Cara Membersihkan Smartphone yang Benar Agar Terhindar dari Kerusakan

265 Views 0 Comment

Kita memang harus berhati-hati sekali terhadap virus COVID-19. Ia bisa bertahan di permukaan benda hingga selama berhari-hari โ€“ tidak terkecuali smartphone. Hampir setiap saat kita pakai smartphone, menjadikannya sebagai tempat berkumpulnya kuman, bakteri, dan virus, termasuk virus Corona. Apalagi saat dipakai untuk telepon, smartphone menempel di wajah, membuat bakteri dan virus lebih mudah berpindah ke kulit. Risiko terinfeksi virus pun semakin tinggi. Cara membersihkan smartphone harus benar.

Selain rajin cuci tangan, kita pun sebaiknya rajin membersihkan smartphone dan itu sangat mudah. Di website-nya, Apple memberitahu cara bersihkan iPhone dengan disinfectant wipes seperti Clorox sheet. Sementara Samsung juga menuliskan di website-nya bahwa cairan alkohol 70% dapat dipakai untuk membersihkan smartphone dengan cara dilap dengan kain mikrofiber. Meski mudah, ternyata ada beberapa bahan pembersih dan teknik yang sebaiknya dihindari untuk melindungi layar smartphone. Mari simak cara membersihkan smartphone yang benar.

 

Jangan Pakai Alkohol Murni

Alkohol memang ampuh bunuh virus. Tapi sebaiknya jangan pakai alkohol murni untuk membersihkan smartphone yang kita pakai setelah menyentuh gagang pintu di tempat umum. Alkohol murni dapat mengikis lapisan oleophobic dan hydrophobic yang berguna mencegah kerusakan display smartphone akibat minyak dan air.

Kita bisa mencampur alkohol murni dengan air, namun bisa saja takaran dan konsentrasinya kurang pas. Cara membersihkan smartphone paling aman adalah pakai lap disinfectant yang mengandung 70% isopropyl alcohol untuk bagian layarnya. Pastikan smartphone sedang tidak pakai kabel saat dibersihkan.

 

Cara Membersihkan Bekas Sidik Jari di Layar Smartphone

Hampir tidak mungkin layar smartphone tidak terbebas dari bekas sidik jari karena jari kita selalu memproduksi minyak. Setiap kali mengambil ponsel, sudah pasti akan selalu ada jejak sidik jari menempel. Cara paling efektif membersihkannya adalah menggunakan kain microfiber. Basahi sedikit kain mikrofiber lalu gunakan untuk lap layar dan keseluruhan bagian smartphone. Hindari menyemprot air langsung pada smartphone.

 

Jangan Pakai Makeup Remover

Mau tes ketahanan foundation? Coba pada smartphone, apakah menempel di layar saat kita pakai untuk menelepon. Di wajah, foundation bisa kita bersihkan dengan makeup remover, tapi bukan berarti bisa dipakai pada layar smartphone juga. Ini karena makeup remover mengandung bahan-bahan kimia yang dapat mengikis lapisan pelindung layar smartphone. Makeup remover hanya untuk wajah, tidak lebih.

 

Bahan-bahan yang Sebaiknya Tidak Dipakai untuk Bersihkan Smartphone

1. Pembersih Jendela

Pembersih jendela yang terbilang keras dapat merusak lapisan pelindung layar. Jadi pembersih jendela bukanlah cara membersihkan smartphone yang benar.

 

2. Pembersih Dapur

Formula abrasif pada pembersih dapur dan produk pembersih peralatan rumah tangga (termasuk bleach) dapat mengikis lapisan layar smartphone.

 

3. Tissue

Saat dipakai untuk lap smartphone, serpihan-serpihan tissue justru buat layar semakin kotor. Lagipula, tissue dapat meninggalkan goresan pada layar sehingga membuatnya bukan lap yang benar untuk membersihkan smartphone.

 

4. Rubbing Alcohol/Alkohol Gosok

Alkohol gosok yang biasa ditemukan pada pembersih tangan dan antiseptik juga dapat mempercepat penurunan kualitas lapisan pelindung layar.

Baca juga: Rekomendasi Hand Sanitizer yang Lembapkan Kulit

 

5. Makeup Remover

Sejumlah makeup remover mengandung bahan kimia yang tidak baik untuk layar smartphone.

 

6. Compressed Air

Smartphone adalah gadget yang cukup rapuh. Meniupkan udara intens pada smartphone dapat menyebabkan kerusakan, terutama pada microphone.

 

7. Sabun Cuci Tangan dan Sabun Cuci Piring

Meski kita pakai versi gentle dari dua jenis sabun ini, paling terbaik adalah mencampurkannya dengan air. Lap setengah basah adalah cara membersihkan smartphone paling baik.

Baca juga: 5 Sabun Cuci Tangan High End yang Wangi, Lembap, dan Efektif Lawan Virus

 

8. Cuka

Cuka memang agent pembersih alami terbaik, tapi jangan gunakan pada smartphone karena dapat merusak lapisan layar. Cuka bisa saja dipakai sebagai cara membersihkan smartphone, asal dicampur dengan air dan gunakan hanya pada bagian smartphone lainnya (jangan pada layar).

0 Comments

Leave a Comment

Close