We know, we rely on serum that much. Karena serum adalah produk skincare paling potent untuk mengatasi berbagai kondisi dan masalah kulit. Tapi ternyata, tidak semua serum bagus menurut para dermatolog. Ini lantaran ada beberapa kandungan dalam serum yang justru buat kulit kering. Padahal, kita pakai serum untuk merawat, menutrisi, dan meremajakan kulit. Jadi, sebelum beli serum untuk kulit kering, baca dulu komposisi bahannya dan pastikan tidak ada kandungan berikut ini di dalamnya.

 

Retinol

Jika concern utama kita adalah merawat kulit dehidrasi dan menjaganya tetap lembap, lebih baik hindari serum dengan kandungan retinol. Sebagai kandungan anti-aging, retinol memang sangat efektif menyingkirkan keriput dan garis halus. Sayangnya, retinol buat kulit sangat kering (dan bahkan iritasi) karena ia bekerja pula sebagai chemical exfoliant. Jika harus pakai serum retinol, pastikan pakai moisturizer yang benar-benar melembapkan setelahnya.

Baca juga: Bakuchiol, Natural Skin Care Pengganti Retinol untuk Anti-Aging

 

Glycolic Acid

Jenis kulit kering dan sensitif sebaiknya hindari glycolic acid pada serum. Glycolic acid berfungsi sebagai chemical exfoliant yang bagaimanapun buat kulit jadi kering. Lebih baik double check lagi saat memilih serum nanti. Kulit kering lebih baik pilih serum dengan kandungan hyaluronic acid.

Baca juga: Rekomendasi Cream Pelembab Hyaluronic Acid Terbaik

Salicylic Acid

Seperti yang kita tahu, salicylic acid bagus untuk singkirkan jerawat dan komedo, serta bersihkan pori-pori kulit. Hanya saja, jika jadi kandungan pada serum, bisa mengeringkan kulit wajah. Apalagi pemakaiannya di seluruh wajah. Salicylic acid cukup dipakai pada spot treatment maupun cleanser saja. Untuk serum, lebih baik jangan.

 

Yang perlu diingat, tiga kandungan yang sebaiknya dihindari pada serum tersebut hanya berlaku bagi jenis kulit kering dan sensitif. Kalaupun pakai, pilih yang presentasinya rendah sehingga tidak cukup potent mengeringkan kulit. Alternatif lain, pilih kandungan lain yang lebih ramah untuk kulit sensitif, seperti hyaluronic acid, peptide, vitamin E, atau niacinamide yang juga sama-sama berfungsi sebagai anti-aging. Berikut Beautified berikan rekomendasinya.

 

Rekomendasi Serum untuk Kulit Kering dan Sensitif

First Aid Beauty Ultra Repair Hydrating Serum

Jenis kulit sensitif dan kulit yang mudah kering akan menyukai serum ini karena kandungan hyaluronic acid yang melembapkan serta aloe leaf juice dan oatmeal yang menenangkan inflamasi.  Teksturnya berupa water-based gel yang tidak mengandung pewangi buatan, pewarna, paraben, sulfate, dan bahan-bahan pemicu iritasi lainnya. The lightest serum in the market you should try.

 

Dr. Jart+ Ceramidin Liquid

Serum Korea favorit ini menggunakan ceramide untuk memperkuat pertahanan skin barrier yang sangat penting bagi kulit sensitif. Dengan pemakaian rutin, kulit menjadi lebih kuat dan menghasilkan kulit yang lebih kenyal dan cerah. Formula serum ini juga mengandung bahan-bahan “penenang”, seperti aloe vera, ekstrak licorice, plus panthenol untuk memperbaiki kondisi kulit yang kering dan pecah-pecah.

 

Tata Harper Rejuvenating Serum

Seperti produk Tata Harper lainnya, collagen-boosting serum ini juga bekerja sebagai multitasker yang dapat mengatasi berbagai macam tanda penuaan. Kandungan hyaluronic acid, antioksidan, dan neuropeptide pada serum brand skincare organik ini akan mengubah kulit jadi kenyal. Di saat yang sama, kulit pun menjadi lebih halus.

 

Estée Lauder Advanced Night Repair Synchronized Recovery Complex II

Diinfus dengan kafein, vitamin E, squalene oil, dan probiotic, serum ini akan memperbaiki tekstur kulit selama kita tidur. ChronoluxCB™ Technology pada serum Estée Lauder akan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Best used in night time.

 

La Roche Posay Hyalu B5 Serum

Dengan ukuran molekul hyaluronic yang bervariasi, serum ini dapat bekerja ke dalam semua lapisan kulit. Vitamin B5 yang juga menjadi superhero pada serum ini berfungsi memperbaiki kulit yang rusak dengan menjadikannya lebih kenyal, kencang, dan bercahaya. Sensitive skin will LOVE it.