Beauty 101: Kandungan Skincare Vitamin F dan Manfaatnya untuk Kulit

504 Views 0 Comment

Satu lagi bahan kandungan skincare yang banyak diperbincangkan: vitamin F. Meski dari namanya tampak “bersahabat” dengan vitamin C atau vitamin E, faktanya vitamin F bukanlah dari keluarga vitamin. Vitamin F adalah lemak. F di sini merupakan singkatan dari fat. Menarik, bukan? Jadi, Vitamin F sebenarnya adalah kombinasi dari dua asam lemak esensial. Lalu, apa manfaatnya untuk kulit? Mari bahas lebih dalam tentang kandungan skincare vitamin F dan cara terbaik memakainya pada rutinitas skincare kita sehari-hari.

 

Apa Itu Vitamin F?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, vitamin F adalah kombinasi dua asam lemak esensial, yaitu linoleic acid (Omega-6 EFA) dan alpha-linolenic acid (Omega-3 EFA). Banyak produk skincare menggunakan kandungan ini, namun melabelinya dengan nama linoleic acid, seperti dilansir dari Byrdie. Vitamin F biasanya bersumber pada bahan makanan, seperti almond, chia seed, hemp seed, dan kuning telur. Beberapa minyak esensial juga mengandung vitamin F, sebut saja rosehip, chia, dan argan.

 

Manfaat Vitamin F untuk Kulit

Dipakai secara topikal (dioles ke kulit), vitamin F sangatlah bermanfaat untuk semua jenis kulit. Ini manfaat vitamin F untuk kulit:

  1. Mempertahankan kelembapan kulit. Merupakan asam lemak esensial omega-6, vitamin F akan berubah menjadi ceramide saat dipakai ke kulit. Ceramide inilah yang akan mempertahankan kelembapan kulit sehingga dapat menjaga kekuatan skin barrier.
  2. Mengurangi inflamasi. Kulit yang mengalami inflamasi dan iritasi, seperti dermatitis dan psoriasis, dapat diatasi dengan vitamin F karena jenis lemak ini mampu mengurangi inflamasi pada kulit.
  3. Melindungi kulit. Semua paparan berdampak negatif, seperti sinar UV, polusi, dan infeksi dapat dilawan oleh vitamin F karena ia bekerja sebagai pelindung.
  4. Mengatasi jerawat. Studi pernah membuktikan bahwa mengoleskan linoleic acid secara topikal dapat mengurangi jerawat pada acne-prone skin.
  5. Cocok dipakai semua jenis kulit dan tidak menimbulkan efek apapun ketika dipakai bersama bahan aktif skincare lainnya.

Baca juga:

 

Produk Skincare dengan Kandungan Vitamin F

Vitamin F dapat ditemukan pada hampir semua jenis produk skincare, mulai dari face oil hingga cream. Berikut beberapa produk skincare yang memiliki kandungan vitamin F.

The Ordinary Ascorbyl Tetraisopalmitate Solution 20% in Vitamin F

Selain vitamin F, serum The Ordinary ini juga dilengkapi dengan vitamin C dengan kadar potensial untuk mencerahkan dan bekerja sebagai antioksidan.

 

Biossance Squalane + Omega Repair Cream

Untuk kulit yang rusak dan bermasalah, andalkan saja cream pelembap Biossance ini. Teksturnya kental kaya akan fatty acid si vitamin F. Juga ada squalane yang memang bagus untuk melembapkan kulit.

Baca juga: Manfaat dan Cara Pakai Squalane Oil

 

Drunk Elephant F-Balm™ Electrolyte Waterfacial Mask

Vitamin F juga bisa ditemukan pada masker wajah, seperti masker Drunk Elephant ini. Vitamin F di sini tak hanya melembapkan, tapi juga memberi efek dingin dan menenangkan untuk atasi kulit kemerahan.

 

Murad Multi-Vitamin Infusion Oil

Face oil Murad ini memiliki enam jenis vitamin untuk kurangi penampakan keriput. Vitamin-vitamin tersebut pun digabung pula dengan vitamin F untuk menjaga kelembapan kulit agar tetap kenyal dan kencang.

 

Paula’s Choice Omega+ Complex Moisturiser

Cream Paula’s Choice yang bertekstur selembut awan ini mengandung omega 3,6, dan 9 yang efektif meningkatkan kekuatan skin barrier. Ekstrak jambu biji dan markisa bantu efek menenangkan pada kulit.

Selain dipakai secara topikal untuk kulit, vitamin F juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh ketika dikonsumsi. Manfaat vitamin F untuk tubuh, antara lain mengurangi inflamasi, mengontrol gula dalam tubuh, dan membantu menjaga kesehatan mental. Jadi, perbanyaklah makan bahan makanan yang mengandung vitamin F, seperti kuning telur, kacang almond, chia seed, biji bunga matahari, dan minyak zaitun. Jangan lupa perbanyak konsumsi vitamin F dan pakai produk skincare vitamin F secara rutin untuk kulit sehat sepanjang masa.

0 Comments

Leave a Comment

Close