Bolehkah Vitamin C dan Niacinamide Dipakai Bersama?

122 Views 0 Comment

Rutinitas skincare sekarang ini melibatkan sedikit science. Mengingat produk skincare mengandung berbagai bahan aktif. Kita perlu tahu kandungan skincare apa saja yang boleh dan tidak boleh dipakai bersama. Bicara soal kombinasi bahan aktif, bagaimana dengan vitamin C dan niacinamide? Apakah dua kandungan skincare paling populer ini boleh dipakai bersama? Mari cari jawabannya dari penjelasan dermatolog Joyce Imahiyerobo-Ip, MD, FAAD, seperti yang dilansir dari WhoWhatWear.

 

Manfaat Vitamin C dan Niacinamide untuk Kulit

Yang pertama perlu kita tahu, vitamin C dan niacinamide merupakan kandungan skincare berupa vitamin. Untuk yang belum tahu, niacinamide dikenal juga dengan nama vitamin B3. Dua vitamin ini pada dasarnya memiliki manfaat yang kurang lebih sama, yaitu memperbaiki kondisi kulit, mencerahkan, dan mengurangi hiperpigmentasi. Namun, mereka juga punya perbedaan yang jika digabungkan justru meningkatkan manfaatnya untuk kulit.

Sebagai antioksidan, vitamin C mampu menangkal radikal bebas penyebab penuaan. Ia juga dapat melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV. Lengkap dengan kemampuannya meningkatkan produksi kolagen dan elastin yang menjaga kulit tetap kencang dan kenyal. Manfaat lain vitamin C lainnya termasuk memudarkan noda hitam bekas jerawat akibat hiperpigmentasi, meratakan tekstur kulit yang tidak rata, mencerahkan kulit, dan mengurangi penampakan garis halus, keriput, dan kerutan. Manfaat yang sangat lengkap!

Sementara itu, niacinamide bekerja memperkuat sistem skin barrier dengan menjaga kulit selalu lembap. Manfaatnya antara lain mengecilkan pori-pori, meratakan warna kulit, mencerahkan kulit, dan menyingkirkan garis halus. Selain itu, niacinamide punya fungsi anti-inflamasi sehingga mampu meredakan kulit iritasi. Nah, yang sama dengan vitamin C adalah fungsinya meningkatkan produksi kolagen dan mengatasi hiperpigmentasi. Boleh dibilang niacinamide adalah kandungan skincare versatile yang mudah beradaptasi dengan kandungan lainnya.

 

Bolehkah Vitamin C dan Niacinamide Dipakai Bersama?

Dermatolog Joyce Imahiyerobo-Ip, MD, FAAD mengatakan: boleh. Vitamin C dan niacinamide memiliki manfaat serupa, tapi bekerja dengan mekanisme berbeda. Sehingga menggabungkan dua bahan aktif ini dalam satu rutinitas skincare menghasilkan manfaat berlipat. Jadi, sekarang tidak perlu ragu lagi pakai dua kandungan ini secara bersamaan. Yang penting, kita tahu cara terbaik memakainya.

 

Cara Pakai Skincare Vitamin C dan Niacinamide Bersamaan

Imahiyerobo-Ip merekomendasikan pemakaian vitamin C dan niacinamide dengan cara layering, ketimbang mencampurkan keduanya dalam satu formula produk. Ini karena vitamin C merupakan molekul yang tidak stabil. Nah, saat layering skincare, pastikan dahulukan tekstur ringan (seperti serum), lalu lanjutkan tekstur yang lebih kental (seperti moisturizer). Pakai dua bahan ini dengan format layering serum juga sangat diizinkan.

Baca juga: Cara Layering Serum yang Berbeda untuk Manfaat Optimal

 

Rekomendasi Produk Skincare dengan Kandungan Vitamin C

Skinceuticals C E Ferulic

Dalam satu botol serum favorit selebriti Hollywood ini terdapat 15% vitamin C (L-ascorbic acid), 2% phloretin, and 0.5% ferulic acid. Paduan vitamin C dan E pada serum ini bermanfaat mengurangi kerutan, memudarkan noda hitam, dan menjaga kulit dari stress.

 

Sunday Riley C.E.O. 15 Vitamin C Brightening Serum

Serum vitamin C dari merk terpercaya ini sekaligus bermanfaat mengurangi penampakan pori-pori, menghasilkan tampilan wajah lebih mulus. Kandungan glycolic acid pada formulanya pun membantu eksfoliasi kulit untuk wajah yang jauh lebih halus.

 

Klairs Freshly Juiced Vitamin C Serum

Serum Korea ini memiliki konsentrasi vitamin C 5% yang terbilang ringan, bahkan untuk kulit sensitif sekalipun. Seperti serum vitamin C kebanyakan, serum ini juga mampu meratakan warna kulit, mengecilkan pori-pori, menghilangkan flek hitam bekas jerawat, dan mencerahkan wajah.

 

Skin Dewi Helichrysum Brightening Vitamin C Treatment

Ini adalah serum vitamin C lokal yang masuk kategori best-seller. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi, serum ini mampu mengatasi hiperpigmentasi. Serum brand lokal high-end ini juga bantu meremajakan kulit, cocok untuk wanita usia 30-an yang mulai fokus pada treatment anti-aging.

 

Rekomendasi Produk Skincare dengan Kandungan Niacinamide

The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

We always know the Niacinamide 10% + Zinc 1% is the hero for breakout. Serum dengan kandungan vitamin yang tinggi ini punya segala manfaat yang kita perlukan: mengontrol produksi sebum, mengurangi ukuran pori-pori, menghilangkan noda hitam akibat jerawat, dan mencerahkan wajah.

 

CeraVe Facial Moisturizing Lotion PM

Yang memiliki masalah kulit eksim, pastikan memasukkan moisturizer ini pada rutinitas skincare. Pelembap ini dapat mengunci kelembapan, menghidrasi kulit, dan memperbaiki skin barrier. Salah satu produk skincare yang bagus untuk menjaga kulit lembap lebih lama.

 

Avoskin Your Skin Bae Niacinamide 12% + Centella Asiatica Serum

Sesuai namanya, serum lokal ini mengandung niacinamide 12%. Jumlah yang cukup tinggi untuk memastikan serum bekerja menyingkirkan noda hitam dan kerutan. Ditambah centella asiatica, kita tahu ini serum yang bagus juga untuk atasi jerawat.

 

Somethinc Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum

Satu lagi serum lokal terpopuler when it comes to niacinamide. Keunggulannya adalah terdapat dua varian berupa niacinamide 5% dan 10% yang bisa dipilih sesuai toleransi kulit. Formulanya juga ditambahkan ekstrak kunyit untuk fungsi mencerahkan.

0 Comments

Leave a Comment

Close