk mengunci kelembapan. Dengan kata lain, emulsion dipakai sebagai langkah terakhir (jika kulit kita berminyak dan berjerawat). Namun, untuk kulit kering, pakailah emulsion sebelum moisturizer. Jika pakai di pagi hari, jangan lupa sunscreen setelahnya.

Baca juga:

 

Rekomendasi Emulsion

Laneige Essential Balancing Emulsion Light

Cocok untuk kulit berminyak dan kombinasi. Kandungan oil-absorbing powder pada emulsion Laneige ini dapat mengontrol sebum yang berlebih. Sedangkan kandungan hyacinth water dapat menguatkan kulit, menjaga kelembapan kulit dari dalam dan menyegarkan kulit bagian luar. Tipe-nya matte, mudah diserap kulit, dan tidak lengket sama sekali. Temukan produk Laneige di butik Laneige Indonesia di sini.

Baca juga: 10 Produk Skincare Laneige yang Paling Dipuja Banyak Wanita

 

Cetaphil Daily Hydrating Lotion

Sedangkan untuk kulit kering dan kombinasi, lotion Cetaphil yang ringan dan oil-free dapat memberi hidrasi instan. Apalagi lotion ini juga diperkaya dengan hyaluronic acid yang mampu menahan hidrasi pada kulit 1000 kali lebih kuat. Bagi yang kulit sensitif, ini adalah lotion yang tepat karena tidak ada kandungan pewangi di dalamnya.

 

Avène Tolérance Extrême Emulsion

Satu lagi emulsion untuk kulit sensitif. Diperkaya dengan thermal spring water dan glycerine, moisturizer ringan ini sangat mudah diserap kulit yang bermasalah dengan dehidrasi dan kekeringan. Tidak ada kandungan pewangi dan paraben sehingga aman untuk kulit berminyak, normal, dan sensitif. Dengan hanya memiliki 6 komposisi bahan, emulsion Avène ini adalah produk skincare yang clean.

0 Comments

Leave a Comment

Close