Tahun baru adalah waktunya untuk menentukan destinasi liburan yang akan dikunjungi di sepanjang tahun ini. Kalau kalian masih belum menentukan pilihan, banyak lho, destinasi di Indonesia yang tidak kalah indah dengan negara-negara lain.

Kamu bisa mencoba pergi ke Labuan Bajo, Sumba, atau Yogyakarta yang memiliki banyak sekali tempat wisata untuk dikunjungi. Selain destinasinya, menentukan tempat tinggal selama liburan juga tidak kalah penting. Tidak ada salahnya memanjakan diri dengan menginap di salah satu dari 5 luxury hotel dan resort di Indonesia yang memiliki fasilitas mewah serta panorama sekitar yang indah.

Plataran Menjangan Resort

Price: start from Rp 3.000.000,-
West Bali National Park, Jl. Raya Seririt – Gilimanuk, Gerokgak, Singaraja,
Bali 81155, Indonesia.
+62 813 3804 4224

Plataran Menjangan merupakan resort alam dengan fasilitas taraf internasional yang terletak di National Park bagian Barat Bali. Kamu bisa menikmati villa bergaya tradisional joglo di tengah hutan atau di pinggir pantai. Nikmati kegiatan alam di dalam resort seperti trekking, kayaking sepanjang Mangrove Canal, diving dan juga nikmati pemandangan sunset di atas cruise.

Kalau kamu lebih memilih kegiatan yang lebih rileks, kamu bisa mencoba paket wellness retreat yang disediakan oleh Plataran. Salah satu kegiatan dalam paket tersebut adalah kelas yoga di tengah hutan setiap pagi serta hidangan sehat untuk makan siang. Di dalam resort ini juga terdapat beberapa pilihan restoran. Kamu bisa mencoba hidangan seafood di restoran utama Plataran, The Octagon Beach Club dengan pemandangan kolam renang dan pantai.  Untuk makanan khas Bali, kamu bisa mencobanya di Wantila Open Kitchen. Kalau mencari pemandangan yang lebih romantis dan suasana yang lebih sepi, kamu bisa makan malam di Wantilan Deck dengan pemandangan langsung ke Pulau Menjangan dan pegunungan.

AYANA Komodo Resort

Price: start from Rp 3.300.000,-
Waecicu Beach Labuan Bajo, Flores,
Nusa Tenggara Timur, Indonesia 86554
+62 361 702222

Jika Labuan Bajo menjadi pilihanmu untuk liburan, kamu wajib menginap di AYANA Komodo Resort yang baru dibuka pada bulan September 2018 ini. Ia menjadi salah satu pilihan penginapan yang berlokasi di Waecicu Beach. Desain kamarnya bertema kontemporer dengan panorama alam terbuka yang langsung menghadap ke pantai. Kamu bisa menikmati pemandangan sunset dengan jelas dari jendela kamar.

Kamu juga bisa menikmati hidangan sarapan di Restoran Rinca di dalam hotel. Selain Restoran Rinca, AYANA Komodo Resort juga menyediakan HonZEN, yaiturestoran khas Jepang. Jika kamu ingin menikmati panorama pantai sambil minum cocktail, kamu bisa ke Naga Bar yang lokasinya berada di ujung dermaga hotel.

Kalau sudah puas menikmati fasilitas di dalam resort, kamu bisa mulai mencoba island hopping dengan kapal phinisi dari AYANA Lako di’a. Ada beberapa macam paket perjalanan yang bisa kamu pilih, seperti ke Komodo National Park, Pink  Beach, traditional fishing village adventure, atau kamu juga bisa pilih sunset tour ke floating island. Menarik kan? Jangan lupa untuk atur jadwal perjalanan. Waktu yang paling pas untuk mengunjungi Labuan Bajo adalah di bulan April sampai Juni karena air laut mulai tenang dan curah hujan pun sudah mulai hilang.

