Debut Kim Jones di FENDI Couture Spring 2021 Angkat Sastra 20-an

2084 Views 0 Comment

Ada dua alasan utama mengapa show FENDI Couture Spring 2021 sangat dinanti. Pertama, ini debut Kim Jones sebagai creative director FENDI untuk koleksi couture wanita. Kedua, line up model yang berjalan di runway merupakan bintang-bintang besar. Dua alasan yang patut membuat show couture FENDI kali ini begitu gegap gempita.

Let’s talk about Kim Jones first. Mungkin tidak sedikit yang mempertanyakan atau masih meraba-raba bagaimana hasil koleksi couture FENDI di tangan desainer yang sebelumnya berkecimpung di dunia menswear. Terlebih Jones sendiri lebih banyak bermain pada koleksi streetwear di Louis Vuitton dan Dior. Haute couture? Bahkan ia sendiri pun tidak pernah memimpikannya. “I always thought I’d be working in a bank, married with kids,” ungkapnya kepada Vogue.

Bagaimanapun, FENDI tidak keliru memilih Jones sebagai pengganti Karl Lagerfeld yang sudah 54 tahun berada di fashion house tersebut. Ketika show FENDI Couture Spring 2021 digelar di Palais Brongniart, presentasi 19 looks menjawab harapan dan penantian orang-orang. Rancangan couture-nya kali ini diambil dari dua inspirasi utama: novel Orlando karya Virginia Woolf dan Bloomsbury Set (komunitas penulis dan filsuf modernist di London pada abad 20).

Pendekatan literatur dan seni tersebutlah yang mengantarkannya pada koleksi FENDI Couture Spring 2021 yang lebih bernuansa Inggris (di masa Lagerfeld lebih ke Roman modernism). Kisah perjalanan waktu seorang androgini di Orlando menjadikan koleksi ini bergaya romantic androgyny, dengan aksen kata-kata dari novel Virginia Woolf yang diinfus ke dalam dekorasi handbag dan sepatu kulit. Tidak heran pula struktur gaun bernafaskan siluet pria, seperti pada jubah dengan panjang menyapu lantai.

Tema “journey from Bloomsbury to Borghese” pada show FENDI Couture ini pun mewakili detail dan aksen-aksen mewah pada koleksi. Lukisan karya Vanessa Bell yang merupakan adik Virginia Woolf ditampilkan ke dalam bentuk lukisan tangan pada beberapa koleksi sepatu. Sementara keindahan motif marmer Galleria Borghese dituangkan ke dalam gaun jacquard dan sutera. Potongan gaunnya sendiri yang jatuh berbentuk drapery merupakan “cubitan” dari patung Barnini.

 

Deretan Supermodel dan Selebriti yang Berjalan di FENDI Couture Spring 2021

Satu per satu model berjalan di panggung runway berkabut berbentuk labirin dengan kotak-kotak kaca. Nama-nama besar menghiasi. Diawali oleh Demi Moore, memperagakan off-the-shoulder hitam dengan celana sutera yang matching. Kemudian, Bella Hadid mengikuti dengan gaun sheer berjubah. Gaun bermotif marmer yang dipakai Naomi Campbell pun menjadi look terakhir dari koleksi ini. Selain tiga nama tersebut, hadir pula Cara Delevingne juga pasangan ibu-anak Kate Moss dan Lila Grace Moss.

Tunggu hingga koleksi FENDI Haute Couture Spring 2021 tersedia di butik. Temukan lokasi butik FENDI Indonesia.

0 Comments

Leave a Comment

Close