4 Rekomendasi Produk Skincare untuk Atasi Milia, Bintik Kecil di Wajah

238 Views 0 Comment

Bintik di wajah tak selalu berupa komedo dan jerawat. Ada pula yang namanya milia. Biasanya terlihat di pipi, hidung, dan sekitar mata. Bukan masalah serius sebenarnya. Bahkan semua usia bisa mengalaminya, mulai dari bayi hingga dewasa. Hanya saja, bintik-bintik kecil ini membuat tekstur wajah tidak rata dan mengganggu penampilan. Bisa diatasi dengan skincare untuk milia.

Berdasarkan penjelasan dermatolog, milia merupakan tonjolan kecil di permukaan kulit dimana sel kulit mati terjebak di dalamnya. Berbeda dari komedo dan jerawat, milia sekadar โ€œkantongโ€ yang terbentuk dari keratin (protein di lapisan terluar kulit). Ada dua penyebab utama, yaitu pemakaian krim berat atau produk formula keras. Bisa pula karena kerusakan akibat sinar matahari.

Jadi, memang tidak ada gunanya memencet bintik wajah bernama milia itu. Karena tidak akan muncul apa-apa. Lalu, bagaimana cara menghilangkannya? Untuk perawatan di rumah, andalkan eksfoliasi dan retinol. Juga tidak boleh lupa sunscreen untuk hindari dampak buruk sinar UV. Berikut rekomendasi produk skincare untuk milia.

 

Cara Mengatasi Milia di Wajah dengan Produk Skincare untuk Milia

Eksfoliasi

Karena milia merupakan sel kulit mati yang terperangkap, mengikis kulit mati perlu dilakukan. Lakukan eksfoliasi ringan memakai produk AHA/BHA. Rekomendasi skincare untuk milia, produk eksfoliasi yang bagus adalah Pixi Glow Tonic. Produk paling laris ini mengandung 5% AHA yang aman dipakai setiap hari. Apalagi ada kandungan Aloe Leaf Juice dan Witch Hazel Leaf Extract yang menenangkan dan melembapkan kulit, sehingga cocok pula untuk kulit sensitif.

 

Retinol

Bahan aktif satu ini berguna mempercepat regenerasi kulit. Dengan kata lain, lebih sedikit sel kulit mati, maka terbentuknya milia pun semakin dapat diminimalisir. Untuk pemula, cobalah produk retinol dari The Ordinary. Bisa pula pakai retinoid untuk jerawat, seperti La Roche-Posay Effaclar Adapalene Gel 0.1% Topical Retinoid For Acne. Skincare ini bisa dipakai sebagai pencegahan sekaligus perawatan untuk menghaluskan keratin yang terperangkap pada milia.

 

Pelembap Bertekstur Ringan

Salah satu penyebab terbentuknya milia adalah penggunaan krim berat. Jadi, pilihlah pelembap dengan tekstur dan formula ringan, seperti Drunk Elephant B-Hydra Intensive Hydration Serum with Hyaluronic Acid. Serum yang melembapkan dari kandungan pineapple ceramide dan sodium hyaluronate ini akan memberi cairan pada kulit. Menjaganya tetap lembap, namun tidak berlebihan.

 

Sunscreen

Milia juga bisa disebabkan oleh kerusakan akibat paparan sinar matahari. Sudah paham kan mengapa sangat perlu pakai sunscreen setiap hari? Untuk pilihan sunscreen ramah lingkungan, coba Supergoop Zincscreen 100% Mineral Lotion SPF 40. Sunscreen dengan formula mineral lotion ini terbuat dari 13% zinc oxide. Dapat melawan sinar UV sekaligus mencegah hiperpigmentasi yang disebabkan sinar matahari.

0 Comments

Leave a Comment

Close