Amanjiwo Borobudur Resort

Price: start from Rp 10.400.000,-
Ds. Majaksingi, Borobudur, Magelang
Jawa Tengah, Indonesia
+62 293 788 333

Terletak di Magelang, Jawa Tengah, Amanjiwo Borobudur Resort terkenal dengan pemandangannya yang langsung mengarah ke Candi Borobudur. Desain bangunan dari resort ini juga terinspirasi dari Candi Borobudur dan berkonsep open space. Ada lima tipe kamar yang dimiliki Amanjiwo, mulai dari Dalem Jiwo Suite, Brobudur Pool Suite, Garden PoolSuite, Borobudur Suite, dan Garden Suite. Kamu bisa menikmati private pool di setiap kamar, kecuali dalam Borobudur Suite dan Garden Suite.

Fasilitas lainnya yang bisa kamu coba adalah Spa. Kamu bisa Mandi Lulur layaknya bangsawan dengan soothing massage dan body mask treatment menggunakan bahan tradisional seperti kunyit, madu, dan sabun herbal. Kalau kamu ingin perawatan yang lebih relaxing, kamu juga bisa coba The Intense Pijat Massage Rejuvenates.

Amanjiwo Borobudur Resort juga memiliki restoran yang tidak kalah terkenal. Kamu bisa menikmati hidangan lokal maupun western food di Restoran Amanjiwo dengan pemandangan sawah, Candi Borobudur, dan pegunungan. Selain menyicipi makanan di Amanjiwo Restoran, kamu juga bisa piknik di teras kecil di tengah-tengah sawah. Kalau kamu mau mencari tempat makan malam di luar resort, kamu bisa mencoba Pak Bilal’s yang terletak di dekat Candi Borobudur bertemakan rumah Jawa dan menyajikan makanan tradisional Indonesia.

Nihi Sumba

Price: start from Rp 10.800.000,-
Desa Hobawawi, Kecamatan Wanukaka,
Sumba 87272, Indonesia
+62 361 757149

Kalau kamu belum pernah melihat keindahan Indonesia di bagian Timur, Sumba bisa menjadi salah satu pilihan destinasi. Resort yang wajib kamu pilih sebagai tempat penginapan adalah Nihi Sumba. Hotel yang mendapatkan awards dari majalah travel populer ini terdiri dari beberapa tipe private villa dari yang hanya satu kamar sampai lima kamar. Setiap villa memiliki teras dan beberapa villa memiliki private pool. Desain villa di dalam resort ini terinspirasi dari rumah tradisional di Sumba dan dilengkap dengan natural furnishings. Setiap villa memiliki pelayan yang ditugaskan khusus untuk masing-masing penghuni villa.

Jangan khawatir, kamu tidak akan kesulitan mencari makanan disini. Makanan akan disajikan oleh hotel sebanyak tiga kali sehari (full board) karena sudah termasuk dalam harga reservasi hotel mu. Nihi Sumba menanam sayuran organik sendiri sehingga makanan-makanan yang mereka sajikan sangat fresh. Kamu bisa cek jadwal Movie Night Under the Stars yang biasanya diadakan setiap hari Minggu, setelah makan malam atau kamu juga bisa mencoba diving.Tempat menarik lain yang bisa kamu kunjungi adalah Sumba Market. Di sana kamu bisa melihat artefak original, ikat, ukiran kayu dan perhiasan lokal.

Amanwana Resort

Price: start from Rp 11.400.000,-
Moyo Island, Sumbawa Barat, Indonesia
Nusa Tenggara Barat 84301, Indonesia
+62 371 22233

Amanwana Resort terletak di Pulau Moyo, Sumbawa, dengan gaya villa berbentuk tenda, kamu bisa memilih lokasi penginapan di pinggir laut atau di tengah hutan. Lokasi resort yang berada di dekat laut flores, membuatmu dapat mencoba diving dan snorkling. Selain itu, kegiatan lain yang bisa kamu coba adalah hiking atau ekspedisi ke hutan tropis menggunakan Jeep.

Kalau kamu ingin eksplor tempat di luar resort, kamu bisa book paket cruise Aman Voyage yang sudah disediakan. Kamu bisa memilih tujuan dari ke Komodo National Park bahkan sampai ke Raja Ampat. Nikmati juga keindahan alam sekitar resort, laut Flores, Pulau Medang, dan pegunungan Sumbawa sambil menikmati hidangan restoran Aman.

Jadi, luxury hotel dan resort di Indonesia manakah yang akan kamu pilih untuk liburan tahun ini? Kalau kamu punya pilihan destinasi lain, boleh dishare di comment box, ya!

Happy holiday!