Manfaat Toner untuk Wajah & Kulit Kamu

179 Views 1 Comment
Manfaat Toner untuk Wajah

manfaat toner pada wajah

Membersihkan wajah dengan rutin adalah kunci utama kulit sehat. Ada berbagai tips dan ragam cara perawatan wajah yang beredar saat ini. Namun, banyak ahli kulit yang menyarankan untuk melakukan perawatan pembersihan wajah dengan cleanser, facial foam, ataupun facial oil. Apapun jenis pembersih yang kamu pilih, sebaiknya kamu perlu menuntaskan perawatan harian tersebut dengan toner.

Sayangnya, tak jarang penggunaan toner diabaikan karena dinilai tidak begitu terasa khasiatnya. Padahal, cairan pada toner penting untuk menyegarkan ini punya banyak manfaat yang diperlukan kulit wajah. Berikut ini manfaat toner untuk wajah yang perlu kamu ketahui saat melakukan perawatan harian.

1. Merelakskan Kulit Wajah

“Kandungan dan ekstrak tumbuh-tumbuhan pada toner bersifat mendinginkan sekaligus membantu menenangkan kulit. Pemakaian teratur akan membantu menyegarkan sekaligus mengecilkan pori kulit, terutama pada area pipi, ujar Juliana Yu MD.H. Cosmetologist.

2. Membuat Kulit Jadi Lebih Lembab

Toner memiliki humectants yang berguna untuk menangkap air di udara dan ‘mengikat’ kelembapan pada lapisan teratas kulit. Kondisi ini menciptakan lapisan pelindung tambahan pada kulit. Dengan demikian, kulit pun terasa lebih lembap. Kulit akan siap menerima nutrisi dari serum dan pelembap yang diaplikasikan secara lebih maksimal

3. Pembersih Pori

Toner penting untuk melindungi lapisan kulit. Ketika cleanser, facial foam, dan cleansing oil sudah menyelesaikan tugasnya, namun kotoran atau sebum yang membandel masih saja melekat pada kulit, dapat dibersihkan secara lebih mendalam dengan bantuan toner.

Pada saat yang sama, toner akan bekerja mengencangkan kembali ruang pada sel kulit setelah proses pembersihan. Dengan demikian, proses ini membantu mengurangi kontaminan dari lingkungan sekitar, sekaligus mengurangi klorin pada air keran yang tembus ke dalam kulit.

“Yang paling penting saat memilih toner adalah pastikan toner yang kamu gunakan tidak mengandung alkohol. Kandungan ini akan memicu kulit menjadi mudah kering dan sensitif,” tegas Juliana. Setelah membersihkan wajah, upayakan untuk langsung mengaplikasikan toner. Jangan menunggu kulit wajah benar-benar kering, lebih dari dua menit. Partikel air yang masih melekat pada kulit setelah membersihkan wajah dapat membantu ‘mengunci’ kandungan toner dan produk perawatan kulit.

4. Memulihkan Keseimbangan pH Lebih Cepat

Tahukah kamu bahwa kulit wajah memiliki kandungan asam dengan tingkat keseimbangan pH antara 5 – 6? “Setelah membersihkan wajah, keseimbangan pH pada kulit akan terganggu. Apalagi jika kamu menggunakan pembersih wajah yang mengandung alkalin seperti facial wash,” imbuh Juliana.

Kulit akan cenderung ‘menumpukkan’ minyak secara berlebihan dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyeimbangkan kembali pH-nya. Manfaat toner untuk wajah setelah membersihkan kulit dapat membantu menyeimbangkan pH kulit secara lebih cepat. Sehingga, kamu pun dapat langsung mengaplikasikan produk perawatan wajah selanjutnya.

5. Membersihkan Wajah Lebih Maksimal

Penggunaan riasan wajah dan tabir surya (terutama SPF50) memerlukan pembersih wajah jenis cleansing milk. Kamu membutuhkan pembersih yang lebih teliti untuk mengangkat kosmetik ataupun tabir surya yang melekat pada wajah. Tidak cukup dengan hanya menggunakan facial foam. Proses pembersihan kotoran dan make up yang tidak tuntas akan memicu masalah baru pada kulit, seperti flek ataupun jerawat.

