Cara Membersihkan Produk Kecantikan yang Benar Agar Terhindar Virus

38 Views 0 Comment

Di tengah wabah COVID-19, kebersihan diri dan lingkungan adalah segalanya. Rajin cuci tangan, membekali diri dengan hand sanitizer, membersihkan setiap permukaan benda di sekeliling, dan mencuci baju setiap kali habis pakai. Apakah cukup? Rasanya belum kalau setiap hari kita banyak bersinggungan dengan produk makeup. Bahkan sebelum virus merebak, produk kecantikan memang paling rentan jadi sarang bertumbuhnya bakteri. Jadi, wajib hukumnya membersihkan produk kecantikan secara rutin agar terbebas dari virus Corona dan bakteri penyebab jerawat. Demi kesehatan tubuh dan kulit. Berikut cara membersihkan produk kecantikan yang benar.

 

Cara Membersihkan Produk Kecantikan yang Benar

Siapkan Alkohol 70%

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menghimbau penggunaan cairan pembersih yang mengandung alkohol 70% (atau lebih). Kadar alkohol yang tinggi dapat dengan efektif membunuh virus yang tidak sengaja tertempel di produk makeup dan skincare kita. Sejatinya, produk kecantikan tidak boleh dipakai bersama orang lain. But who knows? Terkadang teman pinjam pinjam eyeshadow, blush, atau parfum – yang kadang kita lakukan juga kepada orang lain. Sebaiknya lakukan pencegahan penyebaran virus dengan selalu mengandalkan alkohol.

Baca juga: Rekomendasi Hand Sanitizer yang Lembapkan Kulit

 

Semprotkan Alkohol ke dalam Produk

Dilansir dari Well+Good, celebrity makeup artist Mari Shten menyarankan menaruh alkohol ke dalam botol semprot. Alternatif lain, Jason Teatro, microbiologist penulis The Germ Files, menyarankan mencampur alkohol murni dan air bersih dengan perbandingan 9:1. Gunakan alkohol untuk membersihkan produk makeup, seperti bedak padat, eyeshadow, blush, dan lipstik. Caranya, semprotkan alkohol dengan jarak 20 cm dari produk. Semprot yang banyak, lalu biarkan kering. Lakukan seminggu sekali secara rutin.

 

Bersihkan Kemasan Produk

Selain bagian dalam produk, kemasan luarnya pun perlu didisinfektan, terlebih jika pakainya bersamaan dengan pasangan atau anggota keluarga di rumah, seperti botol skincare maupun botol sabun mandi. Gunakan alkohol yang sama untuk bersihkan botol-botol produk dan bagian luar kosmetik, atau dengan cairan air sabun pada botol peralatan mandi.

 

Cuci Makeup Pouch dan Kuas Makeup

Tambahan satu lagi yang tidak boleh terlupa adalah rutin mencuci makeup pouch dengan air dan sabun (atau di dalam mesin cuci) sehingga ketika produk makeup dan skincare tetap higienis saat disimpan di dalamnya. Jangan lupa juga kuas makeup dicuci seminggu sekali – aturan umum yang wajib dipatuhi demi kebersihan dan kesehatan kulit wajah.

Itulah cara membersihkan produk kecantikan yang benar. Pastikan sudah cuci tangan dengan air dan sabun sebelum pakai skincare dan makeup, juga cuci tangan tiap kali habis keluar rumah atau menyentuh benda publik.

0 Comments

Leave a Comment

Close