Highlighter adalah salah satu produk makeup yang terbilang wajib jika kita penggemar glowing look. Pertanyaannya, bagaimana cara pakai highlighter yang tepat untuk dapatkan kesan bercahaya yang pas? Pertanyaan selanjutnya, lebih suka highlight yang natural atau bersinar selayaknya disco ball?

Well, ada dua look yang bisa kita pilih when it comes to applying highlighter: natural dan blinding alias super mengkilat. Lebih suka yang mana? Pakai versi natural untuk sehari-hari atau tampil dengan kilau yang menyilaukan untuk kesempatan spesial, simak dulu bagaimana cara pakai highlighter terbaik melalui tiga langkah super simple ini.

 

Langkah 1: Pilih Formula Highlighter

Ada banyak jenis highlighter di pasaran, dengan berbagai tekstur, warna, dan intensitas shimmer-nya. Namun, yang pertama harus kita lakukan adalah memilih formula dan tekstur yang sesuai dengan tampilan highlight yang kita inginkan.

  • Creamy highlighter, cocok untuk kulit kering, baik dipakai sebelum foundation.
  • Powder highlighter, bagus untuk kulit berminyak, aplikasinya di langkah akhir makeup.
  • Liquid highlighter, bisa dipakai untuk kulit kering dan berminyak, sebaiknya dipakai sebelum foundation atau dicampur dengan foundation untuk wajah glowing yang cantik.

 

Rekomendasi highlighter untuk semua warna kulit

Cream Highlighter – RMS Beauty Living Luminizer

Semua orang menyukai cream highlighter ini dengan alasan efek kilaunya sangat signifikan, namun aplikasinya begitu ringan dan halus. Formulanya sheer, tidak lengket, dan mudah diratakan. Apalagi RMS Beauty adalah merk kecantikan cruelty-free dan natural (tidak ada bahan kimia berbahaya). Win!

 

Powder Highlighter – Fenty Beauty Killawatt Freestyle Highlighter

Urusan warna highlighter yang cocok untuk semua warna kulit, baik itu warm dan cool undertone, putih dan gelap, juaranya dari Fenty Beauty. Dalam satu highlighter terdapat dua shade dengan intensitas shimmer yang mengagumkan. Ingin kilau natural atau blinding, bisa disesuaikan dengan cara kita mengaplikasikannya.

Baca juga: 5 Produk Fenty Beauty Terbaik Wajib Punya

 

Liquid Highlighter – Benefit Cosmetics High Beam Liquid Highlighter

Warna pink satin dengan efek kilau rose gold yang cantik pada highlighter Benefit Cosmetics akan memberi instant glow pada wajah. Apalagi terdapat aplikator yang mudah untuk mengaplikasikan produknya. The rest of that? Cukup ratakan dengan beauty sponge atau campur dengan foundation dan concealer for subtle glow. Bisa dipakai sebelum atau setelah base makeup.

 

Hybrid Highlighter – BECCA Shimmering Skin Perfector Pressed

Highlighter dari BECCA sangat unik, yakni formulanya merupakan pertemuan antara cream dan powder, menghasilkan tekstur powder yang buttery, ringan, dan tidak cakey. Shimmer-nya memberi efek mencerahkan dan dapat dijadikan highlight untuk eyeshadow gelap.

 

Langkah 2: Pilih Alat untuk Aplikasi Highlighter

Memilih aplikator highlighter harus berlandas pada faktor: formula highlighter, kilau yang diinginkan, dan di bagian mana kita ingin mengaplikasikan highlighter.

  • Creamy dan liquid highlighter paling baik diaplikasikan dengan jari karena hangat dari jari bantu produk jadi lebih mudah diratakan.
  • Powder highlighter bisa diaplikasikan dengan kuas dan sponge. Untuk hasil natural, aplikasikan dengan kuas tipis seperti fan brush. Untuk hasil yang lebih bersinar, pakai kuas yang lebih tebal dan padat, seperti stippling brush. Nah, untuk efek seperti disco ball, aplikasikan dengan beauty sponge yang sudah dibasahi. Sedangkan untuk aplikasi di area sempit seperti bibir, hidung, dan mata, gunakan kuas kecil seperti pencil brush agar aplikasinya lebih presisi.

Langkah 3: Aplikasikan di Area Highlight Wajah

Fungsi highlighter adalah menonjolkan bagian tertinggi wajah, yakni di atas tulang pipi, di tulang alis, di atas cupid’s bow, dan hidung. Agar tidak terlihat seperti sangat berminyak, sebaiknya hindari pemakaian di T-zone (dahi, tengah pipi, dan dagu), terutama bagi kulit berminyak karena area tersebut cenderung lebih mudah berminyak.

 

Tips

Ketika pakai highlighter, tekstur kulit semakin terlihat dan menonjol. Pastikan kulit wajah sudah dilembapkan dengan baik agar tidak kering dan pecah-pecah. Sebelum pakai makeup, pakailah toner dan moisturizer untuk melembapkan kulit. Jika perlu, lakukan eksfoliasi di malam sebelumnya untuk menghaluskan dan meratakan tekstur kulit.

 

Untuk tahu lebih detail tentang cara pakai highlighter, tonton video strobing dari beauty guru berikut.