Baca juga : 5 Produk Natural Skincare Terbaik untuk Kulit Wajah

Kamu dapat menggunakan toner dengan dua cara. Cara pertama, tuangkan toner langsung pada telapak tangan lalu tepuk perlahan pada kulit wajah. Ini bertujuan untuk membantu menyegarkan kulit. Cara kedua adalah dengan membasahkan kapas bersih dengan toner. Kemudian, tepuk ringan kapas tersebut pada kulit wajah, sebisa mungkin hindari lakukan gerakan menggosok ya. Cara ini akan membantu mengangkat semua kotoran dan make up yang tidak terangkat pada kulit wajah. Jika kamu masih mendapatkan noda kecokelatan pada kapas, ulangi cara ini sekali lagi. Tutup dengan mengaplikasikan kembali toner dengan menuangkannya pada telapak tangan. Lalu aplikasikan pada seluruh wajah sambil ditepuk ringan.

Jadi, cukup banyak kan, manfaat toner untuk wajah? Yuk, tuntaskan perawatan pembersih wajah dengan toner.

Ini Pilihan Kami

Di pasaran ada banyak produk toner yang ditawarkan. Agar kamu tidak bingung, berikut adalah 8 pilihan produk yang layak kamu coba:

VIVA, Facial Toner

Selain mudah ditemukan di berbagai tempat, produk ini terasa ringan dan nyaman ini diformulasikan untuk jenis kulit berminyak. Saking memiliki bentuk yang ringkas, toner ini cocok untuk dibawa traveling.

VIVA, Facial Toner wajah

WARDAH, Lightening Toner

Selain menuntaskan proses pembersihkan kulit, toner ini pun membantu mencerahkan warna kulit. Cocok untuk jenis kulit kombinasi dan berminyak.

WARDAH, Lightening Toner wajah

MUSTIKA RATU, Penyegar Sari Jeruk Nipis

Ekstrak jeruk nipis yang ada di dalamnya membantu menjaga kondisi kulit berminyak cenderung berjerawat.

MUSTIKA RATU, Penyegar Sari Jeruk Nipis Toner

KIEHL’S, Ultra Facial Toner

Pemilik kulit sensitif, dapat mengandalkan toner ini.Formula non-alkoholnya dapat dengan lembut menghilangkan sisa kotoran dan residu namun tetap menghidrasi serta menenangkan kulit kamu. Tuang pada telapak tangan dan aplikasikan langsung di seluruh wajah.

KIEHL'S, Ultra Facial Toner Wajah

LANCOME, Tonique Douceur Face Toner

Kamu akan merasakan sensasi dingin saat toner diaplikasikan pada kulit wajah. Kulit pun terasa halus, lebih lembap dan segar. Produk ini cocok untuk semua jenis kulit.

LANCOME, Tonique Douceur Face Toner

THE BODY SHOP, Cucumber Toner

Pemilik kulit sensitif wajib mencoba toner ini. Mentimun mampu membantu meningkatkan hidrasi dan menenangkan kulit. Aroma lembut mentimun semakin membuatmu relaks.

THE BODY SHOP, Cucumber Toner

LA MER, The Tonic

Tak hanya krim wajahnya saja yang fenomenal, brand andalan Kim Kardashian ini memang mampu membantu kulit terasa sangat lembap. Cocok untuk segala jenis kulit.

THE BODY SHOP, Cucumber Toner

CHANEL, Silky Soothing Toner Comfort

Produk favorit January Jones ini memiliki kandungan anti-polusi dan bebas alkohol. Kabar baiknya, serum ini cocok untuk segala jenis kulit.

CHANEL, Silky Soothing Toner wajah

Baca juga: Tips Mengatasi Breakout pada Wajah

1 Comments
  • seoktavian

    Reply

    sangat membantu sekli admin artikelnya, makasih telah berbagi ilmu

Leave a Comment

Close