Dermatolog Beri Cara Atasi Breakout Karena Quarantine

210 Views 0 Comment

Jika merasa selama self-quarantine justru kulit wajah jadi kusam, kasar, dan bahkan breakout jerawat, here we are, you have landed on the right page. Beautified sendiri, juga para skincare addicts di forum Reddit, mengalami hal yang sama. Selama quarantine, self-isolation, dan work from home, kondisi kulit jadi tidak prima. Padahal, #stayhome membuat kita tidak banyak terpapar sinar matahari dan polusi – penyebab utama kerusakan kulit. Selama di rumah pun jadi lebih fokus merawat wajah. Mengapa justru breakout?

Dilansir dari Refinery29, dermatolog Katie Belezney, MD dari Universitas British Columbia menuturkan rutinitas yang tidak normal, dengan tidak makan dan olahraga seperti biasanya, cukup memengaruhi kondisi kulit. Faktor kekacauan mental, fisik, dan perubahan lingkungan pun patut dipermasalahkan. Namun, tidak menutup kemungkinan juga faktor hormon – yang bukan bagian dari situasi quarantine – berperan buat kulit stress.

Untuk bantu mengidentifikasi dan cara atasi breakout selama quarantine, berikut penjelasan dan tips dari para ahli yang sebaiknya dicatat supaya kondisi kulit kembali membaik.

 

Cara Atasi Breakout

Jerawat itu normal, orang dewasa mengalaminya. Namun, jika jerawat tiba-tiba muncul selama quarantine, mungkin harus evaluasi lagi rutinitas skincare kita – apakah terlalu sering cuci muka? Stress hadapi kendala yang diakibatkan pandemi COVID-19 bisa juga jadi penyebab. Apalagi jika cara atasi stress tersebut dengan makan, terutama makanan berupa karbohidrat tinggi gula dan produk susu, jangan heran jerawat makin banyak muncul. Harus tahu cara atasi breakout seperti ini.

Untuk cara atasi breakout, khususnya untuk jenis kulit berminyak dan acne-prone skin, dermatolog sarankan cukup cuci muka dua kali sehari dengan face wash yang mengandung salicylic acid dan tidak menyumbat pori-pori. Ikuti dengan pemakaian hydrating cream yang mengandung hyaluronic acid. Khusus di bagian yang berjerawat, oleskan spot treatment agar jerawat cepat kering. Juga yang perlu dicatat: be mindful of touching your face.

Baca juga: Rekomendasi Cream Pelembab Hyaluronic Acid Terbaik

 

Cara Atasi Kulit Kusam

Tidak banyak keluar rumah, tidak terkena angin alam, terus-terusan berada di ruangan dengan temperatur sejuk cenderung dingin (hi, AC!) bagaimanapun buat kulit kering dan berakhir pada penumpukan sel kulit mati. Cara terbaik dan konvensional untuk atasi masalah kulit kusam menurut dermatolog adalah pakai chemical atau physical exfoliant guna angkat kulit mati.

Karena ini masa dimana kita lebih banyak di rumah, jadikan ini sebagai kesempatan untuk lebih intens pakai produk skincare berbahan aktif, seperti retinol, vitamin C, dan AHA – kandungan yang tidak bekerja ketika terpapar sinar matahari. Dan tidak ada salahnya juga lakukan treatment seperti dermarolling karena kita punya banyak waktu untuk lalui downtime (kulit iritasi kemerahan). Cara atasi breakout di waktu yang sangat tepat.

Baca juga: 10 Rekomendasi Produk Skincare dengan Kandungan AHA

Manfaat Serum Vitamin C dan Cara Terbaik Menggunakannya

Bakuchiol, Natural Skin Care Pengganti Retinol untuk Anti-Aging

0 Comments

Leave a Comment

Close