Inilah Manfaat Vitamin D untuk Kulit pada Produk Skincare

124 Views 0 Comment

Vitamin yang umum kita temui pada produk skincare adalah A, B, C, dan E. Tapi ternyata vitamin D (ya, yang kita kenal pada suplemen untuk kesehatan tulang dan vitamin yang terkandung pada sinar matahari) juga memiliki manfaat untuk kulit sehingga sekarang banyak dipakai sebagai bahan kandungan skincare. Dilansir dari Refinery29, Dr Marko Lens menyebutkan bahwa vitamin D memiliki manfaat serupa vitamin C, yakni bekerja sebagai antioksidan untuk melindungi dan mencerahkan kulit kusam agar terlihat lebih bercahaya. Dengan kata lain, vitamin D adalah kandungan skincare lain yang berfungsi melawan tanda penuaan. We know you, you must be interested to try this buzzy ingredient.

 

Manfaat Vitamin D untuk Kulit pada Produk Skincare

  • Meningkatkan sistem kekebalan kulit
  • Memperkuat skin barrier
  • Mencegah hilangnya kelembapan pada kulit agar kulit tidak kering
  • Melindungi kulit dari dampak buruk lingkungan, seperti polusi dan sinar UV
  • Meningkatkan kekuatan kulit untuk memperbaiki diri
  • Meratakan tekstur dan warna kulit
  • Memiliki fungsi anti-bakteri untuk mencegah kemunculan jerawat
  • Bekerja sebagai anti-inflamasi

 

Perbedaan Vitamin D pada Suplemen dan Skincare

Mungkin kita agak bingung dengan perbedaan vitamin D pada suplemen (yang masuk ke tubuh) dan skincare (pemakaian luar). Apakah sama? Dr Lens menerangkan vitamin D yang masuk ke tubuh berupa suplemen atau bahan makanan seperti ikan dan susu bermanfaat untuk kesehatan tulang dan kulit. Sementara vitamin D pada skincare yang kita pakai pada kulit memiliki manfaat anti-inflamasi, antioksidan, dan anti-bakteri.

Bisa disimpulkan, vitamin D yang dibutuhkan tubuh tidak bisa kita temukan pada skincare vitamin D. Jadi, jika ternyata tubuh kekurangan vitamin D, lebih banyak sering-sering berjemur di bawah sinar matahari pagi (selama 15 โ€“ 20 menit) untuk dapatkan vitamin D.

 

Cara Pakai Produk Skincare dengan Kandungan Vitamin D

Jika belum tahu, sekarang ini vitamin D jadi bahan kandungan skincare yang semakin populer. Banyak brand memasukkan kandungan ini dalam bentuk serum hingga moisturizer. Apalagi vitamin D berupa lipid, sehingga mudah diserap kulit. Keunggulan lain vitamin D adalah mudah dipakai untuk pagi dan malam hari. Tidak seperti vitamin C dan retinol yang sensitif terhadap sinar matahari.

Tapi perlu dicatat. Meski vitamin D dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang menyebabkan garis halus dan sun spot, bukan berarti kita bisa melupakan sunscreen. Sangat disarankan selalu pakai sunscreen setiap hari saat keluar rumah, meski mendung sekalipun. Noted.

 

Produk Skincare yang Mengandung Vitamin D

Herbivore EMERALD Deep Moisture Glow Oil

Oil Herbivore ini memiliki tinggi kandungan vitamin D yang bersumber dari jamur shiitake. Fungsinya membantu kulit melindungi diri dari dampak buruk lingkungan. Cocok untuk kulit stress dan lelah, terutama jika setiap hari banyak berhadapan dengan polusi.

 

Drunk Elephant D-Bronzi Anti-Pollution Sunshine Drops

Hidup di kota besar memang perlu perlindungan ekstra dari vitamin D, seperti yang ada pada serum Drunk Elephant ini. Terdapat formula chronopeptide yang bekerja seperti antioksidan pada vitamin D untuk melindungi kulit dari polusi. Kandungan ekstrak cocoa juga membuat serum ini memberi efek kulit bercahaya.

 

Murad Multi-Vitamin Infusion Oil

Tidak cukup hanya dengan satu vitamin pada produk skincare? Donโ€™t worry, oil dari Murad ini mengandung vitamin lengkap: A, B, C, D, E, dan bahkan hingga F (belum familiar dengan vitamin F, klik di sini untuk simak ulasannya). Lengkap! Semua manfaat vitamin ada pada satu botol skincare, yang pasti manfaatnya pun berlipat ganda.

 

Mario Badescu A-D-E Neck Cream

Ingat, penuaan juga bisa dilihat dari leher, jadi jangan abaikan pemakaian skincare di leher. Antioksidan dari vitamin D yang dipadu dengan kandungan hyaluronic acid pada krim leher Mario Badescu akan melindungi kulit leher dari polusi dan membuatnya tetap lembap. Suka pakai baju dengan garis leher terbuka? Pastikan pakai neck cream.

0 Comments

Leave a Comment

Close