Salicylic Acid vs Benzoyl Peroxide, Mana Paling Bagus untuk Breakout?

2199 Views 0 Comment

Salicylic Acid vs Benzoyl Peroxide

Tiba-tiba wajah breakout? Jangan panik. Masalah kulit berjerawat atau beruntusan bisa segera diatasi. Tapi dengan produk skincare yang tepat. Saat breakout dimana terdapat blackhead, whitehead, atau jerawat, pilihlah produk skincare yang mengandung salicylic acid vs benzoyl peroxide โ€“ dua kandungan yang terkenal ampuh melawan jerawat. Pertanyaannya, mana yang paling baik untuk atasi breakout? Salicylic acid vs benzoyl peroxide? Sebelum memilih yang terbaik, sebaiknya mari kita ketahui lebih dulu perbedaan keduanya.

 

Salicylic Acid

Salicylic Acid

Apa itu Salicylic Acid?

Kandungan ini familiar sebagai zat yang mampu menghilangkan jerawat. Pada dasarnya, salicylic acid adalah chemical exfoliator kategori BHA yang bersumber dari willow bark tree. Kerjanya membersihkan pori-pori, mencegah munculnya komedo dan jerawat.

Cara Benar Pakai Salicylic Acid

Produk skincare dengan kandungan salicylic acid bisa dipakai setiap hari. Namun karena bersifat exfoliant, kandungan ini berpotensi sebabkan iritasi. Maka, jangan barengi pemakaiannya dengan AHA (glycolic acid dan lactic acid) dan keratolytic (trichloroacetic acid dan allantoin). Biasanya salicylic acid ditemukan dalam konsentrasi 2-5% pada produk skincare di pasaran.

 

Benzoyl Peroxide

Benzoyl Peroxide pada wajah

Apa itu Benzoyl Peroxide?

Kandungan ini sudah lama dikenal sebagai bahan andalan para dermotolog untuk singkirkan jerawat. Yang membedakan benzoyl peroxide dengan salicylic acid adalah ia tidak bisa mengeksfoliasi kulit. Meski begitu, benzoyl peroxide memiliki fungsi anti-bakteri dan anti-inflamasi yang kuat. Cara kerjanya langsung membunuh bakteri penyebab jerawat.

Cara Benar Pakai Benzoyl Peroxide

Jangan pakai benzoyl peroxide bersama kandungan aktif lainnya, seperti retinol, glycolic acid, maupun vitamin C karena dapat menyebabkan iritasi. Efek samping pemakaian benzoyl peroxide adalah kulit menjadi kering dan bisa saja iritasi. Itulah mengapa, pakai sedikit saja di awal, lalu tambahkan takarannya seiring waktu agar kulit dapat mentolerasinya.

Baca juga: Rekomendasi Serum untuk Jerawat dari Dermatolog

 

Mana yang Paling Bagus untuk Atasi Breakout?

Well, tergantung dari jenis breakout yang kita alami. Dilansir dari Who What Wear, dermatolog sarankan pemakaian salicylic acid untuk breakout seperti beruntusan maupun komedo. Ini karena salicylic bekerja dengan cara mengeksfoliasi kulit dan mempercepat regenerasi sel untuk wajah lebih halus juga cerah. Salicylic acid paling bagus untuk atasi blackhead dan whitehead.

Sedangkan benzoyl peroxide paling bagus dipakai untuk jerawat merah meradang. Dermatolog jelaskan bahwa jerawat merah meradang merupakan tempat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Itulah mengapa benzoyl peroxide lebih dibutuhkan pada kondisi seperti ini.

Kesimpulannya, jika breakout wajah berupa blackhead dan whitehead, carilah produk skincare yang mengandung salicylic acid. Namun, jika berurusan dengan jerawat yang besar, merah, dan meradang, pakailah produk skincare benzoyl peroxide yang sekaligus dapat meredakan inflamasi.

Baca juga: 4 Produk Skincare The Ordinary untuk Atasi Maskne

0 Comments

Leave a Comment

Close