Tentunya kamu ingin memeperkuat hubungan dengan pasangan agar lebih mesra, seperti bulan-bulan pertama menjalin hubungan. Sayangnya, kadang percikan asmara meredup setelah melewati honeymoon phase atau saat hubungan mulai menginjak fase nyaman. Rasa nyaman itulah yang terkadang buat kamu dan pasangan merasa kalau hubungan jadi monoton atau bahayanya, membosankan. Oh no! Penasaran ingin buat hubunganmu jadi penuh cinta? Yuk, simak 7 tips dari beautified di bawah ini untuk memperkuat hubungan kamu dengan pasangan.

Hal yang Harus dilakukan Untuk Memperkuat Hubunganmu

Tunjukkan bahwa kamu tidak hanya memahami masalahnya namun juga peduli dan menunjukkan kasih sayangmu

Pasangan selalu mengeluh tentang rekan kerjanya atau kamu tidak bisa membujuknya untuk melepaskan rasa takutnya untuk naik pesawat, misalnya? Hal ini mungkin terasa menggemaskan bila hanya sesekali terjadi. Namun, saat keluhan tersebut sudah kamu dengar berkali-kali, bisa saja kamu malah balik memarahi pasangan karena permasalahannya tersebut.

Penelitian dari para psikolog di Santa Barbara, California, menunjukkan bahwa mendengarkan dan memahami keluhan pasangan tidak cukup, untuk membuatnya jadi lebih tenang. Untuk membantu agar pasangan merasa jadi lebih baik, maka kamu perlu menunjukkan empati dan kasih sayang.

Selain mengetahui letak permasalahannya, kamu juga perlu memiliki kepedulian tinggi. Dengan peduli pada pasangan dan masalahnya, maka kamu akan membangun sikap responsif yang positif untuk membantunya memecahkan permasalahan tersebut.

Sediakan waktu untuk bicarakan masalah

Tahukah kamu bahwa memiliki waktu khusus untuk membahas masalah yang ada dalam hubunganmu secara rutin adalah kegiatan positif untuk buat hubunganmu jadi lebih mesra?

Ya, menurut Kathlyn Hendrick, relationship coach, hubungan yang baik membutuhkan dua kali “meeting” mingguan. Yang pertama untuk mendiskusikan permasalahan rumah tangga, yang kedua untuk membahas permasalahan yang lebih mendalam.

Mulailah dengan memberikan tanggapan positif pada pasangan dan lanjutkan dengan hal-hal lain yang perlu diperbaiki atau membutuhkan fokus lebih. Dengan adanya review ini, maka kamu dan pasangan akan merasa lebih dihargai, tenang dan nyaman. Silakan mencoba!

Beri “jeda” dari smartphone

Coba perhatikan, apakah kamu dan pasangan adalah salah satu dari sekian banyak pasangan modern yang memilih untuk tenggelam pada layar ponsel masing-masing dibanding dengan mengobrol dengan satu sama lain? Atau kamu memilih untuk menghabiskan waktu luang dengan chatting atau scrolling sosial media daripada menemaninya menikmati quality time?

Uh oh! Smartphone memang alat terbaik untuk mendapat kabar tercepat dari sahabat atau keluarga yang sedang berjauhan, namun bukan artinya kamu harus menghabiskan waktu berjam-jam dan melupakan orang terdekat yang ada di jangkauan!

Buatlah peraturan dengan pasangan mengenai penggunaan smartphone. Semisal: tidak diperbolehkan menyentuh smartphonebila sedang dinner atau kencan, dan dilarang untuk menggunakan smartphone masing-masing satu jam sebelum tidur. Dengan begitu, kamu dan pasangan kembali memperhatikan satu sama lain, tanpa gangguan!

Kirim surprise

Hampir semua orang menyukai surprise, apalagi kejutan dari orang terkasih! Surprise menunjukkan bahwa kamu memikirkan pasangan. Bonus poin bila kamu berhasil mendapatkan hal yang memang sudah ia inginkan sejak lama.

Surprise tidak selalu harus mewah dan mahal. Kejutan simpel seperti menyelipkan love note di dalam tas kerjanya atau tiba-tiba muncul di kantornya untuk mengajaknya makan siang sudah cukup untuk membuat hubungan jadi lebih mesra.

Rencanakan date night

Ritme hidup serba cepat dari hubungan modern, terutama di kota besar buat kamu terkadang menyampingkan quality timedengan pasangan. Kembalikan rasa spesial dan bahagia yang dulu selalu muncul dengan merencanakan date night satu kali seminggu.

Tidak hanya dinner di restoran favorit atau pergi ke bioskop, kamu juga bisa buat aktivitas seru seperti masak berdua, nonton konser atau buat board games night!

Jangan sungkan ucapkan “terima kasih”

Hubungan yang sehat dan mesra dibangun tidak hanya dari rasa percaya namun juga dari rasa dihargai. Untuk menjaga hubungan agar lebih mesra, jangan pernah melupakan kekuatan kata-kata “terima kasih”! Jangan sungkan menunjukkan bahwa kamu menghargainya dengan menggunakan kata tersebut. Tidak hanya untuk hal besar yang ia lakukan saja namun juga hal-hal kecil yang mungkin selama ini tidak kamu sadari.

Hubungan, terutama yang telah terjalin lama, tentu telah melewati berbagai argumen dan perdebatan. Yang membedakan antara sebuah hubungan yang solid dan yang tidak adalah bukan dengan menghitung berapa banyak argumen yang telah dilalui, namun cara kamu dan pasangan berargumen dan bagaimana kamu memperlakukan satu sama lain dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan kamu dan pasangan sering mengucapkan terima kasih, maka hubungan kamu dan pasangan pun akan jadi lebih mesra karena perasaan dihargai mampu membuat hubungan lebih positif dan bahagia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *