Inilah Manfaat Pakai Hair Bonnet untuk Rambut Saat Tidur

90 Views 0 Comment

Selain keramas pakai shampoo dan conditioner, juga perawatan masker rambut dan lain-lain, kesehatan rambut juga ditentukan dari saat kita tidur. Bagaimana bisa? Cobalah perhatikan, saat tidur hair oil yang kita pakai sebelumnya menempel di bantal. Belum lagi rambut kusut akibat gesekan dengan bantal. Itulah alasan pentingnya pakai hair bonnet saat tidur. Manfaat hair bonnet saat tidur sangatlah bagus untuk mempertahankan kesehatan dan kondisi rambut.

Hair bonnet adalah penutup kepala (serupa shower cap atau turban) yang sudah tidak asing bagi kita yang gemar menonton film era dulu โ€“ yang memang ditampilkan sebagai penutup kepala saat tidur. Biasanya hair bonnet hadir dalam material silk atau satin lembut. Seperti yang kita tahu, silk atau satin adalah bahan yang sangat dianjurkan sebagai sarung bantal karena dapat mengurangi gesekan dengan rambut maupun kulit wajah selama 8 jam tidur. Nah, jika bantal silk atau satin is way too much (karena licin), pakai hair bonnet bisa jadi alternatif. Apalagi hair bonnet cocok dipakai jenis rambut apapun.

 

Manfaat Pakai Hair Bonnet Saat Tidur

Membantu Memanjangkan Rambut

Jika sedang berupaya memanjangkan rambut, manfaat hair bonnet dapat membantu mengurangi kerusakan rambut akibat gesekan bantal. Dengan begini, rambut pun jadi lebih mudah tumbuh lebih panjang.

Mencegah Rambut Bercabang

Gesekan antara rambut dan bantal bisa membuat rambut bercabang, terlebih bila rambut sudah dalam kondisi rusak akibat pewarnaan atau heat tools. Silk hair bonnet yang dipakai saat tidur tidak akan membiarkan rambut bercabang terbentuk.

Mengunci Aplikasi Hair Oil

Bagi yang melakukan perawatan berupa pakai hair oil (seperti argan oil) sebelum tidur, manfaat hair bonnet adalah membantu minyak di rambut tidak menempel di bantal. Dengan kata lain, hair oil dapat bekerja lebih optimal selama kita tidur.

Melindungi Gaya Rambut Supaya Tidak Berantakan

Nah, ini manfaat hair bonnet yang tidak kalah penting. Letโ€™s say, tatanan rambut sepulang dari salon ingin dipertahankan hingga esok. Pakai saja hair bonnet untuk melindungi gaya rambut tersebut. Bisa juga untuk melindungi gaya rambut untuk special occasion seperti pesta atau prom. Jadi, gaya rambut yang bagus tersebut tidak perlu rusak saat kita tidur.

Mempertahankan Kelembapan Rambut

Semakin tua usia kita, semakin kering rambut kita. Selain pakai conditioner dan masker rambut, cara yang bisa kita lakukan untuk mempertahankan kelembapan rambut adalah pakai hair bonnet saat tidur. Gesekan rambut dan bantal buat rambut kehilangan kelembapan, dengan pakai hair bonnet maka kelembapan akan terus terjaga.

 

Hair Bonnet untuk Setiap Jenis Rambut

Ada banyak pilihan hair bonnet di pasaran dengan model, desain, dan bentuk yang berbeda. Pastikan memilih manfaat hair bonnet yang pas untuk jenis rambut. Jika punya rambut panjang, pakai hair extension, atau kepang rambut, pakailah hair bonnet dengan bentuk panjang menjuntai ke bawah. Sedangkan untuk rambut keriting dan bervolume, sangat disarankan pakai ukuran extra large agar rambut dapat muat masuk ke dalam bonnet seluruhnya.

Yang perlu diingat, hair bonnet perlu sering dicuci jika ingin pakai setiap hari. Jangan sampai manfaat hair bonnet menjaga rambut justru jadi sarang bakteri yang buat rambut rusak. Jadi, lebih baik siapkan beberapa buah sehingga bisa dipakai bergantian saat bonnet yang lain sedang dicuci.

Next, Cara Atasi Rambut Berminyak Jika Tak Ingin Keramas Tiap Hari

0 Comments

Leave a Comment

Close