Dengan munculnya beragam produk kecantikan yang tak hanya memberikan kualitas dan hasil yang terbaik, beberapa perusahaan kecantikan kini memiliki filosofi mulia dalam inovasi produk-produknya, yaitu meluncurkan vegan beauty products.

Perusahaan kecantikan yang memproduksi vegan beauty products ini tetap menjaga kelestarian lingkungan dan tidak menyakiti binatang dalam menghasilkan produk-produk terbaiknya tersebut. Tren produk vegan ini banyak digemari karena mengandung bahan-bahan yang tak hanya berkualitas tinggi, namun juga bebas dari kandungan hewani. Seperti apa sih vegan beauty itu? Beautified akan merangkumnya untukmu!

Produk vegan makeup yang wajib kamu coba

Apa sih vegan beauty itu?

Tahukah kamu, bahwa kandungan vegan beauty itu tidak semuanya terbuat dari bahan-bahan natural dan organik? Walaupun pada umumnya produk vegan itu menggunakan bahan dasar yang terbuat dari tumbuhan, tetapi ada juga yang memakai bahan alternatif pengganti bahan-bahan sintetis maupun kimia yang tidak terbuat sari pati hewani.

Yang perlu ditekankan disini adalah, produk vegan sama sekali tidak mengandung unsur hewani, dan dalam setiap produknya tidak akan menggunakan binatang dalam uji coba laboratorium untuk memastikan keampuhannya. Jika dalam kesehariannya kamu juga tidak mengkonsumsi produk hewani, sudah sebaiknya ketika membeli produk kecantikan vegan, untuk tetap melihat label dalam kemasan untuk memastikan apakah produk tersebut mengandung elemen hewani ataupun tidak.

Kamu juga bisa melihat website resmi PETA (People for the Ethical Treatment of Animals) organisasi non profit international yang melindungi hak-hak binatang. Di link ini https://features.peta.org/cruelty-free-company-search/index.aspx ,  kamu bisa mencari brand yang bersertifikat Cruelty Free dan Vegan.

Unsur hewani apa saja yang harus kamu hindari ketika memilih produk vegan makeup

  • Beeswax atau Cera Alba yang didapat dari sarang lebah ini biasa digunakan untuk bahan pengental untuk foundationlip balm, maupun lipstik.
  • Amino acid yang terbuat dari sari pati hewani.
  • Carmine atau pewarna merah yang digunakan untuk lipstik dan blush ini terbuat dari tumbukan serangga cochineal yang sudah dikeringkan. Kolagen yang diambil dari lemak dan sumsum binatang untuk ekstrak pelembap yang biasa digunakan dalam skincaredan makeup.
  • Guanine yang digunakan sebagai pewarna dengan efek shimmer ini diambil dari sisik ikan untuk membuat blusheyeshadow dan juga nail polish.
  • Madu atau Apis mellifera yang digunakan sebagai pelembap dan anti oksidan.
  • Keratin untuk rambut dan kulit ini terbuat dari kalsium yang terdapat pada kuku, tulang, tanduk, rambut, dan sisik binatang.
  • Lactic acid yang biasa digunakan untuk mencerahkan wajah ini terbuat dari jaringan hewan.
  • Lanolin atau cholesterinisopropyl lanolate yang biasa digunakan untuk produk perawatan rambut dan kulit karena kandungannya yang sangat melembapkan ini diambil dari ekstrak bulu domba.

Baca Juga: Batas Kadaluarsa Kosmetik Yang Perlu Kamu Tahu

Brand kecantikan yang termasuk vegan

Brand-brand berikut ini menciptakan line khusus untuk vegan beauty berupa skincare dan makeup yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas terbaik dengan hasil yang maksimal:

View this post on Instagram

 

A post shared by Illamasqua (@illamasqua) on

 

    • Cover FX: produk makeup 100% vegan ini memiliki kandungan yang sangat aman baik untuk kulit sensitif sekalipun. Membeli produk Cover FX, kamu pun terbebas dari rasa bersalah karena tidak menggunakan produk yang mengandung zat hewani dan aman dari animal testing. Produk yang wajib dicoba: Cover FX Custom Enhancer Drops.
    • Illamasqua: Brand dengan filosofi “ respecting the world we live within”. Produk makeup yang 100% vegan ini juga memiliki makeup brush terbuat dari rambut sintetis tanpa menggunakan rambut binatang. Brand ini mendukung gerakan animal rights international, PETA. Produk yang wajib dicoba: Illamasqua Hydra Veil Primer
    • Kat Von D Beauty: Sebagai seorang vegan dan aktivis pencinta binatang, Kat Von D berkomitmen untuk menciptakan produk kecantikan yang seluruhnya bebas dari produk hewani dan tidak akan di uji coba pada binatang. Dalam produknya Kat Von D tidak menggunakan beeswax ataupun Carmine (pewarna merah dari kumbang). Produk yang wajib dicoba: Kat Von D Beauty Everlasting Liquid Lipstick
    • Lime Crime: Lini makeup yang dipastikan tidak melakukan uji coba pada binatang ini juga 100% vegan. Produknya juga telah disertifikasi oleh PETA dan The Leaping Bunny Program bebas dari test lab penyiksaan terhadap binatang. Produk yang wajib dicoba: Lime Crime Venus XL 2 Eyeshadow Palette
    • Elemis: Produk yang terbuat dari bahan dasar tumbuhan ini 100% vegan. Dalam setiap produknya kamu tidak akan menemukan kandungan hewani seperti lanolin, squalenegelatinuric acidcarmine dan keratin. Produk yang wajib dicoba: Elemis Pro Collagen Marine Cream SPF 30
    • Pai: Diciptakan oleh Sarah Brown in 2007 untuk kulit sensitifnya, produk perawatan kulitnya ini Tidak mengandung bahan dasar kimia. Hanya terbuat dari bahan-bahan natural dan organik serta 100% vegan. Produk ini sangat ampuh diserap dengan baik untuk kulit sensitif manapun. Telah mendapatkan sertifikasi dari The Soil Association, Vegan Society, dan The Leaping Bunny. Produk yang wajib dicoba: Pai Rosehip Bioregenerate Oil
    • Odacite: Semua produk perawatan kulit yang ekslusif dan mewah dari Perancis ini adalah 100% vegan. Odacite hanya menggunakan produk yang bebas dari toksin dan terbuat dari bahan-bahan natural dan organik. Produk yang wajib dicoba: Odacite Ac+R Youthful Glow
    • Herbivore: Produk perawatan kulit yang berbasis di Seattle ini menciptakan produk ekslusif yang 100% vegan. Diciptakan dengan menggunakan bahan dasar berkualitas tinggi, natural, dan beberapa kandungannya terbuat dari bahan yang bersertifikasi organik. Produk yang wajib dicoba: Herbivore Blue Tansy Resurfacing Clarity Mask.

Image cover: Illamasqua

Baca Juga: Rekomendasi Produk Makeup Untuk Kulit Berminyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *