Tory Burch Fall Winter 2023, Keindahan dalam Ketidaksempurnaan

253 Views 0 Comment

Nothing is perfect. Memang benar, tidak ada yang sempurna di dunia ini. Namun, selalu ada cara menjadikan ketidaksempurnaan itu “sempurna”. Dan itulah yang diperlihatkan Tory Burch pada show Fall Winter 2023. Jika musim-musim sebelumnya ia menitikberatkan gaya 90-an dengan mengambil inspirasi dari desainer mid-century Claire McCardell, kali ini modern wardrobe jadi menu utama. Tentu, dengan twist tak terduga yang membuat koleksi ini memiliki undone aesthetic.

Rekayasa Burch terhadap traditional everyday items pada koleksi Fall Winter 2023 diperlihatkan dalam siluet terbalik, asimetris, wrapping, miring, dan patah. Seperti pada look pembuka, pleated midi skirt dipakai dengan cara dililitkan, dibuat sedikit miring, dan “dikancingkan” pakai peniti jumbo. Lalu ada satin dress dan gaun jacquard dikenakan secara terbalik, dengan memperlihatkan bagian dalam sebagai luaran. Sweater pun dipakai dengan mengkerutkan ujung lengan.

Burch mengangkat femininitas di koleksi ini (yang lebih mengarah pada standar kecantikan jaman dulu). Mesh dress ditambahkan padding pada bagian pinggul untuk menirukan bentuk tubuh biola. Gaun malam ditampilkan dalam bentuk shapewear atau lingerie. In Burch’s point of view, hook dan kawat bra (yang normalnya disembunyikan) ditampilkan secara terang-terangan. Meski tampak tak indah, tapi tetap terlihat indah karena diberi sentuhan cantik floral appliqués. Well, inilah yang dimaksud “perfectly imperfect”.

Elemen tidak sempurna yang ditonjolkan Burch masih banyak. Bahkan detail sekecil mantel berbulu pun ia tampilkan (padahal biasanya drama sweater atau mantel yang berbulu sangat mengganggu penampilan). Koleksi outerwear Tory Burch Fall Winter 2023 tidak diragukan lagi beri statement kuat, seperti pada peacoat dengan shearling collar asimetris. Handbag kali ini dirancang dengan detail logo yang tampak patah. Sementara sepatu sengaja dibuat terbalik, dengan sol terlihat rusak.

Overall, Tory Burch Fall Winter 2023 banyak bermain dengan classic staples yang sangat relevan dipakai untuk ke kantor maupun kesempatan formal. Tapi tidak dengan tampilan konvensional, karena kali ini konsepnya adalah menonjolkan ketidaksempurnaan melalui dekonstruksi (yang tidak terlalu tajam) tanpa meninggalkan kekuatan tailoring dan sculpting. Jadi, koleksi ini memang bukan outfit basic biasa.

Lihat beberapa look Tory Burch Fall Winter 2023 berikut. Kunjungi butik Tory Burch Indonesia untuk eksplor koleksi lengkap sang desainer. Foto: Vogue

Baca juga: Tory Burch Spring Summer 2023 Bawa Gaya Minimalis Era 90-an

0 Comments

Leave a Comment

Close