Perawatan Wajah untuk Wanita Usia 20

Perawatan wajah setiap individu berbeda, tergantung dari usia dan kondisi kulit. Untuk membedakan perawatan wajah wanita usia 20-an, 30-an, dan 40-an ke atas, dermatolog Barbara Sturm, MD yang lini skincare-nya jadi obsesi di Hollywood memberikan penjelasan detailnya. Terkenal dengan produk-produk yang diformulasi dengan teknik non-surgical/invasive skincare rejuvenation, Sturm adalah ratunya perawatan kecantikan. Sebaiknya pasang telinga untuk dapatkan informasi berharga dari sang ahli yang Beautified lansir dari Who What Wear.

 

Rutinitas Skincare Usia 20-an

Kebutuhan paling utama ketika kita di usia ini adalah hidrasi dan kelembapan ekstra. Itulah mengapa serum dan cream dengan formula super moisturizing sangat diperlukan. All you need is a lot of hydration and moisture.

Sturm menyarankan melakukan eksfoliasi dua kali seminggu untuk mengangkat kulit mati yang buat wajah kusam dan jadi penyebab utama pori tersumbat, komedo, dan bahkan jerawat (masalah umum wanita usia 20-an). Setelah eksfoliasi, lanjutkan dengan moisturizer atau face cream untuk kulit lembap maksimal. Sebagai tambahan, lakukan cleansing facial sebulan sekali di klinik kecantikan langganan.

 

Rutinitas Skincare Usia 30-an

Skincare untuk perawatan wajah

Jika usiamu sudah berkepala tiga, pada dasarnya perawatan wajah yang dibutuhkan tidak jauh beda dengan usia 20-an. Hanya saja, tambahkan pakai masker wajah dua kali seminggu, hyaluronic serum di pagi hari, dan serum anti-aging di malam hari, plus eye cream.

Treatment kecantikan yang bisa dilakukan adalah facial microdermabrasion dan micro-needling masing-masing dua bulan sekali. Namun, sebaiknya hindari treatment yang bersifat agresif, seperti laser, acid, dan peeling.

Rutinitas Skincare Usia 40-an dan 50-an

Buah perawatan wajah

Yang kita perlukan di usia ini sejatinya melanjutkan rutinitas skincare di usia sebelumnya. Dalam perawatan wajah yang perlu ditambahkan adalah asupan bernutrisi. Perbanyak makanan atau suplemen yang berguna menangkal efek buruk polusi (penyebab tanda penuaan), seperti makanan yang kaya akan vitamin A, C, E, dan omega-3. Masukkan pula makanan yang bantu beri kualitas tidur baik, karena tidur adalah waktu utama peremajaan kulit. Makanan seperti ini termasuk kacang almond, teh chamomile, kiwi, dan salmon/tuna. Healthy foods for healthy young-looking skin. 

Untuk treatment, lakukan facial microdermabrasion dan micro-needling masing-masing sebulan sekali. Masih sama, hindari perlakuan agresif yang melibatkan laser, acid, dan peeling.

BACA JUGA: TIDAK SAMPAI 2 MENIT, INI CARA TERBAIK APLIKASI PRODUK SKINCARE

Tips rutinitas skincare yang dibagikan Sturm memang minimalis (remember, less is more). Namun, karena merupakan langkah skincare paling dasar, sangat mudah diaplikasikan. Tidak ada alasan tidak mengikuti sarannya.

Jika ada tambahan produk skincare dengan kandungan aktif yang ditujukan untuk permasalahan kulit tertentu, tidak salah juga. Pastikan produk tersebut cocok dengan jenis dan kebutuhan kulit. Jangan lupa diskusikan dahulu dengan dokter kulit (bisa juga teman atau saudara yang memang punya pengalaman dengan produk tertentu) untuk menemukan produk yang tepat.

Photo: Instagram/@maddie_elaine_beauty @idewcare @kateclementine_beauty

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *