Batas Kadaluarsa Kosmetik

Tahukah kamu batas kadaluarsa kosmetik yang kamu miliki berbeda-beda? Kamu perlu tahu bahwa beberapa produk kecantikan tertentu memiliki umur yang cukup pendek karena alasan higienis dan juga formulanya yang gampang teroksidasi dan mudah berubah tekstur dan aromanya bila lewat dari 6 bulan pemakaian. Bila kamu memiliki kulit yang cenderung sensitif, kamupun juga harus waspada dengan masa berlakunya produk kecantikan yang kamu gunakan. Apalagi bila produk tersebut juga kamu pakai untuk bekerja (misalnya kamu berprofesi sebagai model ataupun makeup artist), tentu produk yang kamu gunakan harus selalu aman untuk dipakai. Berikut info seputar batas kadaluarsa kosmetik kesayanganmu.

Batas Kadaluarsa Kosmetik: Pembersih wajah

Rata-rata, pembersih wajah itu dapat digunakan hingga 1 tahun semenjak kemasan dibuka. Namun bila aroma berubah menjadi asam atau tidak sedap serta tekstur dari produk tersebut juga berubah, sebaiknya produk itu jangan lagi kamu gunakan. Biasanya pembersih dari krim itu lebih cepat kadaluarsa dibandingkan dengan pembersih wajah yang terbuat dari foam ataupun oil.

Batas Kadaluarsa Kosmetik: Moisturizer

Batas Kadaluarsa Kosmetik: Moisturizer

Pelembap yang baik umumnya memiliki jangka waktu pemakaian hingga 1 tahun lamanya. Itupun juga tergantung dari bagaimana kamu menggunakan produk tersebut. Ada creamwajah yang kemasannya tidak higienis, yang mengharuskan kamu mengoleskan krim langsung dengan menggunakan jemarimu. Pastikan ketika mengambil krim, kamu menggunakan spatula agar isi pelembap tidak terkontaminasi oleh jemarimu. Dengan begitu, waktu penggunaan serta  konsistensi dari formula pelembapmu dapat terjaga, apalagi jika kamu menggunakan produk berbasis organik. Cara lain adalah kamu bisa memilih produk dengan kemasan pump dan juga menyimpannya di tempat yang sejuk dan tak terkena sinar matahari.

Batas Kadaluarsa Kosmetik: Serum

Batas Kadaluarsa Kosmetik: Serum

Kandungannya tetap baik digunakan hingga 1 tahun setelah kemasan dibuka. Namun untuk serum yang mengandung vitamin C, keampuhannya akan berkurang dengan berjalannya waktu. Tetapi rata-rata karena serum dikemas dalam kemasan pump, isinya akan terlindung lebih aman, higienis dan tahan lama.

Batas Kadaluarsa Kosmetik: Sunscreen

Batas Kadaluarsa Kosmetik: Sunscreen

Umumnya tabir surya memiliki umur yang cukup panjang, yakni 2 tahun setelah kemasan dibuka dan ketahanannya pun tergantung dari kualitas bahan-bahannya, serta bagaimana kamu menyimpan produk tersebut. Jika botol sering terekspos panas matahari, formula dan konsistensi dari tabir surya pun lama-lama akan berubah. Hentikan gunakan sunscreen bila aromanya berubah menjadi asam atau tidak sedap.

Batas Kadaluarsa Kosmetik: Concealer & Foundation

Kamu dapat menggunakan foundation yang sama sampai 1 tahun lamanya. Namun jika kamu memiliki tipe cream foundation yang mengharuskanmu untuk mengambilnya dengan menggunakan jemari atau sponge ke dalam kemasannya, maka produk tersebut hanya baik digunakan hingga 6 bulan saja. Mengapa? Produk tersebut lebih gampang terkontaminasi bakteri dari sponge yang terkena jerawat. Agar lebih awet, gunakan spatula bersih untuk mengambil foundationSay bye bye pada foundation-mu jika sebelum setahun, aromanya sudah tidak sedap ataupun berubah teksturnya.

Batas Kadaluarsa Kosmetik: Powder

Untuk loose powder dan compact powder, masa penggunaanya bisa mencapai 18 bulan hingga 2 tahun lamanya. Namun untuk compact powder – karena pemakaiannya itu langsung terkena kuas ataupun sponge – jika lapisan atasnya sudah mengeras akibat tercampur akses minyak dari wajah yang tertransfer dari sponge, sebaiknya produk tersebut tidak lagi digunakan karena bisa terkontaminasi bakteri. Perhatikan juga bila aromanya sudah tidak fresh lagi.

Batas Kadaluarsa Kosmetik: Blush

Jika kamu memakai blush yang berbentuk powder, dengan pemakaian brush yang bersih, kamu bisa menggunakan produk ini hingga 2 sampai 3 tahun lamanya. Pastikan permukaan dari blush ini tidak mengeras dan tidal berbau. Untuk blush yang terbuat dari stick atau krim biasanya tidak lebih dari 2 tahunkarena cenderung lebih cepat mengering.

Batas Kadaluarsa Kosmetik: Mascara

Batas Kadaluarsa Kosmetik: Mascara

Jika kamu menggunakan mascara setiap harinya, maka kamu tetap bisa menggunakan mascara tersebut antara 3 bulan sampai 6 bulan lamanya. Mengapa umurnya sangat singkat? Karena aplikator mascara itu menyentuh langsung bulu-bulu matamu dan mudah sekali terkena bakteri maupun virus. Jika produk mulai berbau dan teksturnya sudah menggumpal, sebaiknya jangan kamu gunakan lagi. Disarankan untuk tidak sharing mascara untuk alasan higienis. Jika kamu berprofesi sebagai makeup artist, lebih baik kamu sediakan aplikator mascara sekali pakai.

Batas Kadaluarsa Kosmetik: Eyeshadow

Produk ini termasuk awet digunakan bertahun-tahun bila kamu menggunakannya dengen aplikator eyeshadow yang terjaga kebersihannya. Jika kamu langsung menggunakan jemari ketika mengoleskannya ke kelopak mata, maka minyak akan mudah tertransfer ke dalam eyeshadow dan konsistensi serta warnanya pun akan mudah teroksidasi. Oleh karena itu, eyeshadow akan lebih awet hingga bertahun-tahun itu tergantung dari tingkat kebersihan brush atau sponge eyeshadow-mu.

Batas Kadaluarsa Kosmetik: Eyeliner

Jika kamu menggunakan liquid eyeliner yang formulanya serupa seperti mascara maka jangka waktu pemakaiannya itu hanya sampai 6 bulan lamanya karena kuas tersebut menempel langsung pada kulit mata. Untuk pencil eyeliner, pemakaiannya lebih awet karena tidak mudah terkontaminasi bakteri. Pencil eyeliner akan semakin awet jika kamu rajin membersihkan ujung pensil dengan kapas yang telah ditetesi alkohol.

Batas Kadaluarsa Kosmetik: Lipstik

Untuk kamu yang menggunakan lipstik atau lipgloss setiap harinya, perlu kamu ketahui bahwa lipstik tersebut bisa kamu gunakan hingga 18 bulan lamanya. Walaupun lipstik banyak yang mengandung pengawet seperti parabens, essential oil atau vitamin, formulanya akan berubah setelah pemakaian dalam setahun. Jika aromanya tidak lagi sedap, sebaiknya urungkan niat untuk memakainya lagi.

Baca juga: Produk Natural Skin Care Terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *