Jika bibir bisa senantiasa lembap, kenapa harus kering? Bibir kering dan pecah-pecah tidak perlu kita alami jika kita mampu mencegah dua masalah itu datang. Satu yang perlu kita tahu, kulit bibir tidak memiliki kelenjar minyak yang membuatnya lebih mudah kering. Satu-satunya cara agar bibir tidak kering adalah menjaga kondisinya agar tetap lembap dan tidak melakukan kesalahan saat pakai skincare. Dilansir dari Evening Standard, dermatolog Dr Emma Wedgeworth memberikan cara mencegah bibir kering dan pecah-pecah. Mari simak.

 

Tidak Menjilat Bibir

Normalnya, ketika bibir kering, kita tergoda untuk menjilatnya agar basah. Padahal, cara seperti ini justru semakin buat bibir kering. Perlu kita ketahui, air liur mengandung enzim dan alkalin, sedangkan bibir bersifat acidic. Alkalin pada air liur yang bertemu dengan asamnya bibir dapat mengiritasi bibir, penyebab utama mengapa bibir jadi kering. So, avoid lip licking.

 

Hindari Area Bibir Saat Pakai Bahan Skincare Aktif

Berhati-hatilah saat pakai produk skincare berbahan aktif, seperti retinol dan acid (glycolic acid dan salicylic acid). Pastikan hindari area bibir karena kandungan tersebut buat kulit bibir kering. Disarankan pakai lip balm dulu sebelum pakai skincare agar bibir memiliki perlindungan jika terkena bahan skincare aktif.

 

Rutin Pakai Lip Balm

Kita semua tahu lip balm adalah kunci utama atasi bibir kering pecah-pecah. Namun, seberapa sering pakainya juga menentukan efektivitasnya. Pakailah lip balm secara rutin dalam sehari, baik itu sebelum tidur, sebelum pakai lipstik, atau kapanpun bibir merasa kering. Kandungan shea butter, glycerine, dan lanolin akan lembapkan bibir secara instan. Inilah cara terbaik mencegah bibir kering dan pecah-pecah.

Baca juga: 5 Rekomendasi Lip Balm Berwarna untuk Bibir Merah Lembab Alami

 

Hati-hati Pilih Lip Product

Produk makeup bibir umumnya dapat menyebabkan reaksi alergi. Nickel pada kemasan metal dan pewarna pada bibir adalah penyebabnya. Formula lipstik juga bisa mengeringkan bibir. Jadi, kalau punya bibir sensitif, ada baiknya lebih berhati-hati memilih lip product. Cari yang mengandung hyaluronic acid dan castor oil untuk bantu lembapkan dan rawat bibir. Coba pakai lip gloss rekomendasi Beautified di bawah ini. Salah satunya Chanel Rouge Coco Gloss Moisturizing Glossimer.

 

10 Lip Gloss Bening Terbaik untuk Efek Glossy Pada Matte Lipstick

Rekomendasi 5 Lip Gloss Terbaik untuk Bibir Lembap dan Sehat