5 Buah yang Baik untuk Sahur Agar Tidak Lemas Saat Puasa

39 Views 0 Comment

Sebulan kita berpuasa. Meski Ramadhan 2020 ini kita jalani dengan menghabiskan banyak waktu di rumah karena COVID-19, tidak berarti kita terhindar dari rasa lelah. It’s possible to do nothing all day but still be exhausted. Sibuk berkegiatan atau lebih banyak bersantai di rumah, satu hal yang penting: harus tetap bugar dan berenergi selama puasa. Kuncinya ada pada makanan sahur. Ada baiknya mengonsumsi buah-buahan yang membuat kita lebih berenergi. Sahur nanti, jangan lupa jadikan buah-buahan ini sebagai hidangan pembuka atau penutup (or both?) agar tubuh tetap berenergi selama berpuasa. Di luar puasa, buah-buahan ini juga bisa beri tenaga lebih saat diet.

 

Pisang

Salah satu buah yang memberi banyak energi pada tubuh adalah pisang. Buah ini kaya akan karbohidrat, potassium, dan vitamin B6 yang dapat meningkatkan tenaga dalam tubuh. The best part? They don’t need to be dressed up! Dimakan begitu saja sudah enak. Dijadikan topping yogurt atau toast, maupun diolah jadi makanan apapun juga makin enak. So, keep them close.

 

Apel

Buah yang sebaiknya harus selalu ada di lemari es. Apel kaya akan serat dan gula alami, sehingga apel dapat memperlambat pelepasan energi. Selain itu, apel juga merupakan sumber antioksidan yang mampu memperlambat pencernaan karbohidrat sehingga membuat kita berenergi lebih lama. Dibanding dijadikan jus atau puree, apel lebih baik dimakan raw karena kandungan seratnya masih lengkap.

 

Strawberry

 

Kandungan karbohidrat, serat, dan gula pada strawberry dapat meningkatkan energi tubuh. Tidak cuma soal energi, strawberry juga bagus melawan rasa lelah dan mencegah inflamasi dalam tubuh. Ada banyak cara mengonsumsi strawberry. Bisa dimakan raw dengan cara dicelupkan ke cokelat atau gula (it’s so addictive!). Bisa pula dijadikan smoothie, parfait, atau salad.

 

Jeruk

Selain dikenal dengan tingginya kandungan vitamin C, jeruk juga kaya antioksidan yang membantu kita terlepas dari oxidative stress (jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menetralkannya). Berdasarkan penelitian, oxidative stress memicu rasa lelah. Di sinilah fungsi antioksidan pada jeruk, mengurangi rasa lelah tersebut sehingga kita tetap berenergi.

 

Alpukat

Bukan buah biasa, alpukat dikategorikan sebagai superfood karena manfaatnya yang sangat complete. Alpukat kaya akan lemak dan serat yang berguna meningkatkan penyerapan nutrisi dan dapat disimpan sebagai tenaga tambahan dalam tubuh. Tingginya kandungan karbohidrat juga membuatnya jadi sumber energi yang paling dicari. Yang menarik dari alpukat adalah bisa diolah jadi makanan manis maupun asin.

Itulah lima buah yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur dengan manfaatnya yang dapat memberi energi lebih pada tubuh selama puasa. Sahur nanti makan buah yang mana?

Next, Suplemen Collagen Powder vs Protein Powder, Pilih Mana?

0 Comments

Leave a Comment

Close