Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Mengenang Gaya Fashion Ikonik Sang Ratu

240 Views 0 Comment

Kabar duka datang dari keluarga kerajaan Inggris. Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun. Sang Ratu menghembuskan napas terakhirnya pada 8 Agustus 2022 waktu setempat. Masalah kesehatan punggung dan lutut yang biasa terjadi pada lansia dikabarkan menjadi penyebab kepergiannya. Sepeninggal Ratu, kepemimpinan diteruskan kepada putranya, Pangeran Charles yang naik takhta menjadi Raja Inggris.

Ratu Elizabeth II telah memimpin Inggris dan Persemakmuran selama 70 tahun 7 bulan, menjadikannya sebagai pemimpin Kerajaan Inggris terlama. Kepemimpinannya dimulai dengan dianugerahi mahkota pemimpin di tahun 1953 saat usianya 25 tahun. Selama memimpin, Ratu telah bekerja dengan 15 Perdana Menteri Inggris, termasuk Winston Churchill.

Juni lalu, perayaan Platinum Jubilee resmi menandai pemerintahan Ratu Elizabeth II selama tujuh dekade. Selama memerintah, Ratu Elizabeth II tak hanya berperan sebagai pemimpin, tapi juga fashion icon. Bahkan pada tampilan casual saja, royal style sang Ratu beri inspirasi gaya fashion elegan penuh wibawa. Evolusi gayanya dari masa ke masa hingga ia memiliki tampilan ikonik dengan warna-warna cerah sangat patut dikenang.

Mulai dari day dress bermotif hingga coat berwarna cerah yang matching dengan topi, ternyata gaya fashion Ratu Elizabeth II dibantu oleh tidak lebih dari tiga orang stylist. Di masa awal bertakhta, outfit Ratu disediakan oleh penata busana istana Norman Hartnell dan Hardy Amies, dilansir dari Vogue. Namun, di 2002 wardrobe sang Ratu dipercayakan kepada penata busana senior yang sekaligus orang kepercayaannya, Angela Kelly.

Angela Kelly lah yang bertanggungjawab atas outfit acara-acara penting yang kita simak dari figur Ratu Elizabeth II di masa kini. Diamond Jubilee, acara pernikahan kerajaan, hingga kunjungan kenegaraan, kita bisa melihat signature look-nya yang melibatkan warna-warna berani, sepatu hak tinggi, tas Launer hitam, dan bros pusaka andalannya. Penampilan penuh statement yang membuatnya terlihat lebih menonjol sebagai orang penting di dunia.

Dalam rangka mengenang Ratu Elizabeth II yang telah wafat, mari lihat deretan gaya fashion ikonik sang Ratu paling memorable selama tujuh dekade ini.

 

White Wedding (1947)

Pada pernikahannya dengan Pangeran Philip, Ratu Elizabeth II sudah menancapkan diri sebagai ikon fashion dengan gaun pengantin putihnya. Gaun buatan Norman Hartnell ini memiliki rok sepanjang 4,5 meter dengan motif bintang yang terinspirasi dari lukisan Renaisans “Primavera” oleh Botticelli. Gaun ini berhiaskan 10.000 mutiara dan taburan kristal. Tidak mungkin tidak masukkan gaun pengantin pernikahan sang Ratu sebagai salah satu fashion moment terbaiknya.

 

Coronation Day (1953)

Gaun yang dipakai untuk Hari Penobatan sebagai Ratu Elizabeth II juga datang dari Norman Hartnell. Ini bukan sembarang gaun. Ini adalah gaun kesembilan yang disetujui kerajaan. Pembuatannya dilakukan oleh couturier Inggris, dan memakan waktu lebih dari satu tahun. Lebih dari sebuah gaun, ini adalah mahakarya.

 

Prince Charles and Princess Diana Wedding (1981)

Yang Mulia Ratu bahkan punya pesonanya sendiri di hari pernikahannya putranya dengan Princess Diana. Kharisma yang tak kalah bersinar dari pengantin paling disorot, sang Ratu pakai gaun warna turquoise, lengkap dengan kalung mutiara, bros, dan sarung tangan.

Baca juga: Meghan Markle Pakai Dior Full Tubuh di Jubilee Ratu Elizabeth II

Begitu banyak gaya fashion ikonik Queen E yang sayang dilewatkan. Scroll down untuk selengkapnya.

0 Comments

Leave a Comment

Close