Peduli pada lingkungan hidup dan kelestarian bumi sebaiknya dimulai dari diri sendiri. Turut menjaga lingkungan hidup tidak selalu berat. Kamu bisa memulai dengan mengaplikasikan tips-tips gaya hidup ramah lingkungan yang bisa dilakukan setiap harinya. Yuk, untuk merayakan tunjukkan kepedulianmu pada bumi dengan menjalankan gaya hidup ramah lingkungan yang mudah untuk diaplikasikan sehari-hari berikut ini.

Tips gaya hidup ramah lingkungan yang mudah untuk sehari-hari

1. Saatnya lebih rajin jalan kaki

Mobil memang efektif untuk transportasi jarak jauh, namun tidak selalu dibutuhkan untuk membantumu berpindah tempat untuk jarak yang terlampau dekat.

Untuk menjangkau tempat yang berjarak dekat, jauh lebih baik jika membiasakan gaya hidup ramah lingkungan dengan tidak menggunakan mobil, baik pribadi atau pun taksi online. Kamu bisa menggantinya dengan berjalan kaki, atau bila terlalu jauh,  mungkin naik sepeda. Keuntungan lainnya, kamu juga mendapatkan waktu untuk berolahraga!

2. Kurangi sampah plastik

Kurangi penggunaan plastik dalam aktivitas sehari-hari juga merupakan tips gaya hidup ramah lingkungan yang bisa kamu aplikasikan dengan mudah! Pilih sendok, piring hingga sedotan berbahan stainless atau bambu serta biasakan membawa tote bagkain untuk meletakkan hasil belanjamu dari supermarket.

Penggunakan container dari kaca untuk penyimpanan makanan juga baik untuk diterapkan, daripada terus menerus mengandalkan plastik.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba menggunakan menstrual cupatau cawan menstruasi dan menghentikan penggunaan tampon atau menstrual pad. Selain lebih hemat, kamu sudah amat membantu mengurangi limbah yang diciptakan oleh produk tersebut.

3. Perhatikan apa yang kamu konsumsi juga salah satu gaya hidup ramah lingkungan yang mudah kamu aplikasikan

Saatnya peduli akan makanan yang masuk ke tubuhmu. Bukan artinya kamu harus mengubah lifestyle dengan langsung menjadi vegan. Mulai dulu dengan mengurangi konsumsi makanan dengan banyak unsur kimiawi atau processed food. Pilih yang ditanam secara organik dan bebas GMO, karena tidak hanya baik untuk lingkungan namun juga untuk kesehatanmu. Bila tips ini masih terasa sulit, cukup pilih produk yang tumbuh dan dikembangkan secara lokal karena dengan begitu kamu telah membantu pengurangan jejak karbon yang digunakan oleh pesawat untuk menerbangkan produk dari negara lain.

Selain itu, kurangi konsumsi daging jadi 1 atau 2 kali seminggu. Proses produksi daging menghasilkan sejumlah limbah karbon yang merusak bumi. Ada baiknya bila kamu membeli daging, cari hewan yang diperlakukan dengan baik dan diberi makan secara organik.

4. Kurangi membuang-buang air, yuk!

Hemat air adalah salah satu tips gaya hidup ramah lingkungan yang mudah diaplikasikan. Hindari mandi, apalagi berendam dalam waktu yang lama. Lalu, jangan lupa tutup keran saat sedang sikat gigi atau saat pasangan sedang mencukur wajah. Dengan begitu kamu akan membantu menyelamatkan cukup banyak jumlah air bersih.

Mengganti kepala shower dengan yang bertenaga rendah juga bisa membantu mengirit air. Selain itu, mandilah dengan air dingin. Selain baik untuk membantu aliran darah dalam tubuh, kamu juga akan menghemat listrik!

5. Sebisa mungkin kurangi penggunaan kertas

Simpan dokumen penting seperti tiket pesawat online atau bukti pembelian di smartphone atau email tanpa perlu mencetaknya pada kertas. Bila kamu perlu mencetak, gunakan margin yang lebih besar, dengan ukuran teks yang lebih kecil dan serta printbolak-balik supaya penggunaan kertas jadi lebih sedikit. Kurangi juga penggunaan kertas tisu dan kapas lalu mulai beralih menggunakan wash cloth atau handuk sebagai gantinya.

Selanjutnya, hentikan membeli kertas pembungkus kado. Sebagai gantinya, gunakan kertas yang sudah kamu miliki seperti lembar halaman majalah, koran, katalog atau pembungkus kado bekas. Saatnya menunjukkan sisi kreatifmu!

6. Tantang diri untuk mengurangi belanja pakaian

Ya, bila membahas tentang gaya hidup ramah lingkungan, maka aktivitas belanja pakaian termasuk di dalamnya! Tahukah kamu, produksi satu helai T-shirt membutuhkan 2.700 liter air, atau jumlah air yang dikonsumsi oleh satu orang dalam 900 hari. Ada lebih dari 80 miliar helai pakaian yang diciptakan tiap tahunnya. Industri fashion adalah pencipta polusi terbesar kedua di dunia, setelah perusahaan minyak.

Jadi, mulai sekarang, pikirkan kualitas dibanding kuantitas bila ingin berbelanja pakaian. Tidak ada salahnya membelanjakan uang untuk pakaian yang lebih baik kualitasnya dengan model yang lebih klasik yang bisa digunakan 3 sampai 5 tahun daripada membeli pakaian yang hanya akan trend selama 6 bulan dengan kualitas lebih rendah dengan harga yang lebih murah.

Kamu juga bisa mencoba meminjam pakaian dari beberapa label online yang menyediakan jasa tersebut. Atau mulai mempertajam “keahlian memilih” dalam berbelanja second-hand. Tidak hanya itu, gunakan pakaianmu yang sudah usang untuk kain pel atau lap perabotan untuk mengurangi jumlah pembuangan kain dari pakaian.

7. Stop hamburkan listrik

Ada banyak cara untuk mengurangi penggunaan listrik di rumah. Pertama, biasakan matikan AC di pagi hari dan buka jendela juga pintu untuk membiarkan udara segar masuk pada ruangan. Selain itu, lepas colokan dan matikan stop contact saat tidak digunakan. Punya mesin cuci baju? Pastikan isinya penuh dan gunakan air dingin, bukan air panas, ya.

Matikan semua lampu di rumah dan gunakan matahari untuk membaca atau bekerja. Bila kamu membutuhkan cahaya, pilih yang bertenaga rendah. Bohlam compact fluorescent dan LED adalah pilihan yang baik karena hemat listrik dan tahan lebih lama dibanding bohlam biasa.

Baca juga: Aplikasi Smartphone untuk Atasi Insomnia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *