Melihat Pameran Gabrielle Chanel: Fashion Manifesto di Australia

314 Views 0 Comment

Dikenal sebagai desainer paling berpengaruh, Gabrielle “Coco” Chanel sukses memperkenalkan modernitas, keanggunan, dan kemewahan pada koleksinya, bahkan hingga sekarang. Meski kini di bawah helm Virginie Viard warisan dan sejarah sang founder giat “diolah” kembali, karya Coco Chanel semasa hidupnya tetap patut dilihat langsung. Penggemar Chanel bergembiralah karena fashion house ini membuka pameran bertajuk Gabrielle Chanel: Fashion Manifesto di Galeri Nasional Victoria, Melbourne, Australia.

Gabrielle Chanel: Fashion Manifesto adalah pameran pertama di Australia yang fokus pada kontribusi Coco Chanel sebagai desainer Prancis pada industri fashion abad 20. Pameran di Galeri Nasional Victoria ini hadir atas kemitraan dengan museum fashion terkemuka di Paris, Palais Galleria yang sudah menyelenggarakan pameran ini terlebih dahulu di 2020. Dengan ini, Melbourne adalah kota pertama di luar Prancis yang jadi tuan rumah penyelenggaraan pameran karya sang maestro.

 

Pameran Chanel dengan Koleksi Lengkap dari Gabrielle Chanel

Pada pameran Gabrielle Chanel: Fashion Manifesto, kita akan disuguhkan 250 koleksi Chanel dari Palais Galleria, arsip Chanel sendiri, dengan tambahan koleksi publik maupun pribadi. Pameran ini juga memperlihatkan seluruh karya Chanel dari tahun 1910-an hingga 1971, mulai dari koleksi pakaian, parfum, perhiasan, dan aksesori. Tentu saja penggunaan warna hitam di awal berdirinya Chanel, gaun renda, dan jaket tweed ikonik Chanel yang jadi outfit wajib wanita berpengaruh masa itu (Jackie Kennedy, Princess Diana, Brigitte Bardot, dan Barbara Walters) dapat kita lihat langsung selama pameran.

Untuk ruangan pamerannya sendiri, well, tentu semua diambil dari kesukaan dan estetika Gabrielle Chanel. Ruangan didominasi warna hitam dengan aksen warna ivory, merah, dan emas. Yang istimewa dari pameran Chanel di Galeri Nasional Victoria adalah lebih banyak penggunaan multimedia, jika dibandingkan dengan pameran sebelumnya di Paris. Video-video yang dimainkan pada layar memberikan pengalaman baru yang mengajak kita mengikuti perjalanan sang desainer membangun legacy-nya.

Jika sedang berada di Australia di akhir tahun ini hingga awal tahun depan, wajib hukumnya menyaksikan pameran Chanel ini. Terutama jika kamu penggemar berat rumah fashion legendaris ini. Gabrielle Chanel: Fashion Manifesto diselenggarakan di Galeri Nasional Victoria Melbourne dari 4 Desember 2021 hingga 25 April 2022. Bagi yang ingin belanja, bisa kunjungi butik Chanel Indonesia.

0 Comments

Leave a Comment

Close