Lipstik merupakan pelengkap penampilanmu agar wajah terlihat lebih segar. Dan sepertinya, tidak ada wanita yang gagal tampil mengagumkan dengan polesan lipstik di bibir.
Namun seringnya, lipstik kamu kenakan terkadang pudar hanya dalam hitungan jam. Tidak mau hal tersebut terjadi? Simak tips memakai lipstik agar lebih tahan lama dan tidak cepat luntur berikut ini.

Eksfoliasi bibir

Seperti kulit wajah yang perlu rutin dieksfoliasi agar skincare dan makeup menempel lebih baik, sama halnya dengan kulit bibir. Ia pun perlu dipersiapkan agar lipstik yang dikenakan bisa menempel lebih tahan lama.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan rutin menggunakan scrub khusus bibir untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat bibir jadi lebih cerah dan lembut. Coba aplikasikan Dior Addict Lip Sugar Scrub, scrub bibir berbentuk stick yang ringkas dan bisa dipakai sehari-hari. Tidak seperti scrublainnya yang umum hadir berbentuk jar. Dior mengeluarkan lip scrub berbentuk stick dengan butiran gula halus yang akan mencair dengan sendirinya setelah mendarat di bibir. Tidak hanya membuat bibir jadi halus, Dior Addict Lip Sugar Scrub juga menjaga bibir tetap lembap.

Lapisi bibir dengan lip primer

Salah satu tips memakai lipstik agar tahan lama di bibir, tidak hanya berhenti hingga tahap eksfoliasi saja. Lip primer dengan formula melembapkan juga wajib digunakan setelah proses eksfoliasi dilakukan. Bibir yang lembap, ternutrisi dan terlindungi akan lebih siap menerima pulasan warna lipstik dan membuat formulanya menempel lebih baik di bibir. Hal tersebut juga membantu warna lipstik tahan lebih lama.

Pilih lip primer dengan kandungan pelembap tinggi seperti Hourglass No. 28 Lip Treatment Oil. Lip oil ini mengandung tiga kandungan aktif, yaitu Saliporine-8, Volulip dan Viamerine, yang bertugas meningkatkan kelembapan, mengurangi kerutan dan mempertahankan bentuk dan kekenyalan bibir.

Sedangkan angka 28 di dalamnya menandakan ia terbuat dari gabungan dari 14 essential oils, dari lavender hingga clove serta 10 minyak tumbuhan, dari hazelnut hingga olive, untuk melembutkan tekstur bibir dan 4 nutrisi vitamin A, B5, C dan E. Selain itu, aplikator dengan lapisan emas 24 karatnya memiliki ujung anti bakteri yang memberi sensasi nyaman saat digunakan.

Gunakan lip liner di bibir

Setelah memastikan kulit bibir mulus tanpa sel mati dan lembap, langkah selanjutnya adalah melapisi bibir dengan lip linerLip liner adalah salah satu produk yang selalu digunakan para makeup artist andal bila ingin membuat lipstik tahan lama di bibir.

Pasalnya, lip liner akan mempertahankan warna lipstik yang dikenakan agar tidak pudar dan memastikan lipstik tidak bleeding atau keluar dari garis bibir. Gunakan Urban Decay 24/7 Glide-On Lip Pencil yang memiliki 31 pilihan warna untuk disesuaikan dengan warna bibir pada semua warna kulit.

Lip liner ini waterproof, tahan lama, tidak mengeringkan ataupun cakey di bibir. Selain itu Urban Decay 24/7 Glide-On Lip Pencil mengandung vitamin E, jojoba oil dan cottonseed oil yang menutrisi bibir hingga 24 jam.

Pilih lipstik bertekstur matte yang lebih tahan lama di bibir

Agar lipstik tahan lama, perhatikan juga tekstur lipstik yang digunakan. Lipglosslip tint atau lipstik dengan komposisi cream tentu akan lebih cepat pudar dibandingkan dengan yang bertekstur matte. Lipstik mattedirancang dengan kandungan berbeda dengan creamy atau shiny lipstick, yaitu kandungan wax dan pigmen yang lebih tinggi serta muatan minyak yang minimal.

Salah satu pilihan lipstik matte yang cantik dan nyaman dikenakan adalah Charlotte Tilbury Matte Revolution Lipstick. Lipstik matte ini tidak hanya tahan lama dan memberi tampilan velvet yang memukau, namun juga memberi ilusi bibir yang lebih full dan besar.

Blot bibir dengan tisu sebelum mengaplikasikannya lagi

Untuk memastikan lipstik tahan hingga seharian, maka ambil selembar tisu dan jepit antara kedua bibir. Teknik “blotting” ini untuk mengantisipasi lipstik pudar di bagian tertentu saja, biasanya di bagian tengah bibir. Dengan blotting, lipstik yang menumpuk akan terangkat dan menempel di tisu. Ingin tampilan yang lebih intens? Pulas kembali lipstik setelah blotting, dengan memfokuskan penggunaan pada tengah bibir.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *