Permasalahan umum saat pakai foundation: tebal, cakey, dan retak. Niatnya ingin makeup untuk tampilan natural, hasilnya justru “medok”. Jika hasil aplikasi foundation selalu berakhir seperti itu, sebaiknya simak tips pakai foundation yang disarankan celebrity makeup artist Mary Phillips yang punya sederet client besar, sebut saja Jennifer Lopez, Kardashians, dan Chrissy Teigen. Dengan tips ini, bisa dipastikan pemakaian foundation memberi hasil wajah flawless, pori-pori tidak terlihat, dan halus. Saking naturalnya, tampak seperti kulit asli wajah kita.

 

Biarkan Bagian Luar Wajah Bercahaya

Sapukan bedak untuk mengunci aplikasi foundation hanya di bagian pusat wajah. Biarkan sisi terluar wajah tak tersentuh bedak untuk memberi refleksi cantik pada keseluruhan tampilan wajah. Untuk memaksimalkan hasil pemakaian foundation agar tidak cakey, pilih juga bedak yang ringan, yang bekerja sebagai filter di wajah untuk menyamarkan penampakan pori-pori dan kerutan.

Rekomendasi produk: Chanel Les Beiges Healthy Glow Sheer Powder (Shop here)

bedak chanel

Baca juga: 5 Produk Best-Seller Chanel Beauty

 

Highlight dengan Cream Setelah Pakai Foundation

Daripada pakai highlighter jenis powder atau liquid, Mary Phillips menyarankan highlight pakai moisturizer atau pelembap. Setelah pakai foundation, panaskan sedikit moisturizer di antara jari, lalu tekan-tekan di tulang pipi atau area yang ingin bercahaya untuk highlight hasil natural. Teknik ini bisa diaplikasikan untuk usia berapapun, dari 19 hingga 50 tahun, tanpa buat wajah terkesan tua. Makeup anti-aging yang perlu dicoba.

Rekomendasi produk: Tatcha The Dewy Skin Cream

 

Memperbaharui Foundation untuk Wajah Segar Seharian

Makeup cenderung akan luntur setelah seharian. Agar makeup dan aplikasi foundation tetap bagus, bahkan sampai malam, kita bisa menyegarkannya kembali. Mary Phillips rekomendasikan pakai sedikit cream pelembap di wajah dengan foundation brush (tanpa menghapus makeup). Setelah itu, baru tambahkan foundation atau bedak di area wajah yang membutuhkan. Tips ini akan buat wajah kembali segar, foundation pun terlihat natural tanpa terlihat sudah di-touch-up.

Rekomendasi produk: Real Techniques Expert Face Brush

 

Itulah tips pakai foundation yang tepat menurut makeup artist profesional. Namun, kita juga sebaiknya tidak lupa untuk pilih foundation dengan formula dan tekstur ringan, plus shade yang sesuai dengan warna kulit agar hasilnya memberi no-makeup makeup look. Selamat mencoba!

Baca juga: Rutinitas Skincare untuk Kecilkan Pori-pori Wajah