Di Hotel Jimbaran Puri Bisa Makan Siang dengan Keluarga Kerajaan Bali

127 Views 0 Comment

Jika ada yang mengatakan Bali adalah destinasi liburan yang tidak pernah membosankan, hampir semua orang bisa dipastikan setuju. Dari semua daya tarik yang dimiliki Pulau Dewata, mana favoritmu? Nah, liburan ke Bali nanti, menginaplah di Jimbaran Puri. Hotel yang merupakan bagian dari jaringan hotel Belmond ini menawarkan pengalaman historis.

Di Jimbaran Puri, kita akan diajak mengenal 9 Kerajaan Bali. Memberi kita pemahaman lebih dalam tentang sejarah, warisan, dan budaya Bali. Tidak dari tour guide, tapi langsung dari anggota kerajaan. Cool! Karena rasanya tidak lengkap jika belum tahu sejarah dan seluk beluk tempat kita berlibur. Setuju?

 

Tentang Kerajaan Bali

Puri Agung Karangasem

Kalau belum tahu atau lupa dengan pelajaran sejarah saat sekolah, mari bahas sedikit tentang kerajaan di Bali. Sebelum ada 9 kerajaan, hanya ada satu kerajaan di Bali. Adalah Kerajaan Bali (914-1908), kerajaan yang berkedudukan di Klungkung. Pada tahun 1686, penguasa Klungkung yang disebut Dewa Agung tidak dapat mempertahankan kekuasaannya di seluruh penjuru Bali. Mengakibatkan terpecahnya Kerajaan Bali menjadi sembilan kerajaan: Klungkung, Buleleng, Karangasem, Mengwi, Badung, Tabanan, Gianyar, Bangli, dan Jembrana.

Kerajaan-kerajaan kecil ini berkembang, membangun Puri (komplek keraton), dan mendirikan pemerintahannya sendiri. Sampai sekarang, keturunan kasta tertinggi dan kepala keluarga kerajaan masih memerintah dalam kapasitas seremonial. Dengan mereka lah kita “napak tilas” sejarah kerajaan tersebut saat kita menginap di Jimbaran Puri.

 

Di Jimbaran Puri Liburan Sambil Menambah Wawasan tentang Kehidupan Keluarga Kerajaan Bali

Puri Agung Klungkung

Inilah keistimewaan menginap di Jimbaran Puri. Kita sebagai tamu akan diajak ke “dunia” keluarga kerajaan sekaligus mempelajari kekayaan budaya Bali. Dimulai dari hari pertama pagi hari, kita menjelajah Klungkung dengan mengunjungi komplek istana tua. Saat makan siang kita akan bertemu Raja Klungkung atau salah satu anggota kerajaan.

Agenda hari kedua adalah mungunjungi istana kerajaan Karangasem yang memiliki perpaduan arsitektur Bali, Tiongkok, dan Eropa. Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke Taman Ujung, yakni istana air yang dibangun Raja Karangasem di 1901. Sama seperti hari pertama, makan siang ditemani pula oleh anggota kerajaan Karangasem.

Puri Agung Karangasem

Seharian menjelajah, lelah terhapuskan dengan menikmati koktail sambil melihat matahari terbenam di Puri Bar. Makan malam di restoran Nelayan pun siap memuaskan lidah dengan hidangan kaya rempah-rempah nusantara.

Pengalaman meniti 9 Kerajaan Bali ini bisa didapat dengan menginap minimal tiga malam di Jimbaran Puri. Sudah termasuk sarapan, tur Klungkung dan Keraton Karangasem, makan siang berdua bersama anggota kerajaan, sunset cocktail, dan makan malam di Restoran Nelayan. Kapan lagi punya akses langsung ke keluarga kerajaan?

Taman Ujung

Jimbaran Puri juga bisa jadi pilihan hotel bagi yang sedang mencari kedamaian. Ini karena Jimbaran Puri terkenal sebagai hotel paling tenang di Bali. Belum lagi desainnya menggunakan jerami, bambu, jati, dan palet alami yang membuat suasana hotel ini begitu tenang. Cocok untuk relaksasi tubuh dan pikiran. Let’s pack up and go!

Baca juga: Wajib Menginap di Andaz Bali, Resort Andaz Pertama di Asia

0 Comments

Leave a Comment

Close