10 Museum di Tokyo yang Wajib Dikunjungi

707 Views 0 Comment

Mau liburan ke Tokyo, Jepang? Nah, tujuan wisata yang wajib masuk dalam daftar itinerary adalah museum di Tokyo. Seperti yang kita tahu, Jepang merupakan negara unik yang memadukan sisi tradisional dan modern. Jadi, tidak heran jika ibu kotanya memiliki beragam museum, mulai dari seni interaktif, sejarah pejuang, hingga modern pop culture. Mengunjungi 10 museum di Tokyo (atau salah satunya) ini pastinya menambah pengalaman tak terlupa saat liburan di Jepang.

 

Tokyo National Museum

Berisi 110.000 barang yang memperlihatkan sejarah dan budaya Jepang, Tokyo National Museum adalah museum tertua di Jepang. Museum ini terletak di Ueno Park dimana kita bisa melihatnya penuh dengan cherry blossom di musim semi dan daun-daun merah di musim gugur. Jangan datang di hari Senin karena museum tutup pada hari itu.

Alamat: 13-9 Uenokōen, Taito City, Tōkyō-to 110-8712

Web: http://www.tnm.jp/

Baca juga: Wisata Osaka di Musim Semi

 

Samurai Museum

Di museum yang terletak di Shinjuku ini, kita tidak lagi melihat samurai sekadar di film atau kartun animasi Jepang. Dengan guide tour yang bisa ditemui di front desk, kita akan diajak berkeliling museum, melihat perjalanan sejarah 700 tahun samurai. Mulai dari melihat koleksi pedang, senjata, hingga lukisan. Kita juga bisa melihat pertunjukan pedang katana (biasanya berlangsung antara jam 2 hingga 5 sore) dan bahkan mencoba memakai pedang. Siapkan kamera saat berlaga sebagai samurai di sana.

Alamat: 〒160-0021 Tōkyō-to, Shinjuku City, Kabukichō, 2-chōme−25−6 永和ビル 6 1F・2F

Web: https://www.samuraimuseum.jp/

 

Meguro Parasitological Museum

Yang suka dengan dunia biologi pasti terkesan dengan museum ini. Well, meski museum ini terkesan menjijikkan, namun tetap ada sisi menariknya. Di Parasitological Medical Museum kita bisa melihat cacing pita terpanjang di dunia dengan panjang 8,8 meter. Selain itu, ada juga beragam parasit yang disimpan dalam kotak, serangga-serangga tropis, catatan ilmiah, dan masih banyak lagi. Tidak ada biaya masuk. Museum yang sempurna untuk belajar biologi.

Alamat: 4-chōme-1-1 Shimomeguro, Meguro City, Tōkyō-to 153-0064

Web: https://www.kiseichu.org/

Baca juga: Destinasi Wisata Budget Friendly di 2020

 

Edo Museum

Bicara soal sejarah Jepang pasti arahnya ke zaman Edo di tahun 1603 – 1868. Nah, di museum ini kita akan diajak mundur ke era tersebut dengan melihat kerajinan dan gaya hidup masyarakat Edo melalui replica jalanan, kendaraan, dan patung-patung. Terdapat lima lantai di museum ini dengan pameran yang hadir secara permanen maupun temporal. Satu lagi museum yang membuat kita lebih mengenal budaya Jepang di masa lampau.

Alamat: 1-chōme-3-28 Shirakawa, Koto City, Tōkyō-to 135-0021

Web: https://www.kcf.or.jp/fukagawa/

 

Kite Museum

Layang-layang punya jiwa tersendiri pada sejarah Jepang. Alasan adanya Kite Museum, kita bisa melihat koleksi layang-layang dengan beragam gambar, mulai dari geisha sampai ikan koi, serta gambar yang mempresentasikan sejarang Jepang. Ada pula layang-layang dari seluruh Asia dan Eropa di museum yang didirikan oleh Shingo Modegi ini. Kite Museum terletak di Nihonbashi, dekat Ginza. Pecinta layang-layang wajib berkunjung.

