Kalau kamu ingin mengatasi permasalahan pada kulit wajah dengan cara yang lebih ‘clean’, kamu bisa mengurangi penggunaan produk dengan bahan-bahan sintetis. Beberapa produk natural skin care terbaik yang lebih alami dan natural berikut bisa jadi pilihan. Hasil akhirnya pada kulit juga tidak kalah optimal dengan produk yang mengandung bahan-bahan sintetis, kok!

THE ORDINARY Alpha Arbutin 2%+HA

Biasanya untuk mengatasi bintik hitam pada wajah, beberapa produk menggunakan formula hydroquinone. Namun saat ini banyak produk skincare yang menggunakan alpha-arbutin, azelaic acid, mandelic acid, licorice roots, mulberry bark, atau kojic acid di dalamnya. Walau deretan ingredients tersebut terdengar seperti produk yang banyak komponen kimianya, tapi semuanya diperoleh dengan cara yang natural. Bahan-bahan tersebut juga ampuh untuk bantu mengatasi bintik hitam serta warna kulit yang tidak merata. Contohnya alpha-arbutin diperoleh dari tanaman bearberry yang memiliki sebuah enzim bernama tyrosinase.

Enzim  tyrosinase tersebut dibutuhkan untuk pembentukkan formasi melanin. The Ordinary Alpha Arbutin 2%+HA ini merupakan salah satu produk yang mengandung alpha-arbutin sebanyak 2%. Umumnya di produk kecantikan hanya menggunakan alpha-arbutin 1%. Produk ini mampu membantu mencerahkan wajah sekaligus memperlambat munculnya bintik hitam pada wajah jika diaplikasikan secara rutin pada pagi dan malam hari. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan kombinasi Hyaluronic Acid yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit kamu sepanjang hari, lho.

THE ORDINARY Alpha Arbutin Nautal Skincare

KLEI & CLAY Bye Acne! Facial Oil

Masalah kulit memiliki alternatif penyembuhan yang berbeda-beda, terutama bagi kamu yang ingin beralih ke produk yang lebih natural. Coba deh lirik produk yang mengandung sulfur, willow bark atau plant oil seperti tea tree di dalamnya. Walaupun tea tree dan sulfur punya aroma yang cukup menyengat, tapi keduanya punya kemampuan yang amat baik untuk membantu mengatasi kemerahan pada jerawat.

Selain itu formula tersebut dapat membantu mengeringkan jerawat dengan baik. Plant oils ini juga bahkan bisa membantu menyeimbangkan kadar sebum pada kulit dan membuat jerawat-jerawat lebih cepat kempes. Khasiat inilah yang ‘dijagokan’ oleh Klei & Clay Bye Acne! Facial Oil.  Facial oil ini mengandungan grapeseed oil dengan sifat non-comedogenic sangat rendah, serta kaya akan tea tree oil sebagai anti-inflamatori dan antibakteri. Karena kandungan tersebut, produk ini diklaim ampuh untuk atasi jerawat membandel.

KLEI & CLAY Bye Acne Natural Skincare

SENSATIA BOTANICA Wild Honey Day Barrier Cream

Banyak perempuan gemar menggunakan produk dengan kandungan mineral oil atau paraffin untuk mengatasi kulit wajah yang kering. Untuk opsi yang lebih natural, coba pilih produk berbahan dasar nut oils. Minyak alami yang memiliki kemampuan untuk membantu menghidrasi kulit ini juga ternyata sangat terkenal untuk menciptakan complexion yang cantik buat kulit kamu.

Kaya akan fatty acid, omega, vitamin dan antioksidan di dalamnya, membuat nut oils dapat mempertahankan kelembapan kulit kamu, sekaligus menutrisinya. Lirik deh Sensatia Botanicals Wild Honey Day Barrier Cream yang mengombinasikan shea butter hingga madu alami untuk bantu melindungi kulit dari kerusakan, menguatkan skin barrier, dan melembapkannya dengan maksimal.

SENSATIA BOTANICA Wild Natural Skincare

PAVETTIA Acne Clarifying Facial Toner

Salah satu cara untuk mengembalikan keindahan tekstur kulit wajah adalah dengan aplikasi produk yang punya kemampuan eksfoliasi, atau mengangkat sel kulit mati. Kalau kamu mau meninggalkan produk yang mengandung Alpha Hydroxy Acid atau Beta Hydroxy Acid, maka fruit extracts adalah opsi paling pas.

Selain cocok untuk digunakan bagi kulit sensitif sekalipun, fruit extract juga memiliki kemampuan eksfoliasi yang tak kalah hebat dengan AHA ataupun BHA. Cara kerjanya pun lebih lembut tanpa membuat kulit jadi mudah teriritasi. Pavettia Acne Clarifying Facial Toner yang mengandung mangosteen peel extract di dalamnya bisa jadi opsi yang pas untuk bantu angkat sel kulit mati. Apalagi kalau kamu punya kulit berminyak serta acne prone.

 

BIOSSANCE Squalane + Phyto Retinol Serum

Ini adalah salah satu produk yang lagi hits di kalangan beauty enthusiast. Serum yang ringan saat diaplikasikan pada wajah ini mengandung bakuchiol, atau versi natural dari retinol. Kamu pasti tahu kan, kalau retinol adalah salah satu bahan yang digunakan untuk membantu mengeliminasi tanda-tanda penuaan pada wajah? Untuk mencari versi naturalnya, kamu sekarang bisa mendapatkannya pada bakuchiol (dibaca: ba-koo-chee-al).

Ekstrak herbal dari China ini bekerja dengan cara meningkatkan produksi kolagen sehingga menjadikan kulit terasa lebih lembut. Selain itu, bakuchiol juga bekerja sebagai antioksidan, yang bisa membantu mencerahkan dan melindungi kulit kamu dari agresi eksternal. Jadi, kemampuan serum ini untuk bantu mereduksi kerutan pada wajah dan membantu mengencangkan kulit. Inilah yang membuat Biossance Squalane + Phyto Retinol Serum jadi item yang tengah dicari banyak penggemar skincare terbaik.

SENSATIA BOTANICA Wild Natural Skincare

 

Nah, apa sekarang kamu sudah mantap untuk perlahan-lahan mengganti rangkaian natural skincare terbaik kamu dengan yang lebih natural? Produk mana nih yang ingin kamu coba lebih dulu?

Baca juga : Manfaat Toner untuk Wajah & Kulit Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *