Virgil Abloh Meninggal, Warisan dan Karyanya Melegenda

313 Views 0 Comment

Beberapa jam setelah Virgil Abloh diberitakan meninggal pada 28 November 2021, Instagram dibanjiri ucapan belasungkawa dari banyak figur fashion, seni, dan musik. Semua tampak terkejut bahwa pendiri Off-White dan artistic director menswear Louis Vuitton tersebut meninggal di usia 41 tahun akibat kanker sarkoma jantung yang diidapnya diam-diam selama dua tahun terakhir. Industri yang digeluti sang desainer tentu merasa sangat kehilangan sosok brilian dan revolusioner ini. Bahkan termasuk kita yang mengagumi karya-karyanya.

 

Jejak Karier dan Karya Virgil Abloh

Sebelum dikenal sebagai desainer, Abloh adalah seorang DJ, bahkan sampai sebelum dirinya menutup mata. Semenjak menjadi tangan kanan Kanye West, talenta mulai disorot pengamat fashion. Pria keturunan Ghana ini sebenarnya tidak punya latar belakang yang berkaitan dengan fashion. Ibunya yang seorang penjahit lah yang menurunkan ilmu fashion padanya.

Setelah sukses membantu Kanye West di setiap kolaborasi fashion, Abloh mendirikan label fashion Off-White di 2012. Memulai koleksi menswear di 2013 hingga merambah koleksi womenswear, pria kelahiran 30 September 1980 ini kala itu disebut-sebut sebagai the next Gemna Gvasalia dari Vetements. Benar saja, kemampuannya mengemas gaya streetwear dalam balutan high-end berhasil menarik banyak penggemar, terutama anak muda. Strap kuning bergaya industrial rancangannya jadi trendsetter. Legacy yang sangat powerful dari Virgil Abloh sebelum meninggal.

Nama Virgil Abloh semakin bersinar saat dirinya ditunjuk LVMH sebagai artistic director menswear Louis Vuitton di 2018. Bisa dikatakan, sosoknya historis. Karena ia adalah desainer berkulit hitam pertama untuk fashion house tersebut. Tangan dinginnya membawa banyak kesuksesan untuk LV. Salah satu karyanya yang populer adalah modifikasi tas ikonik LV Keepall Bandouliere 50. Olehnya, tas tersebut ditampilkan dalam material PVC monogram LV dengan efek hologram.

Bicara tentang pria yang menimba ilmu teknik sipil dan arsitektur ini memang tidak lengkap tanpa melibatkan karya-karya fenomenalnya. Sangat ikonis dalam ingatan kita bagaimana kolaborasi Nike dan Off-White di 2017 mengguncang dunia urban. Sneakers “The Ten” seketika jadi the must-have item untuk pecinta streetwear. Bahkan sekarang dikabarkan harga resale Off-White™ x Air Jordan 1 Retro High OG “Chicago” meroket tajam. Di 2017 sneakers ini seharga 190 USD, kini bisa dijual lagi dengan harga 5.300 hingga 10.000 USD. Wow, sekuat itu warisan Abloh.

 

Virgil Abloh Meninggal, Ini Koleksi Terakhirnya

Tidak ada yang menyangka Off-White Fall Winter 2021 Juli lalu jadi show terakhir Abloh. Sebagai tribute terhadap sang desainer, koleksi terakhirnya untuk Louis Vuitton Menswear Spring Summer 2022 dipresentasikan kembali. Bertajuk VIRGIL WAS HERE, show Spring Summer 2022 diselenggarakan di Miami dengan satu penghormatan monumental.

Pada show tersebut, Louis Vuitton menempatkan patung raksasa Virgil Abloh yang dicat dengan gradasi warna pelangi. Visual patung Abloh digambarkan dengan kacamata ciri khasnya, sweater LV, dan celana longgar yang dilengkapi ikat pinggang dan sneakers LV. Tak lupa patung tersebut menggenggam sebuah buku catatan yang dicetak dengan motif monogram ikonik LV.

Show penghormatan Virgil Abloh meninggal yang disebut sebagai konektor antara luxury fashion dan streetwear ini dihadiri oleh sejumlah temannya. Sebut saja Kanye West, Kim Kardashian, Rihanna, Pharrel Williams, A$AP Rocky, dan Kerwin Frost.

Untuk koleksinya sendiri (yang diperkenalkan pada Paris Fashion Week Juni lalu), Abloh mengambil inspirasi dari Black music yang menurutnya sangat berpengaruh pada fashion budaya Black global dan menjadi asal dari kepopuleran sneakers dan tracksuit. Sehingga pada koleksi menswear terakhirnya tersebut ia banyak bermain pada outerwear berwarna pop, seperti pink, biru, hijau, dan gradasi warna. Sweater Vuitton Rockers ditampilkan lebih segar dengan styling bersama bawahan bervolume, seperti tulle skirt.

Tonton penghormatan terhadap Virgil Abloh meninggal dan intip lagi koleksi Louis Vuitton Menswear Spring Summer 2022 di video berikut.

0 Comments

Leave a Comment

Close