Alamat: 1-chōme-12-10 Nihonbashi, Chuo City, Tōkyō-to 103-0027

Web: http://www.taimeiken.co.jp/museum.html

 

TeamLab Borderless

Cukup ramai di Instagram, mungkin museum ini sudah cukup familiar. Jika belum, well, museum TeamLab Borderless adalah museum di Tokyo yang wajib dikunjungi. Ini adalah museum seni digital pertam di dunia yang menawarkan multi-sensory space. Terletak di pusat entertainment Odaiba, TeamLab Borderless menghadirkan pengalaman seni interaktif menggunakan cahaya dan sentuhan. Sebuah pengalaman yang hanya bisa ditemukan di Tokyo.

Alamat: 〒135-0064 Tōkyō-to, Koto City, Aomi, 1-chōme−3−8 お台場パレットタウン

Web: https://borderless.teamlab.art/

 

Mori Art Museum

 

Penikmat seni tentu tidak akan melewatkan Mori Art Museum. Terletak di wilayah Roppongi yang modern dan mewah, museum ini memamerkan seni modern dan pameran desain dari seniman Jepang dan internasional. Instalasi seninya pun berubah-ubah, jadi harus simak situs resminya untuk tahu instalasi apa saja yang akan hadir. Mori Art Museum berada di lantai 53 gedung Mori, gedung tertinggi di Tokyo. Ini artinya, ke museum sama saja ditawarkan indahnya pemandangan kota dari atas.

Alamat: 〒106-6150 Tōkyō-to, Minato City, Roppongi, 6-chōme−10−1, Roppongi Hills Mori Tower, 53階

Web: https://www.mori.art.museum/jp/

Baca juga: 5 Luxury Hotel dan Resort di Indonesia

 

Yayoi Kusama Museum

Meski karya seni Yayoi Kusama sudah bisa dijumpai di tanah air, kurang afdol rasanya jika tidak menyambangi museum seniman kontemporer paling populer ini di tanah kelahirannya. Yayoi Kusama Museum memperlihatkan perjalanannya sebagai seniman, termasuk bagaimana ia mendapat inspirasi, menghadapi tantangan, dan pengalamannya dalam berseni. Ya, infinity rooms paling populer ciptaannya bisa ditemukan di sana. Terdapat pula perpustakaan dan rooftop garden yang tak boleh dilewatkan. Tiket masuk hanya bisa didapat melalui website. Museum ini sendiri tutup dari hari Senin hingga Rabu.

Alamat: 107 Bentenchō, Shinjuku City, Tōkyō-to 162-0851

Web: https://yayoikusamamuseum.jp/

 

The Ghibli Museum

Jika mengaku gemar menonton film produksi Ghibli Studio, oh, Ghibli Museum akan jadi surga bagi kita. Serasa semua yang ada di film Spirited Away dan My Neighbour Totoro berubah menjadi nyata di museum di Tokyo ini. The Ghibli Museum memang dibangun sebagai dedikasi terhadap film-film Ghibli. Jadi, kita bisa menemukan setting, patung, dan semua yang berhubungan dengan film-film animasinya. Untuk berkunjung ke museum ini, diperlukan booking tiket jauh-jauh hari di website-nya.

Alamat: 1-chōme-1-83 Shimorenjaku, Mitaka, Tōkyō-to 181-0013

Web: http://www.ghibli-museum.jp/

 

Tokyo Photographic Art Museum

Nah, ini museum bagi pecinta fotografi. Di sana kita bisa membaca sejarah optic, mempelajari trik kamera, dan melihat pameran fotografi. Yang semakin menarik dan unik, kita dapat melihat Jepang melalui sudut pandang lensa kamera. Pecinta kamera juga pastinya akan semakin antusias dengan adanya kamera-kamera vintage yang dipajang di sana. Tokyo Photographic Art Museum menawarkan pula kelas dan workshop bagi kita yang ingin belajar.

Alamat: 〒153-0062 Tōkyō-to, Meguro City, Mita, 1-chōme−13−3 恵比寿ガーデンプレイス内

Web: http://topmuseum.jp/

0 Comments

Leave a Comment

Close